Quantcast
AndroidAplikasiGame TestiOS (iPhone/iPad)

Game Test: The Sims Mobile, Membina Hidup Baru Di Dalam Smartphonemu

Untuk developer game, apapun yang ada di dunia ini dapat menjadi topik dari game baru. Jangankan perang, kehidupan sehari-haripun bisa menjadi judul sebuah game; seperti yang dirangkum oleh The Sims, game simulasi kehidupan yang legendaris di PC. Mulai dari mencari pekerjaan, bersosialisasi, membina rumah tangga, bahkan sampai membangun rumah bisa dilakukan di game ini. Game yang luar biasa luas tersebut akhirnya dirangkum menjadi lebih kecil lagi ke dalam The Sims Mobile.

g reviewthesimsmobile 001 edited
Siap memulai hidup baru di The Sims Mobile?

Kehadiran The Sims Mobile sendiri sebenarnya sudah menjadi topik yang hangat. Bagaimana tidak? Game ini ketika hadir di versi PC bisa membuat pemainnya ketagihan, bahkan sampai lupa dengan pekerjaan, sanak saudara, famili, dan pasangan hidup. Apakah The Sims Mobile bisa mengulang kembali kejayaan versi PC-nya? Terlebih lagi game ini didistribusikan secara gratis. Artinya, akan ada bagian yang ’dikerdilkan’ demi penjualan Premium di dalam gamenya.

g reviewthesimsmobile 002 edited
Kamu akan menemukan banyak interaksi antarSims dan cerita

Meskipun demikian, rasanya game ini masih tetap mampu menawan hati gamer. Sebab, The Sims memiliki tema yang sangat menarik, yaitu menjalani kehidupan baru layaknya manusia biasa; tanpa adanya pedang, sihir, senapan, zombie, atau naga. Itu pula yang membuatnya bisa dimainkan oleh segala kalangan dan umur, baik lelaki atau perempuan. Bahkan, kami merasa game ini akan lebih merebut hati pemain perempuan.

g reviewthesimsmobile 003 edited
Interaksi sosial antarSims menjadi salah satu feature utama

Membuat Sims Baru

Langkah pertama sebelum kamu melangkahkan kaki ke dalam dunia The Sims Mobile adalah membuat Sims baru. Sims adalah perwakilan dari dirimu di dalam game ini. Kamu nantinya akan mengembangkan kemampuannya dalam bekerja, atau hobi dan pertemanan, Sims ini pula yang akan menjadi wajah di dalam game ketika bertemu dengan Sims lain. Menariknya, Sims lain di dalam game ini selain dikendalikan oleh komputer juga berasal dari pemain lain. Jadi, mereka bisa menilai apakah kamu Sims yang keren atau kuper.

g reviewthesimsmobile 004 edited
Kamu bisa membentuk wajah Sims sesuka hatimu

Pembuatan Sims baru di game ini menurut kami jauh lebih detail dibandingkan versi PC-nya. Beragam opsi bisa kamu gunakan untuk membentuk Sims idamanmu. Mulai dari memilih muka beserta beragam bagiannya, misalnya bentuk mata, alis, gaya rambut, bentuk hidung, telinga, sampai mulut, semua bisa dibentuk sesukamu. Bila kamu ingin mudah, game ini memberikan beberapa bentuk yang telah ditentukan. Namun, kamu juga bisa lebih liar dalam membuat Simsmu, karena adanya opsi untuk melakukan Fine Tune dengan bebas.

g reviewthesimsmobile 005 edited
Proporsi tubuh dan pakaian serta aksesoris juga dapat kamu atur

Selain muka, kamu juga bisa membentuk badan Sims. Terkadang ada gamer yang suka dengan bentuk badan ideal, ada pula yang lebih suka dengan bentuk badan asli yang mungkin ‘di atas’ rata-rata. Semua itu bisa kamu lakukan ketika membuat Sims baru, tanpa adanya batasan. Bila suatu saat kamu ingin mengubah bentuk Simsmu, akses untuk membentuk Sims ini masih bisa dimasuki kapan saja. Sebab, gaya rambut, pakaian, aksesoris, serta beragam pernik lainnya akan semakin bertambah seiring berjalannya permainan.

