Quantcast
Tips

8 Cara Menghemat dan Memelihara Baterai Notebook

Baterai merupakan salah satu elemen vital pada sebuah notebook. Tanpa baterai, sebuah notebook tidak lagi menjadi komputer portable yang dapat digunakan di mana-mana. Seiring waktu dan penggunaan, kinerja baterai pada notebook akan menurun dan itu merupakan hal yang wajar. Nah, berikut kami hadirkan beberapa tips untuk memelihara dan memperpanjang daya tahan baterai notebook agar lebih optimal dan lebih tahan lama.

  1. Matikan WiFi dan Bluetooth jika Anda tidak membutuhkannya. Selain lebih aman, baterai juga dapat bertahan lebih lama jika kedua fitur wireless ini dimatikan
  2. Turunkan Tingkat kecerahan (Brightness) layar. Layar LCD merupakan bagian yang mengonsumsi daya baterai paling banyak. Turunkan tingkat kecerahan layar hingga satu atau dua tingkat di atas setting minimal. Hal tersebut dapat memberikan keseimbangan yang tepat antara brightness dan power saving. Jika terasa kurang terang, pindahlah ke lokasi yang memiliki pencahayaan lebih baik.
    Jika notebook Anda memiliki keyboard backlit, matikan cahayanya karena cahaya tersebut juga menyedot daya baterai.
  3. Matikan aplikasi yang tidak anda gunakan. Setiap aplikasi yang sedang berjalan membutuhkan sedikit kinerja processor dan harddisk.
  4. Jika laptop anda memiliki “power saving mode”, gunakanlah.
  5. Atur layar Anda untuk mati (sleep mode) jika tidak digunakan dalam beberapa menit. Anda dapat mengatur layar untuk mematikan jika tidak digunakan dalam waktu satu atau dua menit.
  6. Hindari hal penggunaan port USB atau DVD drive.
  7. Kuraslah baterai Anda sebulan sekali. Menguras baterai dalam artian gunakan baterai hingga menggunakan daya cadangan notebook. Dengan kata lain notebook benar-benar tidak bisa dihidupkan lagi dengan tenaga baterai. Langkah berikutnya adalah anda cukup mengisi kembali (charge) baterai anda hingga penuh.

 

Back to top button