Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneTips

Tip Mengatur Layar Oppo F5 agar Lebih Nyaman di Mata

Smartphone memang menawarkan banyak kemudahan bagi penggunanya. Tidak hanya untuk komunikasi, tetapi juga hiburan dan bahkan urusan pekerjaan. Karena itu, tak heran jika saat ini banyak pengguna yang sulit mengurangi ketergantungannya terhadap smartphone. Hasilnya, terlalu lama menatap layar smartphone bisa membuat kesehatan mata terganggu.

kamera depan OPPO F5

 

Oppo nampaknya cukup mengerti akan masalah tersebut. Terbukti di smartphone terbarunya, F5, Oppo menyediakan fitur khusus yang diberi nama Night Shield. Belum familiar? Simak penjelasan serta cara mengaktifkannya berikut ini:

Meminimalisir dampak cahaya biru yang merusak mata

Night Shield merupakan salah satu fitur yang dihadirkan lewat ColorOS 3.2, sistem operasi berbasis Android 7.1 Nougat pada Oppo F5. Anda dapat menemukan fitur tersebut di Settings (Pengaturan), di dalam Display & Brightness.

Ketika diaktifkan, Night Shield dapat meminimalisir emisi cahaya biru (blue light) yang memiliki efek buruk seperti menyebabkan ketegangan pada mata. Anda bisa mengatur temperatur warna dari Cooler ke Warmer sesuai dengan kebutuhan. Semakin ke arah Warmer, cahaya biru pada layar juga semakin sedikit.

Oppo F5 Night Shield 2Selain itu, Night Shield menawarkan opsi untuk menampilkan konten di layar dalam format berwarna (normal), hitam-putih, bahkan efek khusus bernama Comfortable Nighttime Reading untuk membantu Anda lebih nyaman saat membaca di malam hari. Fitur yang disebut terakhir akan membuat layar menjadi gelap sehingga yang terlihat hanya tulisan saja. Cocok untuk Anda yang gemar membaca ebook sebelum tidur.

Bisa aktif otomatis sesuai jadwal

Yang paling menarik dari Night Shield di Oppo F5 adalah fitur ini bisa diaktifkan secara otomatis sesuai jadwal yang kita buat. Anda hanya perlu memilih Scheduled Time dan mengatur waktunya. Misalnya, Night Shield aktif mulai dari jam 7 malam hingga jam 6 pagi keesokan harinya. Setelah lewat jam 6 pagi, tampilan layar akan kembali normal.

Oppo F5 Night Shield 3

Bagaimana menurut Anda? Sangat berguna, kan? Kehadiran Night Shield melengkapi layar lebar Oppo F5 yang mengusung teknologi Full Screen berukuran 6 inci 18:9 dengan resolusi FHD+. Dengan bantuan Night Shield, menikmati berbagai konten mulai dari film hingga games di layar ekstra lebar ini dalam durasi yang lama tidak akan membuat mata Anda cepat lelah.

6 komentar

  1. Bang hp oppo f5 gua kalo di luar ruangan kontas nya gelap bgt padahal udah full knpa y

    1. @arafah
      coba cek PowerSaving Mode nyala nggak. Kalo nyala, matiin Power Saving nya.

  2. Aku baru beli f5 semalam.layar nya kok kalah terang dibanding xiaomo xiaomo note 4 ya.? F5 lebih kuning.padahal suami pake f1s. Di tampilan putih, terang putih. Kenapa f5 malah jadi kuning(jingga)???

  3. Diluar fungsi night shield, kenyataannya, layar Oppo f5, max brightness nya kurang terang, min brightness nya terlalu terang.. .

    1. @melon
      Matikan setting otomatis brightness agar bisa lebih redup. Untuk tingkat kecerahan, pastikan Power Saving tidak dalam kondisi aktif.

Back to top button