Quantcast
AplikasiKomputerMobile GadgetNewsSmartphoneTablet PCWindows Phone

Microsoft Kenalkan Cortana, Asisten Pribadi untuk Windows Phone 8.1

Salah satu fitur baru yang ada di Windows Phone 8.1 adalah adanya Cortana, virtual assistant atau asisten pribadi virtual di ponsel. Konsep ini sebenarnya sejalan dengan Google Now di Android dan Siri di iPhone. Bagi yang gemar bermain game, mungkin akan mengenali namanya. Pasalnya, Cortana adalah karakter intelijen artifisial di game Xbox seri Halo.

Agak mirip seperti teknologi kompetitornya, Cortana dapat menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan. Anda tinggal mengucap atau mengetik kata kunci yang dimaksud dan Cortana akan mencari informasi yang paling relevan bagi Anda.

cortana wp8.1

Pencarian informasi pada Cortana ini didukung oleh mesin pencari Bing. Hadir dengan suara perempuan, Cortana bisa menjawab beragam pertanyaan yang Anda ajukan. Misalnya saja, Anda ingin makan malam dan bingung ingin makan di mana. Cukup tanyakan ke Cortana dan ia akan menampilkan daftar restoran yang ada di Jakarta, lengkap dengan jarak tempuh dari lokasi Anda berada.

Buat Anda yang pelupa, Cortana juga bisa membantu Anda mengingat sebuah rencana atau jadwal yang telah dibuat. Cukup ketik apa yang ingin Anda perintahkan dan Cortana akan memunculkan pop up berisi Reminder atau pengingat ketika waktunya tiba. Reminder ini bisa terkait dengan jam, tempat, atau orang tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda memerintahkannya untuk mengingatkan ibu Anda tentang rencana liburan, Cortana akan langsung menampilkan Reminder di layar smartphone atau tablet ketika Anda sedang menelepon, SMS atau mengirim email kepada ibu Anda.

Untuk memudahkan Anda, Cortana juga memiliki daftar ringkasan harian sehingga Anda bisa melihat janji yang telah dibuat, pengingat, informasi cuaca. Satu lagi yang keren, fitur ini dapat melacak email Anda, tentunya dengan seizin Anda, untuk mendapatkan berbagai informasi seperti pemesanan tiket pesawat. Asik, bukan!?

Back to top button