Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo VIBE C

Smartphone murah memang selalu punya tempat tersendiri di hati masyarakat dari negara berkembang seperti Indonesia. Lenovo pun selalu menganggap ranah ini sebagai pasar yang menarik.  Bagaimana tidak. Masih banyaknya pengguna di Tanah Air yang baru ingin beralih dari feature phone ke smartphone maupun beralih dari ponsel 3G ke 4G merupakan ladang yang luas untuk digarap.

Sejak beberapa tahun yang lalu, produsen asal China tersebut rajin menghadirkan smartphone berbasis Android yang dibanderol dengan harga sekitar 1 jutaan rupiah. Walaupun murah, Lenovo tetap menjaga kualitas di level yang tergolong baik sesuai kelasnya.

Salah satu produk terbaru yang sudah beredar di pasaran Indonesia adalah Lenovo VIBE C. Penasaran seperti apa keunggulan dari smartphone seharga 1,3 juta rupiah ini? Langsung saja simak ulasannya:

Build quality bagus

lenovo-vibe-c-9

Setiap pengguna tentunya ingin mendapatkan kualitas yang bagus dari sebuah produk, berapa pun dana yang mereka keluarkan. Lenovo mengerti benar akan hal itu dan menghadirkan VIBE C dengan build quality yang tidak murahan.

Sebagai perangkat entry-level, VIBE C justru nampak memukau dengan material polycarbonate dan balutan warna hitam. Ketika digenggam, sangat terasa kualitas yang solid dan kokoh. Sudut-sudut ergonomisnya mengingatkan kami pada beberapa seri Lenovo VIBE yang dibanderol lebih mahal.

VIBE C memang bukan yang paling tipis, tapi ketebalan 9 mm masih sangat nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku. Dan dengan ukuran layar 5 inci, smartphone ini cukup pas di genggaman tangan orang dewasa serta mudah dioperasikan dengan satu tangan.

Lenovo tidak mengusung konsep unibody pada VIBE C. Artinya, Anda bisa melepas cover belakang untuk membuka akses ke baterai, SIM-card, serta slot microSD.

UI khas Lenovo

Lenovo VIBE C merupakan smartphone yang berbasis sistem operasi Android 5.1 Lollipop. User interface-nya sangat khas Lenovo yang tampil tanpa app drawer. Semua aplikasi bisa ditemui hanya dengan menggeser layar ke samping dari Home.

Secara keseluruhan tidak ada yang spesial dari UI ini. Lenovo memang tidak menambahkan fitur-fitur yang unik di dalamnya. Yang pasti, Anda tetap akan menemui beberapa bloatware yang belakangan selalu hadir di berbagai seri smartphone Lenovo.

Layar 5 inci, namun belum HD

Banderol harga yang terjangkau tidak menghalangi Lenovo untuk membenamkan layar IPS berukuran 5 inci pada VIBE C. Tentunya, Anda bisa mengharapkan tampilan gambar dengan keluaran warna yang lumayan.

lenovo-vibe-c-4

Tapi satu yang perlu digarisbawahi, layar Lenovo VIBE C resolusinya masih 480 x 854 pixel, alias belum HD. Selain itu, view angle secara vertikal agak sempit. Lenovo juga belum membenamkan fitur pengaturan tingkat kecerahan otomatis pada layar VIBE C.

Untuk sektor audio, Lenovo VIBE C tergolong mampu memberikan suara yang lumayan jernih. Kualitasnya masih dalam taraf yang bisa ditoleransi untuk dinikmati ketika menonton film atau sekadar mendengarkan lagu.

lenovo-vibe-c-8

Kamera 5 megapixel

Kami memang tidak berharap banyak pada kualitas kamera belakang maupun depan dari Lenovo VIBE C. Dengan harga yang murah, sulit rasanya menemukan smartphone yang mampu hadir dengan kamera yang bisa diandalkan di berbagai kondisi pemotretan.

