Quantcast
KomputerLaptopNewsTablet PCUltraportable

Kesan Pertama Mencoba Lenovo ThinkPad X1 Tablet & X1 Yoga

Salah satu pengumuman penting Lenovo di CES 2016 adalah perluasan keluarga Think X1. Jika dulu seri X1 hanya memiliki X1 Carbon, kini ada beberapa produk yang menyandang nama X1. Untuk notebook convertible dan tablet, kini ada ThinkPad X1 Tablet dan ThinkPad X1 Yoga. Sedangkan untuk PC AiO dan monitor, ada ThinkCentre X1 dan ThinkVision X1.

Nah, saat berkunjung ke booth Lenovo di CES 2016, kami dibuat kagum oleh dua produk X1 terbaru yang tampaknya akan mendapat tanggapan positif dari konsumen Indonesia.

Lenovo ThinkPad X1 Tablet

Lenovo ThinkPad X1 Tablet-4

Tablet Windows 10 termasuk spesies yang cukup langka, apalagi yang memiliki keyboard eksternal yang berkualitas tinggi. Saat melihat keyboard cover ThinkPad X1 tablet, kami sempat meragukan kualitas dan kenyamanan mengetiknya. Tapi begitu jari kami menari di atas tombol-tombolnya, keraguan tersebut langsung sirna. Tidak diragukan lagi keyboard cover ThinkPad X1 Tablet merupakan yang paling nyaman untuk mengetik sejauh ini. Bahkan pengalaman mengetiknya tidak berbeda jauh dengan keyboard chiclet ThinkPad X-Series.

ces 2016 lenovo thinkpad x1 tablet keyboard cover

Salah satu keunikan dan keunggulan X1 Tablet terletak pada tiga modul opsional yang dapat menambah kemampuan tablet ini. Yang pertama adalah Productivity Module. Begitu terpasang, daya tahan baterai X1 Tablet akan langsung meroket hingga 15 jam untuk pemakaian tanpa henti.

ces 2016 lenovo thinkpad x1 tablet proyektor module

Modul kedua adalah Presentation Module yang menambahkan fungsi proyektor. Dengan modul ini, Anda bisa memproyeksikan gambar hingga berukuran 100 inci ke dinding atau layar. Cocok bagi yang sering presentasi tapi tidak ingin membawa proyektor yang biasanya cukup berat. Yang ketiga adalah modul kamera 3D. Dengan modul ini, X1 Tablet dapat memindai obyek 3 dimensi yang langsung ditampilkan dalam bentuk render 3D di komputer. Modul yang mengandalkan kamera Intel RealSense 3D ini akan menyingkat waktu bagi desainer 3D yang membutuhkannya.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga

ces 2016 lenovo thinkpad x1 yoga buka

Satu lagi yang tidak kalah menarik adalah laptop convertible 2-in-1, ThinkPad X1 Yoga. Selain tampil lebih tipis dibandingkan ThinkPad Yoga yang diperkenalkan tahun 2015 silam, X1 Yoga yang baru ini hadir dengan opsi layar OLED yang menawarkan kualitas visual yang terbaik di kelasnya.

Sekedar informasi, layar OLED ini merupakan hasil kerjasama Lenovo dan Samsung. Tidak ada lapisan Gorilla Glass di layar sentuhnya, tapi Lenovo mengatakan bahwa semua ThinkPad X1 telah melewati tes pengujian kekuatan sesuai standar militer sehingga tidak perlu dikhawatirkan mengenai kekuatannya.

Lenovo ThinkPad X1 Yoga

Seperti namanya, X1 Yoga memiliki engsel yang fleksibel dan kuat sehingga memungkinkannya dapat digunakan dalam 4 mode pemakaian; laptop, tent, stand, dan tablet. Yang menarik, saat layarnya dilipat menjadi mode tablet, tombol keyboard akan terbenam ke dalam sehingga bagian belakang tablet akan menjadi rata.

ces 2016 lenovo thinkpad x1 yoga light

Dari pengalaman singkat mencobanya, Lenovo ThinkPad X1 Yoga terasa ringan dan cukup tipis sehingga mudah untuk disimpan dan dibawa-bawa. Kenyamanan keyboard juga amat baik, tidak mengherankan mengingat ini adalah sebuah ThinkPad. Dengan bodinya yang tipis, ThinkPad X1 Yoga juga terlihat lebih modern dan canggih.

Belum ada informasi pasti mengenai ketersediaan dan harga kedua produk ini di Indonesia, namun kami perkirakan keduanya akan dapat ditemui di pasar Indonesia mulai bulan Mei 2016.

Back to top button