Quantcast
Aksesoris GadgetAudio VideoMobile GadgetNews

[Hands-On] RHA MA650 Wireless: In-Ear Headphone dengan Neckband yang Nyaman dan Baterai Tahan Lama

Persaingan produk audio di Indonesia memang cukup menarik untuk diikuti. Berbagai brand menyediakan jagoannya mulai dari kelas bawah hingga yang dibanderol premium. Pabrikan asal UK, RHA Audio, tak mau ketinggalan untuk meramaikan pasar Tanah Air.

RHA baru-baru ini menghadirkan headphone terbarunya, MA650 Wireless, di Indonesia. Dengan harga di bawah 2 juta rupiah, seperti apa keunggulan yang ditawarkannya? Simak ulasan singkat kami:

Desain simple dengan neckband yang nyaman

RHA MA650 Wireless 6

RHA MA650 Wireless adalah in-ear headphone yang memiliki neckband untuk dikalungkan di leher. Konsep yang memang mulai banyak digunakan oleh berbagai brand audio lainnya di kategori wireless.

Dari segi desain, MA650 Wireless tergolong sangat simple namun tidak terasa murahan. Neckband-nya yang disebut SecureFlex didominasi bahan karet yang halus dan fleksibel. Sementara bagian earpiece-nya memiliki material aluminium dengan magnet untuk menyatukan earpiece kiri dan kanan ketika tidak sedang digunakan.

RHA MA650 Wireless

MA650 Wireless adalah headphone yang ringan. Bobotnya hanya 33 gram saja. Dengan bahan karet yang halus dan fleksibel serta ringan, headphone ini tidak terasa membebani saat dikalungkan di leher dalam waktu yang lama. Bahkan, Anda akan seolah merasa tidak mengalungkan apapun di leher karena begitu nyamannya neckband tersebut.

Perlu diketahui bahwa MA650 Wireless adalah perangkat yang anti cipratan air dengan sertifikasi IPX4. Artinya, Anda tidak perlu khawatir menggunakanya saat sedang berkeringat.RHA MA650 Wireless 2

MA650 Wireless hanya memiliki satu tombol Power di bagian neckband ujung kanan (sebelah port USB-C), yang juga berfungsi sebagai tombol pairing lewat Bluetooth. Sementara di bagian kabel sebelah kanan, ada microphone serta tombol kendali untuk volume dan play/pause. Sekadar informasi, selain lewat Bluetooth, Anda juga bisa pairing melalui NFC.

Performa suara cukup bagus di kelasnya

RHA MA650 Wireless adalah headphone dengan dynamic driver model 380.1 dan memiliki range frekuensi 16 – 40.000 Hz. Headphone ini mendukung codec AAC, aptX, dan SBC.

Bagaimana kualitas suaranya? Menurut kami, MA650 Wireless menawarkan performa yang balanced dan jernih. Suaranya yang dihasilkan cukup bagus dengan bass yang cukup terasa tapi tidak nendang. Artinya, Anda yang gemar mendengarkan musik dengan bass dominan mungkin tidak cocok dengan MA650 Wireless.

RHA MA650 Wireless 3

Meski komposisinya seimbang, terkadang di range Mid hingga High suara terasa menusuk dan kurang halus di volume tinggi, sehingga kurang enak didengar. Tapi secara keseluruhan, MA650 Wireless adalah headphone dengan kualitas audio yang baik di kelasnya. Isolasi suaranya juga cukup baik. Suara dari luar tidak akan mengganggu keasyikan mendengarkan musik, dan sebaliknya, suara dari headphone pun tidak bocor keluar.

Baterai hingga 12 jam

RHA mengemas MA650 Wireless dengan baterai yang menurut kami cukup memuaskan. Dari kondisi baterai 100 persen, Anda bisa mendengarkan lagu-lagu favorit hingga sekitar 12 jam non-stop. Untuk menghemat daya, MA650 Wireless akan mati secara otomatis bila tidak digunakan selama sekitar 15 – 20 menit.

Indikator sisa baterai memang tidak ada, tapi tombol power akan menyala merah ketika baterai sudah mau habis. Selain itu, saat Anda menyalakan MA650 Wireless, headphone ini akan mengeluarkan suara yang menjelaskan berapa persen sisa baterai Anda.

Kesimpulan

RHA MA650 Wireless 5

RHA MA650 Wireless adalah headphone yang nyaman digunakan dengan komposisi audio yang seimbang. Headphone ini cocok untuk Anda yang sering mendengarkan musik saat bepergian karena baterainya yang tahan lama. Tak hanya itu, MA650 Wireless juga sangat mudah dibawa di dalam tas atau dikalungkan langsung di leher.

Bagi yang berminat, RHA MA650 Wireless saat ini sudah tersedia di toko-toko di Indonesia dan didistribusikan secara resmi oleh PT Huangtec Mandiri Jaya (www.huangtec.com) dengan harga Rp1.599.000.

Yang Canggih:

  • Neckband ringan dan nyaman
  • Desain simple, sangat mudah dibawa bepergian
  • Sertifikasi IPX4
  • Kualitas audio bagus di kelasnya
  • Baterai tahan lama
  • Pairing mudah dan koneksi wireless-nya amat baik

Yang Kurang:

  • Mid hingga High ke atas terkadang terdengar kurang smooth
Back to top button