Quantcast
Aksesoris Foto & VideoFoto & VideoNews

Irix 15mm F/2.4: Dirancang Untuk Kamera Full Frame, Tawarkan Fitur Penguncian Cincin Fokus

Pabrikan lensa asal Swiss bernama TH Swiss AG memperkenalkan lensa perdananya bernama Irix 15mm F2.4. Lensa ultrawide ini dirancang untuk kamera DSLR full frame Canon EF, Nikon F, dan Pentax K.

Irix-1

Irix 15mm F2.4 hadir dengan rancangan lensa yang terdiri dari 15 elemen dalam 11 grup. Setiap elemen lensanya telah dilengkapi dengan lapisan khusus yang berguna untuk meminimalisir pantulan dan efek kabur. Selain itu, bodinya juga telah dirancang tahan debu dan lembab.

Seperti lensa pihak ketiga pada umumnya, Irix 15mm F/2.4 tidak bisa difungsikan dengan autofokus. Lensa ini hanya mendukung pengaturan fokus secara manual. Kendati demikian, ada beberapa fitur istimewa yang dimilikinya.

Sebut saja fitur penguncian cincin fokus. Fitur ini memungkinkan pengguna mengunci cincin pengaturan fokusnya di posisi apapun untuk memastikan fokus tetap terkunci saat sedang melakukan pengaturan kamera. Pengaturan cincin fokus ke mode infinity juga bisa diketahui dengan mudah tanpa perlu harus melihat lensa karena akan ditandai dengan bunyi klik saat di posisi infinity.

irix-2

Satu keunikannya yang lain, Irix 15mm F2.4 hadir dalam 2 pilihan varian yaitu Blackstone dan Firefly. Untuk varian Blackstone bodinya terbuat dari alumunium dan magnesium yang kokoh dan bisa diajak memotret di kondisi yang lebih ekstrim. Sementara varian firefly, dirancang dengan bodi yang diklaim lebih ringan dibandingkan lensa ultrawide lain di pasaran. Hingga saat ini belum ada info berapa banderol harga Irix 15mm F/2.4 nantinya di pasaran. Rencananya lensa ini baru akan tersedia di pasaran beberapa bulan mendatang.

Back to top button