Berbekal sensor 5 megapixel di belakang yang ditemani lampu flash, sayangnya kamera ini belum didukung fitur autofocus. Sedangkan untuk selfie maupun video call, Anda bisa memanfaatkan sensor 2 megapixel.

lenovo-vibe-c-7

Hasil jepretannya sesuai dugaan. Khas kamera smartphone entry-level. Masih terbilang lumayan untuk pemotretan outdoor dengan syarat kondisi tangan stabil ketika memotret. Untuk pemotretan di cahaya temaram, foto yang dihasilkan terlihat kurang tajam dan banyak noise.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Lenovo VIBE C. Hasil yang lebih lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

IMG_20160828_133155

IMG_20160826_173618

Performa lumayan

Lagi-lagi kami tidak menggantungkan harapan yang tinggi pada hardware dari sebuah smartphone seharga 1,3 juta. Tapi untuk kasus kali ini, justru Lenovo VIBE C mampu tampil lumayan gesit dan cenderung mulus untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Perlu diketahui bahwa VIBE C dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 201 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.1 GHz. RAM yang tersedia adalah 1 GB, sementara memori internalnya 16 GB lengkap dengan slot microSD. Ruang penyimpanan data yang tergolong lega di kelasnya. Urusan konektivitas, Lenovo VIBE C memiliki slot dual-SIM yang keduanya sudah mendukung 4G.

lenovo-vibe-c-6

Selama kami menggunakan smartphone ini, VIBE C cukup bisa diandalkan untuk memfasilitasi banyak kebutuhan, mulai dari browsing, chatting, media sosial, hingga hiburan seperti menonton film dan bermain game. Untuk urusan gaming, kami mencoba memainkan Pokemon GO dan ternyata VIBE C mampu menjalankannya dengan lancar tanpa masalah berarti.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa dari Lenovo VIBE C, berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark yang diunduh secara gratis melalui Google Play Store:

Baterai standar

Lenovo VIBE C dibekali baterai 2300 mAh tanpa dukungan fitur fast charging. Penawaran yang menurut kami cukup sesuai dengan harga jualnya.

Ketika digunakan untuk pemakaian normal yakni browsing, chatting, media sosial, dan sesekali menonton video di YouTube, smartphone ini mampu bertahan sejak pagi hingga sore hari. Tak lupa kami juga menguji baterai VIBE C menggunakan aplikasi PCMark (battery test). Inilah hasilnya:

Kesimpulan

Lenovo memang bukan pemain baru di ranah smartphone murah. Terbukti dengan semakin matangnya produk yang ditawarkan, termasuk melalui seri VIBE C ini. Harus diakui VIBE C bukanlah Android murah yang paling sempurna di kelasnya. Tapi Lenovo tetap mampu mengedepankan fitur-fitur tertentu yang dibutuhkan oleh pengguna pemula dengan cukup baik.

lenovo-vibe-c

Dengan banderol Rp1.299.000, Lenovo VIBE C cocok bagi Anda yang ingin beralih dari feature phone ke smartphone, maupun Anda yang ingin merasakan kecepatan jaringan 4G dan mencari perangkat murah untuk mendukung kebutuhan komunikasi serta hiburan sehari-hari.

Yang Canggih:

+ Build quality bagus
+ Slot dual-SIM 4G
+ Performa cukup baik di kelasnya
+ Memori internal tergolong lega jika dibandingkan produk lain di harga setara
+ Harga kompetitif

Yang Kurang:

– Kamera tidak didukung autofocus
– Layar tanpa pengaturan tingkat kecerahan otomatis

Alternatif lain:

Jika Anda menginginkan smartphone dengan kamera yang lebih mumpuni dan budget pun mencukupi, Anda bisa melirik Infinix Hot 3 X553 yang dibanderol 1,5 juta rupiah.

Tapi jika Anda lebih membutuhkan smartphone dengan baterai yang besar, mungkin Evercoss Elevate Y2 Power yang memiliki baterai 6200 mAh bisa masuk dalam daftar belanja.

[table]Spesifikasi;Lenovo VIBE C
SoC;Qualcomm Snapdragon 210 dengan prosesor quad-core 1.1GHz
Layar;IPS 5 inci 854 x 480 pixel
RAM;1 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 5 megapixel (LED flash) / Depan 2 megapixel
Baterai;2300 mAh
Konektivitas; Dual-SIM 4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB
OS;Android 5.1.1 Lollipop
Dimensi;143.5 x 71.8 x 9 mm (berat 166 gram)
[/table]
Back to top button