Foto & VideoKamera MirrorlessReview

Review Fujifilm X-A2

Kamera mirrorless makin memesona, baik dari sisi fitur maupun kualitas hasil fotonya. Dengan paduan menarik antara desain ringkas, hasil foto berkualitas tinggi, serta harga yang relatif terjangkau, maka tidak heran banyak konsumen yang terpikat. Salah satu kamera mirrorless baru yang menarik adalah Fujifilm X-A2. Dengan banderol harga 7 jutaan rupiah, seperti apa kemampuannya? Simak ulasan kami berikut ini.

Desain ringkas
Mirip seperti pendahulunya, Fujifilm X-A2 hadir dengan fisik yang cukup mungil namun tetap nyaman digenggam. Bagian grip memang hanya berupa tonjolan kecil tapi cukup memberikan genggaman yang cukup saat digunakan dengan satu tangan. Tentunya dengan catatan kamera dipasangkan bersama lensa yang cukup ringan seperti lensa bawaannya atau lensa pancake 27mm f/2.8.

fujifilm X-A2

Kamera ini juga tampil manis dengan paduan logam dan bahan kulit imitasi yang terlihat mewah. Saat digenggam, bahannya juga terasa nyaman. Walaupun ringkas, kamera ini tetap dibekali kenop putar di dekat tombol shutter untuk mengatur setting seperti exposure compensation atau menavigasi menu dan gambar (di mode review).

Saat digunakan, kenop putar ini amat bermanfaat untuk menjalankan fungsi tersebut dengan cepat. Sayangnya, kenop ini cukup mudah terputar secara tidak sengaja sehingga setting exposure dapat berubah tanpa diinginkan. Pengaturan setting lainnya juga dapat dilakukan melalui tombol putar yang menyembul di dekat kenop putar tersebut.

Fujifilm X-A2 back

Beralih antar mode pemotretan amat mudah dilakukan. Anda tinggal memutar kenop yang memuat ikon lambang scene mode dan P/S/A/M/C di sebelah kiri tombol shutter. Di bagian belakang, samping layar, tertata tombol-tombol yang biasa ditemukan di kamera digital. Seperti kamera Fujifilm lainnya, ada tombol Q yang berfungsi untuk mengatur fungsi fotografi mendasar dengan cepat.

Performa baik
Di atas kertas, Fujifilm X-A2 memiliki kinerja fokus yang cepat dan sepertinya cocok untuk memotret subyek apa pun termasuk aksi cepat seperti olahraga. Namun pada praktiknya, kinerja autofocusnya hanya cepat dan akurat untuk subyek yang diam pada cahaya yang memadai. Untuk kondisi minim cahaya, Anda harus memperhatikan subyek dan obyek yang dibidik.

fuji camera app

Memindahkan hasil foto dan video dari kamera juga dipermudah dengan adanya fasilitas Wi-Fi. Saat dicoba dengan aplikasi FUJIFILM Camera di ponsel Android, proses pemindahan yang menggunakan Wi-Fi Direct berlangsung cepat. Sayangnya Anda tidak menggunakan aplikasi atau smartphone sebagai Remote Viewfinder.

Untuk sebuah kamera mirrorless, daya tahan baterainya tergolong baik. Dengan kombinasi foto tanpa dan dengan flash, baterainya mampu bertahan hingga sekitar 400 foto.

Cocok untuk selfie
Memotret di bawah sinar matahari juga dapat dilakukan dengan mudah, berkat adanya “Sunlight mode” pada layarnya. Tapi perlu diingat, tampilan gambar pada Sunlight Mode tidak akurat sehingga Anda harus memperhatikan histogram untuk memastikan akurasi exposure. Cara lain, Anda dapat memutar layarnya hingga 175 derajat untuk mengurangi efek sinar matahari yang terlalu kuat.

focus X-A2

Layar putarnya ini juga berguna saat Anda ingin mengambil foto diri alias selfie. Anda tinggal memutar layarnya ke atas dan menghadapkan lensa ke wajah, kemudian tekan tombol shutter untuk mengaktifkan timer. Fungsi Face Detection AF dan Eye Detection AF juga membantu memastikan wajah dan bagian mata subyek yang diambil tetap tajam.

Yang perlu diperhatikan, posisi tangan akan terasa kurang natural sehingga rentan terhadap guncangan yang mengakibatkan hasil foto kabur dan tidak tajam. Lensa bawaannya sendiri memiliki jarak fokus terdekat 15 cm.

