Quantcast
KomputerPC Desktop

Universal Robots Hadirkan Robot UR5 & UR10 di Indonesia

Universal Robots akhirnya memasarkan robot-robot buatannya di Tanah Air. Dua model pertama yang masuk ke sini adalah UR5 dan UR10 yang dirancang untuk membantu otomatisasi proses produksi di pabrik dari mulai perusahaan otomotif, manufaktur, farmasi sampai makanan dan minuman.

Universal Robot (1)

“Kami sangat gembira bisa masuk ke pasar Indonesia yang sangat menarik ini, terutama karena Indonesia adalah salah satu negara dengan perkembangan ekonomi tercepat di dunia. Perusahaan-perusahaan di Indonesia, terutama usaha kecil dan menengah, tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan, baik di dalam negeri maupun tingkat internasional. Supaya bisa menghadapi kompetisi tersebut, mereka akan membutuhkan otomatisasi yang lebih baik, yang mampu meningkatkan produktivitas, konsistensi kualitas, serta mengoptimalkan tingkat pemanfaatan tenaga kerja,” tutur CEO Universal Robots Enrico Krog Iversen.

Kedua robot yang dirakit di Denmark itu sangat fleksibel dan aman pengoperasiannya karena memiliki 6 sumbu (axis). Ibarat persendian pada tangan manusia, sumbu-sumbu tersebut berguna untuk mengarahkan lengan robot ke objek yang dituju. Lengan UR5 dan UR10 tidak menggunakan teknologi sensor yang mahal, tetapi memanfaatkan teknologi yang telah dipatenkan untuk mengukur arus listrik dalam sendi-sendinya sehingga dapat menentukan kekuatan dan gerakan. Setiap sumbu bisa berputar sejauh 360 derajat. Kecepatan gerak axis bisa mencapai 180 derajat per detik. Inovasi ini memungkinkan robot memiliki harga yang bersaing dibandingkan solusi otomatis lainnya.

Untuk mengendalikan robot, operator harus membuat program pergerakan robot melalui controller berdesain kotak dengan alat bantu teaching pendant yang bentuknya seperti tablet PC berukuran besar. Controller yang memiliki peran seperti sebuah CPU pada komputer ini juga bisa dikoneksikan dengan laptop atau komputer dengan memanfaatkan konektivitas Wi-Fi.

Universal Robot (3)

Ketika digunakan di pabrik, robot bisa dipakai bersama-sama dengan mesin produksi untuk menunjang proses pengelasan, pemindahan material, serta bongkar muat barang. Berhubung memiliki bobot yang ringan, U5 dan U10 bisa dipindahkan dengan mudah melalui lantai produksi, antarpabrik atau dari satu kantor ke kantor lain. Keduanya juga sangat aman dan telah mendapatkan sertifikat ISO 10218 untuk robot kolaboratif. Artinya, robot-robot tersebut telah memenuhi syarat-syarat pengujian risiko, yaitu tidak akan beroperasi dengan bobot melebihi 150 Newton serta otomatis berhenti ketika mendapatkan resistensi atau tenaga tolak yang cukup besar.

Bila memiliki U5 dan U10, perusahaan juga bisa menghemat biaya perawatan karena robot dapat tetap beroperasi dengan lancar tanpa perlu diolesi pelumas seperti oli. Kemudian juga membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kerja, khususnya pada proses pemotongan material atau produk, karena robot dapat menggantikan peran manusia.

Di Indonesia, U5 dipasarkan dengan harga mulai dari US$35.000 atau sekitar RP426 juta. Sedangkan U10 berkisar dari US$38.000 sampai US$40.000 atau Rp463 juta-Rp487 juta. Saat ini, Universal Robots sudah bekerja sama dengan tiga distributor di Tanah Air, yaitu PT Citra Naga Cemerlang, PT Surya Smartekindo, dan PT Zi-Techasia untuk memasarkan robot-robot tersebut.

[table]Spesifikasi; UR5 & UR10
Bobot;18 kilogram (UR5), 10 kilogram (UR10)
Kapasitas angkat;5 kilogram (UR5), 10 kilogram (UR10)
Jangkauan;85 sentimeter (UR5), 1,3 meter (UR10)
Daya tolak;150 Newton
Jumlah sumbu;6 buah
Kecepatan gerak sumbu;180 derajat per detik
[/table]
Back to top button