Melihat dari dekat kamera popup 32 megapixel Vivo V15


Review Samsung Galaxy Grand Prime

Saat ini jumlah pengguna smartphone di Indonesia memang masih didominasi oleh segmen anak muda. Celah inilah yang dimanfaatkan Samsung untuk merilis Samsung Galaxy Grand Prime yang menawarkan layar berukuran besar dengan harga yang tetap ramah di dompet.

Desain khas Samsung
Meski namanya terkesan mewah, nyatanya smartphone ini diposisikan di segmen menengah. Tapi, Samsung punya trik jitu untuk membuat Galaxy Grand Prime sangat layak untuk dilirik.

Pertama dari segi tampilan fisik. Tidak seperti keluarga Samsung Galaxy Grand lain yang datang dengan sudut bodi agak membulat, Grand Prime tampil lebih segar dengan desain yang sekilas mirip Samsung Galaxy S5 namun dengan bentuk lebih kotak. Desainnya sendiri relatif tipis dan masih nyaman saat digenggam tangan.

samsung-galaxy-grand-prime-1

Kedua bisa dilihat di sektor layarnya. Meski tidak mengandalkan teknologi layar IPS atau Super AMOLED, patut diakui layarnya terlihat sangat baik. Samsung menyiapkan smartphone ini dengan layar TFT berukuran 5 inci yang resolusinya 540 x 960 pixel. Dengan resolusinya tersebut, layar Grand Prime memiliki kerapatan pixel 220 ppi. Di atas kertas, spesifikasi ini biasa saja, bahkan di bawah rata-rata mengingat cukup banyak pesaingnya yang telah dilengkapi layar resolusi HD 720p. Namun pada kenyataannya, layar Samsung Galaxy Grand prime terlihat baik dan tajam. Tonal dan kontras warna yang ditampilkannya juga relatif lebih matang dibandingkan smartphone di kelasnya. Cukup disayangkan, Samsung masih belum melengkapinya dengan lapisan Gorilla Glass untuk perlindungan ekstra mengingat beberapa kompetitor di kelas harganya telah memakai Gorilla Glass.

Performa cukup baik
Galaxy Grand Prime mampu unjuk gigi dengan berbekal SoC 4 inti Qualcomm Snapdragon 410 berkecepatan 1.2GHz dan RAM 1GB. Perlu diketahui, SoC yang digunakannya tersebut memang berarsitektur 64-bit dan sudah memadai untuk menjalankan OS Android 5.0 Lollipop. Namun, Samsung Grand Prime saat ini masih menggunakan OS Android KitKat 4.4.4 dengan sentuhan antarmuka Samsung TouchWiz. Belum ada info apakah ponsel ini akan mendapat update Lollipop atau tidak. Setidaknya jika ada update Lollipop, di atas kertas Grand Prime akan dapat memanfaatkan fitur-fitur barunya dengan baik.

Dengan spesifikasinya, Grand Prime memiliki performa yang cukup untuk menjalankan tugas standar seperti chatting, push mail, browsing hingga memutar konten multimedia. Navigasi berjalan mulus walaupun ada sedikit sendatan saat menjalankan beberapa aplikasi bersamaan. Ini tentunya diakibatkan keterbatasan RAM yang hanya 1GB. Bagi yang gemar bermain game, ponsel ini ternyata cukup handal untuk menjalankan game yang menuntut kinerja grafis lumayan berat. Kami mengujinya dengan game Asphalt 8 dan Marvel Contest of Champions. Keduanya bisa dijalankan dengan cukup mulus di Grand Prime. Begitu juga saat memutar video Full HD, Grand Prime mampu menuntaskannya dengan sukses.

Untuk lama pemakaian, baterai Grand Prime yang berkapasitas 2,600 mAh mampu bertahan hingga 12 jam dengan pola pemakaian cukup standar seperti chatting, browsing, memotret, main game cukup sering.

Hasil foto oke
samsung-galaxy-grand-prime-2

Sektor kamera mendapatkan perhatian khusus dari Samsung. Bahkan Galaxy Grand Prime adalah smartphone pertama Samsung yang memiliki kamera depan 5 megapixel. Untuk hasil foto, kamera belakang 8 megapixelnya mampu menghasilkan foto yang tajam dengan tonal warna yang menyenangkan. Kinerja fokusnya juga cepat dan responsif. Untuk hasil foto di kondisi minim cahaya, Grand Prime agak keawalah namun mampu menyajikan foto dengan detail yang cukup.

Bagi Anda yang gemar bereksplorasi, Samsung juga telah menyediakan ragam mode pemotretan yang cukup lengkap seperti misalnya selfie, animated Gif, wide selfie, beauty face, panorama, HDR, rear cam selfie, continuous shoot, dan night. Selain itu tersedia juga beragam opsi efek filter warna seperti grayscale, sepia dan negative yang bisa dipilih sesuai selera.

Berikut hasil foto dari Samsung Galaxy Grand Prime tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto yang lebih lengkap, silakan kunjungi akun resmi Flickr YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Sektor layar memang menjadi salah satu keunggulan dari smartphone ini. Meski tidak dikemas dengan material yang istimewa dan kameranya bukanlah yang terbaik dikelasnya, setidaknya kinerja Samsung Galaxy Grand Prime sudah sangat mumpuni untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Secara keseluruhan, performa dan fitur yang dimilikinya cukup sebanding dengan banderol harga resminya yang ada di kisaran Rp2.699.000.

YangCanggih
(+) Kualitas layar termasuk baik
(+) Hasil kamera depan dan belakang amat baik
(+) Daya tahan baterai baik
(+) Performa baik
(+) Harga kompetitif

Yang Kurang
(-) Tidak dilengkapi lapisan Gorilla Glass
(-) RAM hanya 1GB, menghambat saat multitasking
(-) Harga termasuk premium untuk spesifikasinya

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime
SoC Qualcomm Snapdragon 410 MSM8216 (quad-core A53 1,2GHz)
Layar 5 inci PLS TFT qHD (960 x 540 pixel)
RAM 1GB, Memori Internal 8GB + slot microSD
Kamera Depan 5 MP / Belakang 8MP dengan flash LED
Baterai 2600mAh
Dimensi 144.8 x 72.1 x 8.6mm
Bobot 156 gram
Harga Rp2.699.000
%d bloggers like this: