Quantcast
Tips

Tips Menghindari Jebakan Pencurian Data Pribadi di Dunia Maya

Internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Apalagi dengan semakin berkembangnya perangkat mobile yang terhubung ke internet, sebagian besar pengguna memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, bahkan hingga yang sifatnya pribadi dan penting sekalipun.

Yang perlu diwaspadai adalah dengan begitu banyaknya data pribadi kita di dunia maya yang sifatnya rahasia, cybercrime pun semakin meningkat. Jika Anda tidak mau data-data Anda dicuri dan dimanfaatkan oleh pihak tertentu, simak beberapa tips berikut ini:

Jangan sembarangan nge-klik link/tautan di media sosiallink baitMedia sosial menjadi wadah bagi semua orang untuk berbagi apapun yang menurut mereka menarik, terutama di Facebook. Hal ini sering dimanfaatkan oleh hacker dengan membuat link/tautan jebakan. Biasanya mereka memakai judul yang sifatnya clickbait atau menggoda, yang ada kaitannya dengan berita, kasus, atau pembahasan tertentu yang sedang heboh (seperti contoh di atas).

Saat Anda tertarik untuk nge-klik link tersebut, ternyata Anda justru dibawa ke website yang berisi malware dan sejenisnya. So, hati-hati terhadap tautan yang sering muncul di Facebook, meskipun tautan itu menggunakan label Sponsored dan dibagikan oleh teman Anda sendiri.

Cek pengaturan keamanan di media sosial dan gunakan password yang kuat

Pastikan media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan yang lainnya diatur dalam mode Private. Cek pengaturan keamanan dan aktifkan berbagai fitur yang disediakannya agar tidak sembarang orang bisa melihat profil Anda. Berpikir dua-tiga kali sebelum mengunggah informasi tertentu yang sifatnya pribadi ke media sosial. Selain itu, gunakan password yang rumit dengan kombinasi huruf besar dan kecil serta angka.

Selalu install software/aplikasi dari sumber terpercaya

Jangan coba-coba untuk meng-install aplikasi (termasuk game) apapun dari sumber yang tidak jelas. Pastikan selalu mengunduh aplikasi dari toko aplikasi yang terpercaya. Jangan lupa juga untuk melihat review dari para pengguna lainnya hingga Anda yakin aplikasi tersebut aman.

Hati-hati terhadap WiFi gratis

WiFi gratis atau hotspot banyak ditemui di tempat-tempat umum. Jika Anda terpaksa harus terhubung dengan WiFi tersebut, pastikan Anda tidak melakukan kegiatan yang sifatnya pribadi atau berhubungan dengan keuangan melalui perangkat Anda. WiFi rumah pun bisa ditembus apabila Anda tidak mengaturnya secara benar.

Update OS secara rutin dan gunakan software keamanan

Selalu pastikan sistem operasi Anda menggunakan versi terbaru. Jangan menunda-nunda terlalu lama untuk melakukan update, kecuali jika Anda yakin update yang terbaru justru tidak bagus. Yang tak kalah penting, jangan menyepelekan keberadaan software-software keamanan di perangkat Anda, karena sifatnya wajib. Selain melindungi dari virus berbahaya, biasanya software keamanan saat ini sudah dilengkapi dengan fitur proteksi agar Anda aman berselancar di dunia maya. Software tersebut juga akan memblokir website-website yang mencurigakan.

 

images credit: Vitalmagazine & Facebook

Back to top button