Hasil foto amat baik
Memotret memakai Fujifilm X-A2 dan lensa bawaannya mampu memberikan hasil yang memuaskan. Kami sengaja mengujinya hanya dalam mode JPEG.

DSCF0799

Untuk foto dalam kondisi cahaya ideal, hasilnya juga amat baik dengan exposure yang cukup pas dalam mode otomatis. Reproduksi warna juga amat baik dan dapat diatur sesuai selera menggunakan Film Simulation Mode. Ketajaman foto dari lensa bawaannya yang agak kurang menyakinkan dari segi fisik karena menggunakan bahan plastik yang ringan ternyata juga amat baik.

DSCF0423

Noise yang dihasilkannya cukup rendah pada kondisi malam hari, bahkan hingga ISO 3200 sekalipun. Masih dalam konteks pemotretan di malam hari, performa flash internal Fujifilm X-A2 termasuk baik dengan pengukuran kekuatan pencahayaan yang cukup bagus dan tidak terlalu kuat. Tentunya dengan catatan jarak antara fotografer dan subyek tidak terlalu dekat.

Berikut beberapa hasil foto Fujifilm X-A2 langsung dari kamera tanpa proses penyuntingan sama sekali. Selengkapnya, Anda dapat langsung melihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

DSCF0473
DSCF0341
DSCF0540
DSCF0361

Kesimpulan
Perkembangan kamera mirrorless telah mencapai tingkat yang mengagumkan. Sulit rasanya membayangkan betapa kamera seringkas X-A2 dapat menghasilkan foto berkualitas tinggi di semua kondisi cahaya, sambil tetap mempertahankan kenyamanan dan kemudahan penggunaan.

Walaupun kecepatan dan akurasi fokus masih bisa ditingkatkan dan fakta bahwa mode video yang dimilikinya hanya ala kadarnya saja, Fujifilm X-A2 mampu menghasilkan foto luar biasa pada berbagai setting ISO. Dengan merogoh kocek sekitar 7 juta rupiah, Anda mendapatkan sebuah kamera mirrorless yang hebat dan ringkas, serta sebuah lensa berkualitas dalam paketnya.

Yang Canggih:
+ Bodi cukup nyaman digenggam
+ Desain keren, terutama warna coklat
+ Mode pemotretan dapat diakses dengan mudah
+ Pengaturan cepat dengan kenop dan tombol putar
+ Layar putar yang berguna untuk selfie
+ Hasil foto tajam dengan noise rendah di ISO tinggi
+ Reproduksi warna bagus dan dapat diatur
+ Daya tahan baterai tergolong lama
+ Lensa bawaan berkualitas
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang:
– Bahan lensa dari plastik terasa kurang kokoh
– Kenop putar mudah terputar secara tidak sengaja
– Grip masih terlalu kecil untuk sebagian pengguna
– Sunlight mode tidak sesuai dengan hasil foto
– Kurang ideal dipasangkan dengan lensa yang besar dan berat

Komentar

106 Comments

  1. misi mas mau tanya saya pake xa 2, mau mindahin foto dan video pake wireless tapi cuma bisa pindahin foto aja, videonya gabisa dan ada tanda seru nya pas mau di select. itu kenapa ya ?? terimakasih

    1. @moki123
      kalau untuk video , dibutuhkan ponsel atau tablet tujuan transfer harus bisa memutarnya. Kalau nggak ada aplikasi yang bisa memutarnya, akan gagal.

  2. om mau tanya, layar xa-2 saat mau di pake selfie layarnya gelap om, alias hitam semua (off), tapi bisa ngambil gambar dan ada hasilnya. itu kenapa ya om?

  3. om, mau tanya, layar xa-2 saat dipake mau selfie jadi padam (off) alias gelap semua, tapi saat tekan shutter masih bisa ngambil gambar. dan ada hasil pengambilan gambarnya. itu kenapa ya om?

  4. mau nanya Om, gimana setting fokus otomatis (fujiflm AX2) agar nggak rebet mutar” fokusnya dilensa lagi Om.
    Mohon bantuannya

  5. mau nanya Om, gimana setting fokus otomatis (fujiflm AX2) agar nggak rebet mutar” fokusnya dilensa lagi Om.
    Mohon bantuannya

  6. Kak mau tanya, kenapa yahhh layar kamera saya jadi kuning? Tapi pas di kirim di hp foto nya nggak kuning cuma di kamera aja kuning nya?

