Quantcast
AplikasiKomputerLaptopNewsPC DesktopSoftwareWindows 10

Windows 10 Anniversary Update Hadirkan Fitur Baru untuk Industri Kreatif di Indonesia

Microsoft secara resmi telah meluncurkan update besar-besaran untuk sistem operasi andalan mereka, Windows 10, pada 2 Agustus 2016 lalu. Diberinama Windows 10 Anniversary Update, Microsoft menjelaskan bahwa ada fitur baru yang sangat bermanfaat untuk para pelaku industri kreatif di Indonesia.Windows 10 Anniversary Update (4)

Windows Ink Workspace

Fitur yang ditonjolkan oleh Microsoft dalam acara temu pers di Jakarta, Jumat (19/8), adalah Windows Ink Workspace. Berisi rangkaian fitur-fitur yang fungsional, Windows Ink Workspace diklaim dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja penggunanya.

Contohnya adalah Sticky Notes yang kini tampil lebih pintar. Tidak hanya berguna untuk membuat catatan, Sticky Notes terintegrasi dengan Microsoft Edge sehingga memudahkan pengguna untuk langsung melakukan pencarian terkait catatannya tersebut.

Ada pula Skecthpad, fitur untuk menulis atau menggambar menggunakan stylus atau mouse. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pelaku industri kreatif untuk segera menuangkan ide-ide mereka dalam sebuah sketsa kapanpun ide itu muncul.

“Dengan Sketchpad saya dapat mengurangi sedikitnya satu tahapan: menggambar di kertas. Selain itu, saya juga tidak perlu takut kehilangan gambar karena bisa langsung saya disimpan di OneDrive, memungkinkan saya untuk membukanya dimana saja dan kapan saja,” ujar Faza Meonk, pengguna Windows 10 yang juga pencipta komik Si Juki.

Selain itu, Windows Ink Workspace juga memiliki fitur bernama Screen Sketch yang berfungsi untuk membantu menulis di web secara efektif. Dukungan aplikasi unggulan juga tersedia di windows Store. Total adalebih dari 200 aplikasi baru siap bantu pelaku industri kreatif untuk berkreasi dengan bebas dan mudah.

Windows 10 Anniversary Update (2)

Staffpad misalnya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menuliskan notasi musik secara digital dengan memanfaatkan teknologi input dalam pena dan layar sentuh yang responsif.

“Kami berharap update Windows 10 dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu meningkatkan produktivitas para pemainnya dan mendukung mereka dalam melakukan transformasi digital,” ujar Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director, Microsoft Indonesia.

Peningkatan pada browser dan sistem keamanan

Windows 10 Anniversary Update (1)

Windows 10 Anniversary Update juga membawa peningkatan pada sistem keamanan melalui Windows Hello dan Windows Defender. Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir data mereka akan rusak atau hilang.

Microsoft juga memberikan akses yang mudah untuk browser Microsoft Edge dengan menawarkan fitur ekstensi aplikasi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Edge berselancar ke situs lain secara lebih cepat. Pemrosesan CPU Microsoft Edge pun kini lebih minimalis agar lebih hemat baterai.

Back to top button