Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Perpanjang Paspor Sendiri dengan Cepat dan Mudah Menggunakan Aplikasi Antrian Paspor

Mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor biasanya melibatkan datang ke kantor imigrasi dari pagi sebelum kantor buka untuk mengambil nomor antrian. Selain tidak ada kepastian, Anda juga tidak bisa mengetahui kapan Anda akan dipanggil. Nah lain halnya jika Anda memanfaatkan aplikasi Antrian Paspor yang dikeluarkan Dirjen Imigrasi.

Sementara hanya di Jakarta Selatan

Secara singkat, aplikasi Antrian Paspor ini akan memberikan nomor antrian yang lebih presisi sehingga Anda tidak buang waktu harus antri secara fisik tanpa ada kepastian kapan difoto. Saat ini aplikasi Antrian Paspor hanya tersedia untuk ponsel Android, walaupun kabarnya versi iOS sedang dikembangkan.

Perlu dicatat juga, saat ini hanya ada tiga kantor imigrasi yang mendukung aplikasi ini. Semua kantor imigrasi tersebut ada di daerah Jakarta Selatan, tapi tetap dapat melayani paspor dari daerah lain.

Praktis dan mudah digunakan

Cara penggunaan aplikasi ini juga amat mudah. Saya mencobanya untuk perpanjangan paspor yang sudah hampir habis masa berlakunya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh aplikasi Antrian Paspor di Google Play Store.

2. Buat akun dengan mendaftarkan data diri di aplikasi Antrian Paspor.

3. Data yang harus diisi adalah username dan password. Kemudian masukkan masukkan nomor KTP, nomor ponsel dengan Whatsapp aktif, email aktif dan alamat rumah sesuai KTP.

4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, login ke aplikasi menggunakan username dan password yang diisi saat mendaftar.

5. Selanjutnya, pilih kantor Imigrasi yang terdekat. Untuk saat ini, proses pembuatan paspor dengan aplikasi hanya bisa dilakukan di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

6. Pilih tanggal pengurusan paspor. Tanggal paling cepat yang bisa dipilih hanyalah sehari setelah waktu pendaftaran. Jika kuota kosong atau nol, maka Anda harus memilih tanggal lain dengan kuota yang tersedia.

7. Perhatikan waktu antrian yang diberikan dan jangan sampai hadir melewati waktu yang telah ditentukan.

8. Tunjukkan barcode saat datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang tertera di Aplikasi Antrian Paspor. Sekali lagi, jangan sampai datang terlambat melebihi jadwal yang tertera di aplikasi.

9. Setelah menunjukkan barcode kepada petugas, Anda akan mendapatkan bukti cetak nomor urut panggilan.

10. Tunggu hingga nomor antrean Anda dipanggil untuk diambil foto. Siapkan fotokopi KTP, Paspor lama, Kartu Keluarga, dan Akte Lahir. Pastikan semua berkas tersebut masih berlaku.

Setelah proses foto dan pengambilan data sidik jari selesai, Anda akan diberikan nomor Whatsapp khusus untuk informasi dan pemantauan proses pembuatan paspor. Untuk pembayaran, Anda bisa membayar melalui loket di kantor imigrasi atau melalui transfer bank.

Proses berlangsung cepat dan mudah

Pada bulan Mei 2017, saya mencoba memperpanjang paspor dengan aplikasi ini. Saya mendapatkan jadwal antrian (antara pukul 10.00 hingga 11.00) dan tiba di kantor imigrasi Mampang pada pukul 10.20.

Saya hanya perlu menunggu sekitar 30 menit mulai dari mengambil nomor antrian hingga dipanggil untuk difoto. Kemudian petugas imigrasi memberikan selembar kertas berisikan nomor Whatsapp 0813-8171-0123 untuk mendapatkan informasi nomor kode MPN G2. Kode ini dibutuhkan saat Anda melakukan pembayaran dari ATM.

Setelah melakukan pembayaran, Anda juga dapat menanyakan proses pembuatan paspor ke nomor Whatsapp tersebut. Begitu proses pembuatan paspor telah selesai dan paspor dapat diambil, saya langsung tahu dari pesan Whatsapp dari nomor tersebut.

Dari pengalaman saya, paspor dapat diambil dua hari setelah proses pembayaran telah selesai. Tapi jika tidak terpotong hari libur, sebenarnya paspor dapat diambil satu hari setelah melunasi pembayaran jasa paspor. Adapun biaya yang dikenakan adalah biaya resmi yang ditambah 55 ribu rupiah untuk administrasi.

Selamat mencoba!

  1. Mohon petunjuk, setelah membaca dari Online saya telah mengajukan melalui Internet, dan juga melalui WA yg telah di sesuaikan ,,tetapi 2 dua itu tidak balasan sampai sekarang atas permohonan waktu saya..mohon petunjuk..Edyson Jap

Beri komentar

%d bloggers like this: