Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Kamera Oppo A39, Ponsel Android 2 Jutaan dengan Expert Mode

Kamera Handal untuk Kelasnya
Cek Harga

Dulu, hanya ponsel kelas atas dan mahal yang bisa menghasilkan foto yang baik. Namun sejak tahun lalu, ponsel 2 jutaan kini juga sudah bisa memiliki kamera berkualitas oke. Bahkan fitur kamera yang dulunya hanya bisa dinikmati di ponsel kelas atas seperti dukungan pengaturan manual untuk memotret, kini juga sudah bisa ditemukan di ponsel kelas 2 jutaan seperti Oppo A39 berikut ini.

Dari sisi spesifikasi, kamera Oppo A39 cukup oke. Untuk kamera utama, terdapat kamera dengan sensor 13 megapixel yang memiliki ukuran fisik 1/3,06 inci. Sedangkan kamera depan memiliki sensor 5 inci dengan ukuran fisik 1/4 inci. Menariknya, fitur pemotretan Oppo A39 identik dengan Oppo F1s yang lebih mahal. Tapi bagaimana dengan hasilnya? Berikut pengalaman kami memotret dengan menggunakan Oppo A39.

Di atas rata-rata
UI atau antarmuka kamera Oppo A39 tetap konsisten dengan ColorOS. Anda tinggal menggeser ke kanan atau ke kiri untuk memilih mode pemotretan.

Untuk mengunci fokus dan exposure, Anda tinggal menekan satu titik di layar beberapa detik. Kemudian begitu terkunci, Anda dapat leluasa menaik-turunkan exposure untuk menghasilkan foto yang diinginkan. Perlu diperhatikan, saat memilih fokus di area dekat menu pemotretan, seringkali kamera beralih mode ke Beauty atau Video. Triknya, tempatkan area yang ingin difokuskan di tengah, pilih area tersebut lalu geser ponsel untuk mengatur komposisi. Trik ini akan dapat mengurangi salah pencet yang dapat mengakibatkan hilangnya momen yang ingin diabadikan.

Kami sengaja mengujinya dengan memotret dalam mode Auto terlebih dahulu. Untuk memeriksa detail foto, kami membuka hasil foto di layar komputer. Perhatikan foto ketiga, yaitu foto burung dengan bulu warna biru kuning. Seperti terlihat di layar, area mata dan bulu warna kuning biru tersebut terlihat tajam dengan detail yang amat baik saat diperbesar hingga ukuran 100%.

File asli
IMG20170204162224

Perbesaran 100%

Dalam kondisi cahaya yang ideal,kamera Oppo terbukti mampu menghasilkan foto yang tajam dan baik. Berikut hasil foto lain menggunakan Oppo A39 dalam mode Auto. Semua foto ini langsung dari kamera, tanpa melalui proses penyuntingan.

IMG20170204135437
Hasil Kamera Oppo A39 (8)
IMG20170205162133
IMG20170205165254
IMG20170204161313

Expert Mode untuk pengaturan manual
Untuk menyiasati kondisi cahaya yang agak redup atau mengatur setting pemotretan, Anda dapat menggunakan Expert Mode. Sama seperti Oppo F1s, Anda bisa mengatur fokus, exposure, shutter speed, ISO, serta menyimpan foto dalam format RAW (.DNG).

Walaupun pengaturan kecepatan rana dimulai dari 1 detik, tapi setidaknya opsi ini dapat berguna untuk kondisi minim cahaya. Kami menggunakan Expert Mode untuk foto di bawah ini yang diatur pada setting ISO 100 dan shutter speed Auto.

Foto asli dalam format .JPG
IMG20170201170245

Perbesaran 100%

Foto ini diambil pada waktu sore hari. Seperti terlihat, detail foto yang ditangkap cukup baik dan noise yang minim.

Foto dalam kondisi low-light
Untuk foto dalam ruangan dengan cahaya temaram, kamera Oppo A39 masih dapat menghasilkan foto yang cukup tajam untuk dilihat di layar. Namun jika diperbesar, maka akan terlihat penurunan detail akibat noise reduction. Pemotretan dengan flash juga tidak terlalu membantu apalagi jika subyek berada di jarak yang cukup jauh. Walaupun begitu, hasil foto Oppo A39 masih di atas rata-rata smartphone harga 2 jutaan.

Berikut hasil foto Oppo A39 dalam kondisi minim cahaya tanpa penyuntingan.
Hasil Kamera Oppo A39 (15)
Hasil Kamera Oppo A39 (13)
Hasil Kamera Oppo A39 (20)
Hasil Kamera Oppo A39 (17)

Mode HDR efektif
Memotret dalam mode HDR juga bisa dilakukan Oppo A39 dengan baik. Yang perlu diperhatikan, tangan harus tetap stabil karena kamera akan bekerja lebih lama dalam mode HDR. Jadi jika goyang sebelum proses selesai, hasil foto akan kabur dan tidak tajam. Dalam praktiknya, mode HDR Oppo A39 amat membantu dalam kondisi cahaya dengan kontras tinggi. Namun jika kontras terlalu berlebihan, maka mode HDR tidak akan efektif.

Berikut contoh foto Oppo A39 dalam mode HDR tanpa penyuntingan.

IMG20170204155957

Kesimpulan
Menghuni kelas smartphone yang paling populer, Oppo A39 telah dilengkapi dengan kamera yang cukup handal. Salah satu fitur yang amat berguna adalah Expert Mode. Dengan pengaturan setting yang tepat dan tripod mungil, memotret di kondisi minim cahaya akan dapat dilakukan dengan mudah.

Jika ada yang dikeluhkan, pengaturan shutter speed atau kecepatan rana di Expert Mode termasuk terbatas. Kecepatan rana hanya dapat diatur dari 1 detik dan lebih lambat. Jadi tidak ada opsi untuk mengatur kecepatan rana yang cepat secara manual. Fitur HDR yang dimilikinya cukup baik, tapi mengurangi detail gambar jika tangan Anda kurang stabil saat memotret. Mode Panorama yang diberikan juga terbatas, hanya mendukung mode pemotretan

Kenyamanan penggunaan termasuk cukup baik, hanya saja sesekali mode pemotretan terganti tidak sengaja saat jari menyentuh area yang ingin difokuskan. Temperatur ponsel sendiri hanya menghangat saat digunakan memotret beberapa menit tanpa henti.

Secara keseluruhan, kamera pada Oppo A39 termasuk di atas rata-rata untuk kelas harganya. Hasil foto yang baik serta adanya opsi pengaturan pemotretan secara manual membuatnya layak dilirik oleh pengguna yang menginginkan kamera ponsel berkualitas di kelas harga 2 jutaan. Untuk ulasan lengkap Oppo A39, dapat dilihat di tautan ini.

Yang canggih:
+ Detail foto amat baik di kondisi cahaya ideal
+ Kamera responsif
+ Ada opsi pengaturan manual (Expert Mode)
+ Menu sederhana dan mudah dipahami

Yang kurang:
– Mode pemotretan sering beralih tidak sengaja
– Pengaturan kecepatan rana di Expert Mode terbatas
– Fitur HDR kadang menurunkan detail di foto

Review Kamera Oppo A39
Kamera Handal untuk Ponsel Kelas 2 Jutaan Rupiah
Secara keseluruhan, kamera pada Oppo A39 termasuk di atas rata-rata untuk kelas harganya. Hasil foto yang baik serta adanya opsi pengaturan pemotretan secara manual membuatnya layak dilirik oleh pengguna yang menginginkan kamera ponsel berkualitas di kelas harga 2 jutaan.
Kamera Handal untuk Kelasnya
Cek Harga

Komentar

Beri komentar

Close