Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Kesan Pertama Mencoba Oppo F1

Dalam acara peluncuran Oppo F1 di Jakarta pada 3 Februari 2016 kemarin, kami sempat mencicipi langsung untuk mengetahui seperti apa perangkat yang disebut sebagai ‘camera phone’ ini. Walaupun waktu yang kami dapatkan tidak banyak karena harus bergantian dengan awak media lain, berikut kesan pertama yang bisa kami ceritakan:

Desain tetap premium

Oppo memang dikenal dengan smartphone garapannya yang selalu memperhatikan segi desain. Begitu pula Oppo F1 yang tampil menawan dengan konsep unibody menggunakan material metal. Build quality-nya sangat bagus dan solid. Ukurannya pun pas. Dengan dimensi 143,5 x 71 x 7,25 mm, Oppo F1 nyaman digenggam dan tidak licin. Karena cukup tipis, Anda bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam saku.

Desain F1 begitu khas smartphone Oppo yang premium. Sudut-sudutnya melengkung dan terlihat tidak kaku. Pada bagian depan yang didominasi layar IPS 5 inci dengan resolusi HD, Oppo kembali menggunakan kaca 2.5D yang sebelumnya sudah mereka sajikan di lini R7. Semua itu dibalut dengan finishing yang soft dalam warna Golden dan Rose Gold yang menawan.

Dukungan penuh bagi yang gemar selfie

Oppo F1 mengandalkan sektor kamera sebagai nilai jual utamanya, khususnya untuk kamera selfie. Mengusung tagline ‘Selfie Expert’, Oppo membenamkan kamera depan dengan sensor 1/4 inci 8 megapixel f2.0 yang diklaim mampu menangkap cahaya 44 persen lebih baik.Oppo F1 hands-on (9)Tambahan fitur Beautify 3.0 dengan 3 tingkat pengaturan dapat mempercantik hasil foto selfie Anda. Ada pula 8 filter yang tersedia agar selfie lebih kreatif. Sementara untuk memotret di cahaya yang minim, Anda bisa mengandalkan Screen Flash Selfie yang menjadikan layar sebagai flash. Kamera ini juga mendukung selfie tanpa menekan tombol, cukup dengan gerakan tangan atau suara “cheese!“.

Beberapa kali kami mencobanya, hasil kamera depan dari Oppo F1 memang cukup bagus. Lumayan tajam dan cerah meski kami melakukan selfie di acara yang berlangsung di dalam Ballroom hotel. Sayangnya kami belum bisa mengeksplorasi lebih jauh karena memang waktu yang sangat terbatas.

Calon pesaing kuat di kategori smartphone selfie

Kesan pertama kami terhadap Oppo F1 adalah cukup positif. Belum berkesan spesial di awal-awal kami mencobanya, tapi sangat layak untuk dilirik. Khususnya bagi Anda yang sedang mencari smartphone dengan kamera selfie yang bisa diandalkan.

Dibanderol Rp3.499.000 dengan beragam spesifikasi mumpuni serta desain yang premium, Oppo F1 bisa disebut sebagai calon pesaing kuat di kategori smartphone selfie kelas menengah.

[table]Spesifikasi;Oppo F1
SoC;Qualcomm Snapdragon 616 octa-core 1.5 GHz
GPU;Adreno 405
Layar;IPS 5 inci 1280 x 720 dengan 294 ppi (Corning Gorilla Glass 4)
RAM;3 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD hingga kapasitas 128 GB)
Kamera;Belakang 13 megapixel f2.2 (PDAF dan LED flash) / Depan 8 megapixel f2.0
Baterai;2400 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth 4.0, A-GPS, microUSB 2.0, Wi-Fi, Support OTG
OS;ColorOS 2.1 berbasis Android 5.1 Lollipop
Dimensi;143,5 x 71 x 7,25 mm (berat 134 gram)
[/table]
Back to top button