g reviewthesimsmobile 006 edited
Kamu dapat fine tune proporsi tubuh dan wajah Sims buatanmu

Work Hard, Play Hard

Bukan kehidupan namanya bila kamu tidak bisa bekerja. The Sims Mobile memberikan beragam jalur profesi yang bisa kamu ikuti dan tekuni. Namun berbeda dengan The Sims versi PC, pekerjaan yang bisa kamu lakukan terbatas aksesnya oleh levelmu. Mulanya, kamu hanya bisa menjadi Barista (pembuat kopi) di kedai kopi saja. Setelah itu, kamu bisa menjadi koki, perancang busana, atau pekerja medis bila levelmu semakin tinggi. Level sendiri akan meningkat setelah kamu melakukan beragam aktivitas, seperti bersosialisasi dengan Sims lain, bekerja, bahkan sampai tidur sekalipun.

g reviewthesimsmobile 007 edited
Untuk bekerja, kamu harus membuka daerah baru berdasarkan levelmu

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan akan dirangkum ke dalam sebuah cerita. Misalnya, dengan menjadi koki, kamu akan membantu restoran yang mulai sepi pengunjung karena kurangnya variasi dalam masakan. Setiap kali jenjang karirmu meningkat, maka kamu akan mendapatkan cerita baru, plus hadiah berupa furnitur yang bisa dipasang di rumahmu. Namun sayangnya, furnitur tersebut lebih terasa sebagai hiasan saja, tidak seperti pada versi PC yang mampu memberikan beragam fungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

g reviewthesimsmobile 008 edited
Pekerjaan dimulai dengan menekan tombol yang menentukan berapa lama durasi kerja

Hal lain yang kami rasa kurang positif adalah aktivitas berbasis energi. Ketika bekerja, kamu akan diberikan estimasi berapa lama Simsmu akan beraktivitas, misalnya 2 jam real time. Saat Sims bekerja, kamu tidak bisa menyuruhnya untuk melakukan hal lain, misalnya bersosialisasi atau pulang ke rumah. Kamu bisa mengurangi waktu kerjanya dengan melakukan aktivitas yang ditandai dengan bintang, misalnya membersihkan meja atau membuat kopi. Setiap aktivitas itu akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk bekerja, dengan biaya energi yang terbatas jumlahnya, serta bisa habis. Energi inilah yang nantinya digunakan untuk memaksa pemain yang tidak sabar untuk berbelanja Premium.

g reviewthesimsmobile 009 edited
Untuk mempercepat durasi kerja, kamu bisa menggunakan energi untuk melakukan aktivitas

Kehidupan Sosial Sebagai Daya Tarik

Bukan Sims namanya bila tidak bersosialisasi dengan Sims lain. Pada The Sims Mobile, kebutuhan tersebut ditingkatkan ke level yang lebih tinggi. Sebab, kamu dapat menemukan banyak feature yang difokuskan pada kehidupan sosial Sims milikmu. Bahkan, kamu bisa menemukan event khusus untuk meningkatkan persahabatan, yang sistemnya sama seperti ketika bekerja, yaitu menggunakan basis energi. Ada pula cerita khusus yang mendasari persahabatanmu dengan Sims lain, misalnya pertemanan sesama kutu buku, pecinta olahraga, seni, musik, sampai menghibur temanmu yang melankolis dan drama queen.

g reviewthesimsmobile 010 edited
Event persahabatan dimulai setelah menekan tombol, sama seperti bekerja

Sama seperti pekerjaan, sosialisasi juga nantinya akan mendapatkan hadiah, bila kamu menyelesaikan event persahabatan. Rasanya konsep permainan yang dirangkul oleh The Sims Mobile hanya berputar di aktivitas berbasis energi saja, atau bersabar menunggu aktivitas tersebut selesai dengan sendirinya. Bla kamu mengharapkan bentuk permainan The Sims versi PC yang jauh lebih bebas dan bervariasi, maka sepertinya kamu akan kecewa dengan game ini.

g reviewthesimsmobile 011 edited
Kamu bisa menentukan cerita apa yang mendasari persahabatanmu