  7. Mau nanya, kok saat sy mau transfer foto dri kamera X-a3 ke hp kok gak bisa tersave yah?

  8. Mau tanya masalah di kamera saya pas mau video nya ada logo atau gambar kamera on trs video saya tidak dapat digunakan. Mhn solusi

  9. gan mau tanya, kenapa pada saat mode selfie layarnya selalu mati. kenapa ya gan

  10. Halo saya mau tanya ya,kemarin fuji saya kalo selalu foto di tempat terang misalnya cahaya nya langsung bikin muka jadi kuning muka jadi ga kelihatan terlalu terang, kalo ambil foto background sama kulit jadi kekuning2an padahal sudah disetting, terus kalo ingin foto di tempat terang muka jadi ga kelihatan jadi kesannya mukanya gak kelihatan, malah hasil foto semuanya serba kuning WB nya sudah normal itu kenapa ya? Jadi mengikut cahaya kalo terang terang sekali padahal kecerahan sudah diatur

    1. SUdah mas mode potret nya saya pakai SP, semua gambar kalo ditempat terang keterangan semua padahal sudah diatur, jika didepan sinar matahari foto malahan muka jadi silau kelihatan kuning semua itu kenapa ya?

  11. mau nanya, kalo mau foto indoor pada waktu malam hari, pake fujifilm xa3 pilih mode yang mana ya? SR+ apa lebih baik night mode? sempet disarananin lebih baik pake mode program setting sendiri, tapi hasil foto selalu blur, mohon pencerahannya. makasih ??

  12. Ko Kristian,

    Mau tanya utk Fujifilm XA3, utk mode video mengapa pencahayaannya jauh lebih gelap dibanding dengan mode foto?
    Apa ada pengaturan yang bisa dilakukan?
    Ataukah ada lensa khusus jika akan digunakan utk video?
    Thanks

    1. @samuel
      untuk setting otomatis, akan menyesuaikan antara kehalusan rekaman video dan exposure. Untuk lensa, pilih dengan bukaan besar seperti XF35/f1.4

  13. Halo mas,

    Saya baru liat postingan ini, saya mau tanya. apa memang pada saat mengambil video di xa-2 itu kita tidak bisa mengatur shutter atau diafragma nya yah? hanya settingan otomatis dari fuji saja? mohon info nya yah mas. thank you.

  14. Kamera fujifilm xa3 saya tidak bisa konek wifi ke iphone bahkan muncul tulisan pads kamera tidak dapat mengirim gambar. Pda aplikasi fuji remot camera hanya sebagian foto saja yang terdeteksi beberapa foto lainya tidak muncul dan tidak bisa dikirim.apakah memory rusak atau settingan kameranya? Mohon pencerahan.terimakasih

  15. Tanya ya mas layar saya mau saya jadiin foto selfie kok pas di angkat dan mau diliat layar tiba tiba mati padahal pembukaan lensa sudah di lepas, dan saya posisikan ke sembula tempat layarnya bisa nyala kecuali pas si layarnya di angkat dan mati

  16. Fuji xa2 bisa nge charger langsung dari kameranya gak ya? Seperti a5000/5100 yg bisa langsung charger dari kamera tanpa adapter, thank you

  17. Kak mau tanya, kalo cara setting flash di fuji film gimana ya. Punyaku ko settinga flash nya ngga muncul, tombolnya mati ngga bisa di pencet gtu. Terus videoku ko jadi ngga ada suaranya ya, biasanya ada kak.

  18. mau tanya om..
    1. Misalkan saya motret stlah sekian menit kan layar mati..q pencet tmbol shoot ttep gag nyala?jdi hrus di off dlu bru di on lg..apa ada pengaturan yang salah?atau memang dri kmera.a?
    2. Atur adapter itu mksudnya apa yaa di settingan..harus pilih mana?
    3. Saya selalu main dengan iso tinggi..karna speed.a cepat pdhal cara yg salah..tp knpa pas saya nyoba ke iso 200 kok speed.a lambat..bahkan tdak prnah bsa fokus/blur terus?
    Maaf yaa bnyak prtnyaan, smga bsa trjwab smua ? ??

