Quantcast
AplikasiKomputerSoftwareTipsWindows 10

5 Tips Melindungi PC dari Serangan Ransomware

Sebagian besar dari Anda pastinya sudah mendengar kehebohan tentang munculnya ransomware bernama WannaCry. Ransomware ini menyerang PC berbasis Windows, dan akan mengenkripsi data-data di komputer yang terinfeksi.

Saat data-data yang penting sudah terkunci dan tidak bisa diakses lagi, sang teroris siber meminta sejumlah uang jika pengguna ingin data mereka kembali. Ya, singkatnya, data Anda disandera. Meski begitu, jelas tak ada jaminan setelah uang tebusan dikirim masalah akan langsung selesai.

Hacker
image credit: Thisdata.com

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa tips terkait tindakan pencegahan agar komputer Anda tidak terinfeksi Ransomware. Langsung saja simak poin-poin di bawah ini:

1. Jangan sembarangan klik!

Perlu Anda pahami dan tanamkan dalam benak Anda, bahwa banyak sekali website di dunia maya yang rawan penyebaran program-program jahat. Jangan sembarangan klik! Hati-hati saat mengunjungi website yang tidak Anda kenal.

Selain itu, hati-hati jika menerima email dari pengirim yang tidak jelas asal usulnya (email Spam). Bisa jadi, dalam email tersebut ada tautan yang mengarahkan Anda ke website penuh malware dan ransomware, atau ada attachment yang berisi virus dan akan menyerang komputer Anda ketika ter-download.

2. Jangan remehkan update Windows

Microsoft secara berkala selalu meluncurkan update untuk sistem operasinya, khususnya pada versi terbaru seperti Windows 10. Jangan pernah meremehkan update yang tersedia. Langsung download dan jaga OS Anda agar selalu menggunakan versi terbaru, karena biasanya Microsoft membawa banyak perbaikan di setiap update.

(Khusus untuk kasus WannaCry, install Patch MS17-010 yang telah dirilis oleh Microsoft)

Tak hanya update sistem operasi, Anda juga disarankan untuk selalu meng-update berbagai aplikasi di PC Anda ke versi terbaru.

3. Gunakan antivirus tambahan

Di tengah maraknya serangan siber di seluruh dunia, sudah saatnya Anda mempercayakan sistem keamanan komputer Anda kepada program antivirus yang mumpuni. Cari antivirus yang mampu melindungi komputer Anda secara komplit dari semua potensi cyber crime.

Jangan ragu untuk menyisihkan uang dan membeli software antivirus yang original karena Anda akan selalu mendapatkan update untuk menyesuaikan dengan ancaman-ancaman terbaru yang muncul.

Ransomware WannaCry
image credit: intoday.in

4. Backup data secara berkala

Ini juga termasuk kegiatan yang kadang sering dilupakan oleh para pengguna PC di seluruh dunia. Untuk menjaga file-file penting Anda tetap aman, usahakan membuat jadwal backup data secara berkala. Akan lebih baik jika Anda membuat backup ke hard disk eksternal khusus dan tidak terhubung dengan internet.

Serangan Ransomware seperti Wannacry bisa terjadi kapan saja dan virusnya akan selalu berkembang. Tidak ada jaminan komputer Anda 100 persen aman meski Anda selalu menggunakan OS dengan patch security terbaru atau antivirus tercanggih sekalipun. Artinya, backup data secara berkala sangat penting dilakukan.

Jika Anda bingung memilih hard disk eksternal yang bisa diandalkan, mungkin artikel kami di tautan berikut ini bisa membantu Anda.

5. Terlanjur terinfeksi? Segera putuskan koneksi

Ransomware biasanya menjadikan sektor bisnis sebagai sasaran utamanya. Jika salah satu PC di kantor Anda sudah terlanjur terinfeksi, segera putuskan koneksi ke server atau jaringan internal kantor. Untuk mudahnya, cabut kabel LAN dan matikan WiFi.

Pada kasus Ransomware WannaCry, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Indonesia juga menyarankan untuk tidak mengaktifkan fungsi macros di Microsoft Office (Word, Excel, dll), mematikan fungsi Server Message Block (SMB) v1, dan blokir akses port 139/445 dan 3389.

Back to top button