Pertemanan Sims juga bisa berlanjut pada Sims yang dikendalikan oleh pemain lain. Mereka nantinya akan berkeliaran dengan bebas di lingkungan rumah atau pekerjaanmu. Ketika kamu menemukan Sims dengan plat nama berwarna ungu, itu artinya kamu menemukan Sims dari pemain lain. Kamu nantinya bisa mengajak mereka berkenalan, berpesta dengan mereka, chat secara real time, digoda, atau bahkan sampai melangkah ke jenjang pernikahan. Semakin sering kamu terlibat dengan Sims lain, maka level keakraban mereka akan semakin tinggi, dan semakin banyak pula opsi sosial yang bisa kamu gunakan.

g reviewthesimsmobile 012 edited
Ketika kamu menyelenggarakan atau mengikuti pesta, kamu akan menemukan tombol dengan fungsi aktivitas seperti ketika bekerja

Home Sweet Home

Rumah merupakan tempat yang paling banyak menguras uangmu. Meskipun terdengar tidak enak, tetapi investasi untuk meningkatkan taraf hidupmu adalah langkah penting di dalam game ini. Pertama, rumahmu mencerminkan level sosialmu. Semakin kece rumahmu, maka kamu tidak akan malu saat Sims lain datang, misalnya pada saat bertamu atau menghadiri pesta di rumahmu. Selain itu, furnitur tertentu di rumahmu juga mampu memberikan fungsi tambahan di luar penampilannya saja.

g reviewthesimsmobile 013 edited
Perindah rumahmu dengan beragam jenis perabotan

Fungsi tambahan dari furnitur tertentu di rumahmu adalah kemampuan untuk menambah energimu, yang digunakan untuk hampir semua aktivitas. Melalui bantuan kasur, toilet, shower, atau makanan, kamu bisa meningkatkan sedikit energimu. Namun, jangan harap kamu bisa terus menggunakannya dalam waktu singkat, karena setelah digunakan akan ada waktu tunggu sampai fungsi tersebut bisa digunakan kembali! Tentu saja, untuk bisa menggunakannya dalam waktu singkat, bersiaplah untuk belanja di Premium Shop menggunakan uang asli.

g reviewthesimsmobile 014 edited
Beragam perabotan dapat kamu tempatkan dengan bebas, dan warnanya bisa dipilih

Bila kamu pernah memainkan The Sims versi PC, maka lupakan konsep normal yang biasanya ada di The Sims. Karena pada game ini, tidak ada konsep kebutuhan atau Needs. Kamu tidak perlu khawatir Sims tumbang karena tidak pernah tidur, atau harus buang air ke toilet, atau kelaparan. Semua furnitur yang berhubungan dengan kebutuhan tersebut hanya digunakan untuk satu fungsi, yaitu menambah energi untuk aktivitas pekerjaan atau sosialisasi. Bagi fans The Sims, game ini mungkin mengecewakan, tetapi rasanya untuk gamer casual yang baru kali ini memainkan The Sims bisa jadi enak untuk dimainkan, Karena game ini sangat mudah untuk dimainkan dan tidak membuat kepala pusing.

g reviewthesimsmobile 015 edited
Rumahmu juga bisa diperlebar, diubah lantai, tembok, serta juga jendela dan pintunya

Toko Premium Memengaruhi Banyak Aspek

Sebagaimana layaknya game gratis, The Sims Mobile memeluk paham toko Premium. Bila kamu menyukai game ini, sebaiknya bersiaplah untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak. Karena, cukup banyak aspek di dalam permainan The Sims Mobile yang dipengaruhi oleh toko Premium tersebut. Aspek yang paling kentara tentu saja adalah energi yang digunakan untuk aktivitas Sims. Toko ini menjual Cupcake yang setiap kuenya dapat mengisi penuh energi Sims satu kali. Bila kamu memaksakan Sims untuk menyelesaikan aktivitas berlevel tinggi, maka siapkan lebih dari satu Cupcake!

g reviewthesimsmobile 016 edited
Simcash merupakan mata uang Premium yang bisa dibeli dengan uang asli

Aspek berikutnya adalah membeli beragam furnitur dan kelengkapan rumah kelas atas dengan uang asli. Beragam furnitur Premium tersebut tentu saja bukan hanya bentuknya menarik, tetapi juga mampu menambah energi yang lebih banyak dibandingkan furnitur biasa. Selain itu, tampaknya mereka juga dapat digunakan kembali lebih cepat bila dibandingkan dengan perangkat gratisan. Itu sebabnya kami sarankan untuk menyiapkan uang yang cukup banyak, karena setiap furniturnya bisa mencapai harga ratusan ribu Rupiah.

g reviewthesimsmobile 017 edited
Beragam promosi terbatas bisa kamu temui di toko Premium

Kamu juga bisa membeli pakaian dan aksesoris premium di toko tersebut. Berbeda dengan pakaian biasa, model yang ditawarkan di toko Premium jauh lebih menarik. Selain itu, ada pula beberapa efek yang bisa dilihat ketika menggunakannya, misalnya ada kilauan cahaya di sekitar Sims, dikelilingi kupu-kupu, dan mampu meningkatkan level pekerjaan atau hobi di atas rata-rata. Sebagai tambahan, pakaian Premium tentu saja bisa menjadi pembeda status sosial antara pemain gratisan dan pemain Premium.

g reviewthesimsmobile 018 edited
Furnitur kelas atas hanya bisa dibeli menggunakan Simcash

Kesimpulan

The Sims Mobile merupakan game yang berbeda secara fundamental dibandingkan The Sims sebelumnya. Selain banyak dibuangnya feature aktivitas kehidupan yang menjadikannya simulasi menantang, game ini juga dipermudah luar biasa bila dibandingkan The Sims versi PC. Jadi, sebaiknya kamu memainkan game ini dengan mengharapkan permainan khas platform mobile, yaitu berbasis energi dan berbelanja Premium.

g reviewthesimsmobile 019 edited
Sims milikmu bisa mendapatkan Trait yang menguntungkan setelah mencapai level pekerjaan atau hobi tertentu

Tentu saja kami tidak mengatakan game ini buruk. Karena, menurut kami game ini sangat cocok untuk dimainkan oleh gamer casual. Selain itu banyaknya pernik permainan yang menarik, seperti mendandani Sims, bersosialisasi dengan pemain lain berbasis internet, serta membangun rumah ideal jelas menjadi kekuatannya. Kamu juga tidak perlu pusing memikirkan makan apa Sims milikmu malam ini, apakah dia sudah mandi atau belum, serta apakah Sims sudah olahraga atau belum minggu ini.

g reviewthesimsmobile 020 edited
Bila kamu ingin berhemat, maka kamu harus bisa bersabar

Feature sosialnya yang sangat menarik juga menjadi kekuatan terbesarnya. Kemampuan untuk menjalin hubungan dengan pemain lain melalui Sims dan chat secara real time dengan pemain lain bisa menggantikan pesona apps chatting. Bukan hanya sekadar membantu meng-klik aktivitas yang diadakan Sims lain saja di rumahnya, kamu juga bisa menjalin hubungan yang lebih serius, seperti menikah, hidup serumah, dan memiliki anak. Jadi, The Sims Mobile bisa kamu gunakan untuk mengajak calon istrimu menikmati rumah dan bayi virtual sebelum menjejak ke hubungan asli nantinya! Tentu saja dengan catatan calon istrimu tidak ketagihan main game ini dan lupa denganmu!

g reviewthesimsmobile 021 edited
Energi habis? Gunakan Cupcake yang bisa dibeli di toko Premium

Yang Canggih:

    Feature membuat Sims yang sangat lengkap
    Ekspresi wajah yang diperlihatkan Sims sangat bagus
    Pengendalian mudah dipelajari
    Interface mudah dinavigasi
    Feature sosial antarSims cukup menarik
    Konten game banyak variasinya
    Ukuran instalasi tidak terlalu besar

Yang Kurang:

    Tingkat kesulitannya terlalu rendah
    Terlalu banyak downtime untuk pemain non-Premium
    Lumayan boros untuk pemain Premium
    Interface pembelian furnitur terlalu besar dan menutup layar permainan
    Ketergantungan pada level terlalu besar untuk banyak aspek permainan
    Masih adanya bug yang menganggu permainan
Back to top button