AndroidAplikasie-commerceiOS (iPhone/iPad)Mobile GadgetPilihanWearable

100% Canggih Award: Inilah Gadget dan Teknologi Terbaik untuk 2016

Tidak hanya smartphone, PC, dan kamera yang membanjiri pasar Indonesia dengan berbagai invoasi terbaru, tahun 2016 juga diwarnai dengan semakin berkembangnya gadget dan teknologi serta layanan pendukungnya.

Karena itu, kami pun tertarik untuk memilih 10 kategori yang terdiri dari gadget dan teknologi serta layanan berbasis online, yang menawarkan pengalaman terbaik bagi penggunanya sepanjang tahun lalu. Berikut daftarnya:

1. Wearable Terbaik di bawah 1 juta Rupiah: Xiaomi Mi Band 2

Perangkat wearable semakin dikenal dan diminati oleh pengguna di Indonesia sebagai pasangan smartphone mereka. Hal ini didukung oleh semakin banyaknya opsi yang tersedia di pasaran, termasuk yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Satu yang menjadi pilihan kami di range harga di bawah 1 juta rupiah adalah Xiaomi Mi Band 2. Yang menarik dari generasi kedua ini adalah ketersediaan layar OLED 0,42 inci yang tidak dimiliki pendahulunya. Artinya, selain sebagai gelang kebugaran, Mi Band 2 juga bisa berfungsi sebagai jam tangan.

2. Wearable Terbaik 1-3 juta: Samsung Gear Icon X

Samsung Gear Icon X adalah earbud wireless pertama yang bisa memantau kebugaran tubuh. Ya, di balik desainnya yang identik dengan in-ear headset untuk mendengarkan musik, perangkat ini juga dapat memantau pola aktivitas, jarak yang ditempuh, jumlah langkah, dan menghitung kalori yang terbakar.

Earpiece ini juga tahan air sehingga dapat menemani Anda waktu berolahraga. Terdapat memori internal untuk menyimpan lagu sehingga Anda tidak perlu membawa ponsel hanya untuk sekedar mendengarkan musik sambil berolahraga.

3. Wearable Terbaik di atas 4 juta: Huawei Watch

Untuk kategori wearable di atas 4 juta rupiah, kami memilih Huawei Watch yang secara desain dan fitur memang mewakili kelas premium. Smartwatch berbasis Android Wear ini tampil klasik dengan mengusung model bulat yang elegan. Bodinya terbuat dari stainless steel 316L dan layar AMOLED 1.4 inci yang digunakannya telah diperkuat dengan lapisan kristal safir.

4. Drone Terbaik 2016: DJI Mavic Pro

Tahun 2016 di Indonesia juga ditandai dengan semakin populernya drone. Nah, untuk kategori yang satu ini, produk-produk garapan DJI jelas menjadi yang pertama terlintas di benak kami. Yang terbaik? DJI Mavic Pro!

Yang menarik dari Mavic Pro adalah ini merupakan drone pertama mereka yang bisa dilipat dan memiliki dimensi paling kecil diantara jajaran drone DJI yang lain. Selain itu, Mavic Pro dibekali kamera 4K dan mampu terbang hingga 7 kilometer.

5. Layanan Streaming Video Premium Terbaik: Netflix

Pengguna di Indonesia memiliki cukup banyak opsi untuk menikmati layanan video-on-demand. Apalagi, beberapa operator ternama di Tanah Air mulai menawarkan paket data dengan bonus kuota khusus untuk streaming video.

Namun dari sekian banyak pilihan, kami menjadikan Netflix sebagai yang terbaik. Alasannya karena selain memiliki konten yang cukup lengkap, Netflix juga menawarkan konten-konten original berkualitas yang tidak akan ditemui di layanan serupa lainnya.

Selain itu, kualitas video Netflix mencapai Ultra HD dan aplikasinya tersedia di berbagai platform, mulai dari PC, Smartphone, Tablet, Smart TV, hingga PlayStation 4.