    1. @Ayu
      1. Seharusnya bisa langsung menyala.
      2. Adapter yang mana?
      3. Kalau ISO rendah (200 termasuk rendah), maka shutter speed akan melambat. Jika di kondisi cahaya yang baik, biasanya tidak masalah. Kalau agak gelap, ISO bisa dinaikkan agar shutter speed cukup cepat shingga hasil foto tidak blur. Semoga membantu

  19. Sya mau bertanya knpa kamera fujifilm xa2 saya kagak bisa nyala blits nya sedangkan tombol lampu blits nya sdh saya kasi nyala

  20. kak maaf aku mau tanya urgent please jawab yaa . aku kan sudah buat video yaa fi fujifilm xa2 tapi ketika sudaj dipindah ke hape . terus pas aku play koo suaranya gada yaa . tapi ketika di play di kamera mah ada . gimana ?

  21. hallo mas, boleh tanya lg..qw ada rencana beli lensa 35mm f1.4 tp ada yg menawarkan 35mm f2.0..itu perbedaan dmnanya?& condong lebih bagus yg mana?agar saya yakin

    1. @itaasih
      Untuk ketajaman pada setting diafragma yang sama, hampir tidak berbeda. Hanya saja 35mm f/1.4 lebih cocok sedikit untuk kondisi low light, tapi fisik lebih besar. 35mm f/2.0 sedikit lebih “lambat” tapi fisik lebih ringkas. Jika tidak keberatan dengan fisik dan harganya, saya rekomendasikan 35mm f/1.4. Semoga membantu

  22. misi om mau nanya, kalo pengaturan shooternya dimana ya? saya bingung.
    trus kalo untuk buat video kenapa kalo gerak jadi blur ya? bisa tolong saran harus diapakan pengaturannya. makasih

  23. Saya mau tanya,knp xa2 klo di zoom smpe 35 fokus nya susah ya?? Itu gmna solusi nya? Klo di lensa 16 gampang dpt fokusnya..thankss

      1. Kak dulu aku bisa connect ke app remote buat mindahin foto dari ca2 ke iphone 6+ skrg kok gabisa ya?? Udah uninstal sampek instal lagi, reset wifi sampek nama juga ttp gabisa..

  24. mas mau tanya kalau dipakai vlog untuk tutorial makeup kamera ini bagus gak ya? atau ada saran kamera apa yang bagus untuk tutorial makeup? thanks..

  25. Om mau nanya kan yang bermasalah itu camera fujifilm Xa2 selfinya pas dipakai foto yang muncul layar putih pas dipencet baru muncul hasil fotonya,kira” apanya yang bermasalah om??

  26. Mas, kenapa ya kamera x a2 saya kalo ngerekam video pas diberentiin loadingnya lama gitu? Mungkin mas tau? Thankyou

  27. Halo saya mau tanya knp ya fujifilm sama di mode potrait gambarnya terlalu terang hasil fotonya jg kekuning2-an .. padahal sudah di set.. jd klo foto background nya selalu kekuningan

  28. hallo mas, mau tanya.. saya punya fuji x-a2 tapi bermasalah sama transfer via wifi ke hp/tablet. ketika di connect, Kendalanya selalu sama yaitu “location info search was selected in camera menu, start up geotagging”. ketika saya klik ok di hp, di kamera muncul tulisan “cannot search location info” padahal location sudah on di kamera dan hp. itu gimana ya solusinya? trimakasih

  29. Hai mau nanya dong. Saya baru beli lensa meike 28mm untuk fujifilm xa2. Kenapa ga bs taking fotonya ya. Apa ada settingan khusus/memang ga compatible? Saya liat bbrapa forum sih bisa seharusnya. Tp kok tidak bs ambil fotonya. Dan di layar tdk ada keterangan apa2. Pleasee info. Thankyou

  30. Mau tanya om..kl fuji xa2 shutter gak bisa foto setelah koneksi app fuji itu kenapa ya?mohon pencerahan

  31. Ka aku mau nanya, kalo tiba tiba ada tanda lock pas pencet tombol video, timer, WB, Q itu cara ngebenerinnya gimana?

  32. Mau tanya. Untuk video di xa2 cahaya nya suka terang gelap itu kenapa ya? Apakah harus fokus manual sehingga cahaya nya stabil? Trims

  33. Tombol shutter saya gak berfungsi krna tidak sengaja jatuh dari 1 meter. Ada solusi gak temen”?

  34. Sya gbsa mindahin video dri fujiflm x a2,, knpa ya ?
    Padahal sudah pake aplikasi remote,,di pindahin ke laptop jga sama gbs
    Tolong infonya, nuhun

