Quantcast
Mobile GadgetNewsTablet Android

BQ Aquaris M10: Tablet Ubuntu Pertama dengan Fitur ala Desktop

Kabar tentang rencana peluncuran tablet berbasis Ubuntu pertama memang telah lama beredar. Namun baru sekarang akhirnya Canonical memperkenalkan secara resmi produknya yang merupakan hasil kerjasama dengan produsen asal Spanyol, BQ.Aquaris M10 UbuntuDiberinama Aquaris M10, tablet Ubuntu ini menggunakan layar 10.1 inci. Performanya didukung SoC MediaTek MT8163A 64-bit dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.5 GHz, dan didampingi RAM berkapasitas 2GB. Tablet ini memiliki memori internal 16 GB, yang bisa diperluas lewat slot microSD. Urusan baterai, pihak perusahaan membenamkan kapasitas 7280 mAh.

Kamera belakang dan depan pun tersedia, meski tidak dijelaskan lebih rinci. Selain itu, untuk urusan audio pengguna bisa mengandalkan speaker yang menghadap ke depan.

Yang menarik, Aquaris M10 juga bisa berfungsi layaknya sebuah PC. Versi Ubuntu yang digunakan bisa mendukung tampilan ala tablet maupun dekstop dengan user interface yang sederhana dan tentunya sepenuhnya mendukung sentuhan.Aquaris M10 Ubuntu (2)Lewat fitur andalan yang disebut “Convergent”, pengguna bisa ‘mengubah’ perangkat ini menjadi seperti PC pada umumnya dengan hanya menghubungkan mouse dan keyboard melalui koneksi bluetooth. Canonical tak lupa menggarisbawahi bahwa pengguna bisa menghubungkan Aquaris M10 ke display eksternal seperti monitor atau TV menggunakan port micro HDMI.

Belum ada keterangan soal harga. Namun yang pasti, Canonical berencana memasarkan Aquaris M10 di kuartal kedua 2016.

Back to top button