6. Layanan Transportasi Online Terbaik: Uber

Inilah kategori yang memiliki persaingan sangat ketat. Semua kandidatnya sangat populer di kalangan pengguna dan telah menjadi pilihan transportasi untuk beraktivitas sehari-hari. Untuk layanan transportasi online terbaik di tahun 2016, kami memilih Uber berkat kualitas aplikasi dan

Sama seperti para pesaingnya, Uber menawarkan opsi kendaraan berupa motor atau mobil. Namun yang menarik, pengguna bisa memilih kendaraan ekonomis dengan harga normal, kendaraan yang besar seperti SUV, maupun mobil yang mewah sekalipun. Hebatnya lagi, Uber jika bisa diandalkan sebagai layanan transportasi ketika sedang berada di luar negeri.

7. Layanan Travel Online Terbaik: Traveloka

Layanan travel online juga mengalami peningkatan yang signifikan di sepanjang tahun 2016. Kemudahan untuk melakukan pemesanan hotel, tiket pesawat, hingga tiket kereta api dari ponsel juga memicu meningkatnya frekuensi perjalanan masyarakat Indonesia.

Untuk yang terbaik di tahun 2016, kami memilih Traveloka karena menawarkan layanan pembelian tiket yang beragam, mulai dari hotel, pesawat, kereta api, event dan atraksi, hingga sewa mobil. Selain itu, aplikasi Traveloka juga memiliki fitur yang menarik dan berguna, seperti pemesanan hotel di hari yang sama serta Price Alert yang akan memberitahukan ketersediaan tiket pada tingkat harga yang diinginkan.

8. Layanan Streaming Musik Terbaik: Spotify

Dengan biaya berlangganan yang cukup terjangkau, Spotify menyajikan pilihan musik dari dalam dan luar negeri yang cukup komplit. Kualitas audio-nya pun tak perlu diragukan lagi, dengan pilihan hingga 320 kbps untuk mereka yang berlangganan. Bagi yang tidak berlangganan tetap bisa menikmatinya di kualitas normal. Yang lebih menarik, selain di PC dan smartphone, aplikasi Spotify juga tersedia Smart TV dan PlayStation 4.

9. E-commerce Terbaik: Blibli.com

E-commerce memang memperlihatkan perkembangan yang luar biasa pesat selama satu hingga dua tahun terakhir. Beberapa nama mencuat ke permukaan dengan tawaran promo-promo yang menggiurkan. Yang diuntungkan? Tak lain adalah pelanggan sendiri karena semakin banyaknya opsi kemudahan untuk berbelanja langsung dari smartphone mereka.

Untuk tahun 2016, kami menobatkan Blibli.com sebagai e-commerce terbaik di Indonesia. Satu hal yang mengagumkan, Blibli.com memiliki pilihan produk yang sangat beragam. Bahkan Anda bisa membeli kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor secara online. Blibli.com juga menjadi pilihan merek kelas dunia untuk memasarkan produknya di Indonesia. Salah satunya adalah NBA yang menunjuk Blibli.com sebagai distributor resmi produk merchandise NBA di Indonesia.

Selain menyediakan penawaran menarik tiap harinya, Blibli.com juga kami nilai lebih unggul dibandingkan e-commerce lain di Indonesia dalam hal pelayananan pelanggan. Aplikasinya juga memiliki tampilan yang bersahabat dan mudah digunakan sehingga tidak menyulitkan mereka yang ingin mencoba belanja online.

10. Layanan Perpesanan Terbaik: Whatsapp

Jika dulu layanan perpesanan di smartphone terasa terbatas, maka kini layanan perpesanan di smartphone Android dan iOS telah banyak bermunculan. Tapi tak dapat dipungkiri, WhatsApp adalah jawaranya untuk pasar Indonesia. Alasannya tidak lain karena kemudahan penggunaannya. Selain mudah digunakan, Whatsapp juga terus ditambahi berbagai fitur-fitur baru seperti Video Call dan WhatsApp Web. Dengan kelebihannya tersebut, WhatsApp kami nobatkan sebagai layanan perpesanan terbaik 2016.

Bagi yang ingin memberi usulan untuk kategori baru di tahun 2017, silakan suarakan di kolom komentar di bawah.

Komentar

Close