  35. camera fuji xa2 ..letak baterainya di mana ya.. baru beli nih..tq ditgu infonya

      1. mahu nanya g mana mau guna nya wifi di kamera tu ya? mau pindahin photo ke hp langsung? mohon dijawab

  36. Aku mau tanya. Kamera selfie aku di xa2 saat pengambilan gambar berbalik, kepala di bawah badan di atas.. Itu kenapa yah kak? Tolong bantuannya

  37. Cara setting menggunakan flash internal gmna yaa?
    Trus setting agar fokud dg objek..tp backgroun.a ng.blur..mhon tips.a yahh..

    1. @putery
      untuk keperluan apa? sebenarnya susah dibandingkan karena beda harganya cukup lumayan. untuk fotografi, keduanya bagus kok. kalau sudah punya lensa DSLR Canon, bisa dipakai di EOS M3 dengan tambahan adaptor.

  38. info kalo mau beli garansi resmi Fujinya dmana ya? GI detailnya dmana? trus ada showroom resmi lainya di daerah jakarta dmana ya? Selain Jakarta Barat

    1. @glardi
      banyak yang jual kok. bisa juga ke toko online seperti Focusnusantara.com atau tokocamzone.com.

      Sedangkan yang di Grand Indonesia, itu berupa showroom resmi Fujifilm.

      1. makasih banyak, kira kira harganya brp ya? waah klo online saya ga berani, isi paketnya apa aja ya, maaf ya newbie nih hehehe

  39. ohh lensa fuji yg XF35mm itu bokeh nya sama kaya lensa 50mm merk lain gak? ya seengga nya bisa nangkep gambar bokeh buat foto2 orang gitu.

    1. @julius
      untuk lensa, tentunya rentang fokal yang lebih jauh akan menghasilkan bokeh yang lebih blur. tapi dengan kompromi shutter speed lebih rendah. Untuk XF35mm, sudah sangat bagus kok.

  40. saya julius, baru mau beli Fuji XA-2 nya. kalo mau pake lensa fix yg 50mm cocok pake apa ya selain dr merk Fuji nya sendiri?
    temen ada yg pake lensa Yashica yg 50mm, kira2 klo pake merk itu perlu converter lg gak pak? makasih πŸ™‚

    1. @julius iskandar
      saya anjurkan pake lensa Fuji aja. πŸ™‚ lensa Fuji XF35mm f/1.4 itu lensa wajib.

      Kalau mount berbeda, harus pakai converter lagi. Pastikan lensanya X-Mount jika tidak mau memakai onverter.

    2. @julius iskandar
      saya anjurkan pake lensa Fuji aja. πŸ™‚ lensa Fuji XF35mm f/1.4 itu lensa wajib.

      Kalau mount berbeda, harus pakai converter lagi. Pastikan lensanya X-Mount jika tidak mau memakai converter.

  41. mau tanya kalo bedanya garansi resmi sama garansi distributor gmn ya?
    kalo beli yang garansi resmi dimana ya? kalo bisa toko online
    terimakasih

  42. canon eos m3 atau fuji xa2 oom ? keperluan untuk foto produk baju dan fashion show juga selpie πŸ˜€

      1. saya punya canon 700D..tp tertarik dg fujifilm ax2..kira2 bagus mana yah?mohon sarannya?

    1. @natasha Fujifilm X-A2 sensor lebih besar, dengan koleksi lensa lebih lengkap. Nikon J5 bodi lebih kecil, cocok kalo mau kecil dan ngga akan beli lensa lagi.

  43. Perbedaan lensa 18-55 dan 16-50 apakah sangat berbeda? Sebab vek hrga nya ckup selisih jauh..

    Mau tanya jg pak, kalau setelah di compare apakah hasil jepret X-T10 dan X-A2 akan terlihat jauh berbeda?

    Mohon pencerahan pak, sebab ragu dalam memilih 2 tipe ini. Terima kasih.

  44. Mau nanya, fujifilm xa2 saya kok ga bisa connect ke smartphone yaa ?
    Tolong saran nya dong

  45. Mau nanya om, kalau kisaran harga 10-15jt, mirrorles paling cocok buat travelling & foto potrait anak sehari-hari apa ya.?? Yang hasil fotonya paling baik..

Close
%d bloggers like this: