Quantcast
Foto & VideoKamera DSLRNews

Inilah 8 Fitur Baru yang Dijagokan Canon EOS-1D X Mark II

Kamera DSLR untuk segmen profesional Canon EOS-1D X Mark II resmi diumumkan dengan sejumlah pembaruan. Jika Anda penasaran dengan fitur baru yang dimilikinya, di artikel berikut kami akan secara khusus mengulas fitur dan teknologi yang dibawa kamera berbodi bongsor ini.

1. Sistem Autofokus Lebih Baik
Canon EOS-1D X Mark II adalah kamera full frame pertama Canon yang hadir dengan teknologi Dual Pixel AF. Dengan teknologi ini kamera mampu mencari dan mengunci fokus dengan lebih cepat dan akurat. Sayangnya, kinerja Dual Pixel AF ini hanya bisa dinikmati di opsi One-Shot AF di mode Live View dan video.

Seperti Canon EOS-1D X, 5D Mark III, 5DS dan 5D SR jumlah titik autofokus kamera ini hadir dengan total 61 titik. Kendati demikian, cakupan titik autofokusnya kini lebih luas. Hal tersebut bisa terlihat dengan area titik fokus bagian tengah yang 8% lebih tinggi dan 24% lebih lebar dari sebelumnya.

AF Coverage 1DX Mark II-1

Semua 61 titik autofokusnya ini pun bisa mencari fokus hingga bukaan diafragma F8.0, yang artinya sangat berguna untuk memotret dengan lensa tele dan teleconverter. Titik autofokusnya tersebut 41 titik diantaranya berjenis cross-type dan titik fokus ditengahnya mampu bekerja hingga -3EV di opsi OneShot AF.

Untuk kinerja sistem autofokus continuos, Canon EOS-1D X Mark II telah diperbarui dengan mengusung Ai Servo III+. Dengan dukungan sistem pengenalan otomatis Canon Intelligent Tracking and Recognition (iTR) kamera akan secara otomatis melacak subjek sehingga prediksi autofokus bisa lebih terukur dan presisi.

Yang turut juga mendapat peningkatan adalah tingkat pencahayaan titik autofokusnya. Titik autofokusnya ini sekarang bisa tetap menyala merah ketika fokus sehingga sangat membantu saat memotret subyek di pencahayaan yang minim. Selain itu, tingkat terang titik fokusnya bisa diatur menyesuaikan selera pengguna.

2. Sensor Metering yang lebih akurat
RGB sensor-1
Untuk sensor metering, Canon EOS-1D X Mark II mengusung modul metering baru yaitu sensor metering 360.000 pixel yang didukung sensor infrared dengan 216 zona metering.

Dengan dukungan sensor IR membantu sistem EOS Scene Detection untuk menganalisa subjek dan menjadikan autofokus lebih presisi. Kombinasi sensor IR dan RGB ini juga digunakan untuk mendeteksi kecerahan, warna dan wajah. Sensor meteringnya tersebut pun didukung oleh kinerja prosesor DIGIC 6 yang memproses semua informasi yang dikumpulkan dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

3. Layar Sentuh
canon eos-1DX II-2
Dibandingkan Canon EOS-1D X, layar LCD EOS-1D X Mark II terlihat lebih tajam dengan jumlah pixel mencapai 1.62 juta titik atau setara resolusi 900 x 600 pixel. Selain itu, layarnya tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur sentuhan yang akan sangat membantu untuk menentukan fokus di mode Live View atau saat merekam video.

4. Baterai lebih tahan lama
Battery-1
Canon EOS-1D X Mark II ditenagai baterai baru yang bisa menghasilkan foto hingga 1210 foto untuk sekali isi ulang baterai. Kabar baiknya, Canon juga menyertainya dengan dudukan khusus untuk memasang baterai model lama yang digunakan Canon EOS-1D X. Kendati demikian, ketika menggunakan baterai EOS-1D X Anda tidak bisa menikmati fitur continuos shootnya yang sangat cepat. Ini karena kecepatannya akan turun ke angka 12fps dengan autofokus dan 14 fps di mode Live View atau cermin terkunci.

5. Kemampuan Rekam Video hingga Resolusi 4K
Canon EOS-1D X Mark II punya kemampuan merekam video yang sangat impresif. Selain bisa merekam di resolusi full HD, kamera ini mampu merekam video standar resolusi DCI 4K (4096 x 2160 pixel) hingga 60 frame per detik dengan durasi 29 menit 59 detik tanpa henti. Kemampuannya tersebut cukup setara dengan Canon EOS 1D C yang memang dirancang khusus untuk merekam video. Satu hal yang menjadi pembeda, Canon EOS-1D X tidak mendukung opsi Log Gamma.

Heat-Dispersal-1

Untuk memaksimalkan fitur videonya Canon telah melengkapinya dengan soket mic dan headphone untuk memantau audio. Saat perekaman video berlangsung pengguna juga bisa mengatur fokus dengan lebih mudah memanfaatkan layar sentuhnya. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir suhu sensor dan prosesornya terlampau panas karena Canon telah melengkapinya dengan sistem pendingin khusus untuk mengatasi masalah ini.

6. Continuos Shoot Sangat Cepat
DualDIGIC6+
Kecepatan menjadi salah satu keunggulan dari Canon EOS-1DX Mark II. Dengan dukungan prosesor Dual DIGIC 6+, kamera ini mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 14fps dengan mode autofokus atau 16fps dengan fokus dan eksposur tetap dan cermin terkunci. Kemampuannya ini menyalip kamera full frame teranyar Nikon yang diperkenalkan di CES 2016 lalu, Nikon D5, yang punya kemampuan memotret continuos dengan kecepatan 12 fps atau hingga 14 fps dengan fokus dan eksposur tetap serta cermin yang terkunci.

7. Ruang penyimpanan fleksibel
CFast-2.0-1
Guna mengakomodir kemampuan rekam videonya yang bisa hingga resolusi 4K dan memotret tanpa henti yang sangat cepat, Canon EOS-1D X Mark II menyediakan dua slot kartu memori yaitu CFast dan CompactFlash.

8. Digital Lens Optimizer Terintegrasi
EOS-1DX-Mark-II-1
Canon EOS EOS-1DX Mark II menjadi yang pertama di seluruh jajaran kamera DSLR Canon yang punya kemampuan mengoreksi hasil foto secara otomatis langsung di kamera. Dengan fitur Digital Lens Optimizer ini, pengguna bisa membetulkan tingkat gelap terang, chromatic aberration hingga distorsi. Dengan demikian bisa lebih mempersingkat proses penyuntingan.

Back to top button