Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Leagoo Elite 1

Besarnya potensi pasar smartphone Android di Indonesia membuat beberapa produsen asal Cina menjadikan negara kita ini sebagai target penjualan. Hasilnya, cukup banyak brand baru mencoba peruntungannya di Indonesia.Leagoo Elite 1 (8)Salah satunya adalah Leagoo, yang mungkin sebagian besar dari Anda belum familiar mendengar namanya. Produsen ini memiliki jajaran smartphone Android yang cukup komplit, dan yang akan kami ulas kali ini adalah Leagoo Elite 1.

Bodi metal dengan lapisan kaca

Elite 1 menawarkan desain yang bisa dibilang terinspirasi dari iPhone. cukup mewah dengan balutan frame berbahan metal dan lapisan kaca di cover belakang yang memberikan kesan premium. Kaca di belakang ini akan memantulkan cahaya yang terlihat memukau dengan efek 360 derajat. Sayangnya, kaca tersebut mudah sekali menempel sidik jari sehingga gampang terlihat kotor.

Mengusung konsep unibody, Leagoo Elite 1 cukup nyaman digenggam meski tergolong kurang ramping dengan ketebalan 7.5 mm. Build quality-nya sangat solid dan nampak kokoh. Smartphone ini tergolong tangguh dan diklaim telah melalui drop test dari ketinggian 1,5 meter.

Leagoo menempatkan semua tombol selain Home di sisi sebelah kanan, termasuk tombol yang disebut Smart Button. Selain sebagai tombol shutter kamera, Smart Button juga dapat digunakan menjawab panggilan telepon, memutar musik, dan yang lainnya. Intinya, tombol ini berfungsi sebagai shortcut.

Layar mantap

Dari berbagai penawarannya, layar termasuk dalam jajaran fitur unggulan. Menggunakan teknologi IPS dengan ukuran 5 inci dan resolusi Full HD 441 ppi, layar pada Elite 1 nampak tajam dan memanjakan mata dengan kontras yang baik dan keluaran warna berkualitas tinggi. Ternyata, Leagoo menggunakan layar buatan JDI (Japan Display) yang juga menyediakan layar untuk smartphone andalan Apple yakni iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Tak heran tampilannya mantap.

Dengan fasilitas layar seperti ini, Anda akan merasa puas ketika melakukan berbagai kegiatan seperti browsing, mengakses media sosial, chatting, bermain game, hingga menonton video.

UI sederhana, dilengkapi gesture control dan fingerprint ID

Smartphone ini menggunakan Leagoo OS 1.1 berbasis Android 5.1 Lollipop. Antarmukanya sangat sederhana dan terkesan tidak menggambarkan nuansa premium yang diusung oleh smartphone-nya. Tanpa app drawer, pengguna cukup menggeser ke kiri dan kanan untuk mengakses semua aplikasi yang tersedia.

Yang menarik, Leagoo membenamkan cukup banyak fitur yang berguna. Misalnya gesture control yang terdiri dari beragam fungsi. Gestru Wake misalnya, lewat fitur ini Anda bisa mengakses aplikasi dengan menyapu layar seperti menggambar huruf. Ada pula Gesture Motion yang terdiri dari beberapa fungsi, contohnya mengangkat telepon hanya dengan mengayunkan Elite 1 ke telinga.

Fingerprint scanner Leagoo Elite 1Leagoo tak mau ketinggalan tren saat ini. Dari sisi keamanan, Anda bisa mengandalkan fingerprint scanner di Elite 1. Posisinya berada di tombol Home yang menggunakan lapisan sapphire glass. Sensor ini mampu mengenali sidik jari Anda dalam waktu 0,5 detik dengan sudut 360 derajat. Artinya, Anda tidak harus meletakkan jari dengan satu posisi mutlak agar terbaca oleh sensor.

Performa mumpuni di kelasnya

Leagoo Elite 1 dibekali spesifikasi yang cukup untuk menemani kegiatan Anda sehari-hari. Sebut saja SoC MediaTek MT6735 64-bit octa-core berkecepatan 1.3GHz yang ditemani GPU Mali-T720 dan RAM sebesar 3GB. Semua aplikasi mampu dijalankan tanpa kendala berarti.

Kami mencoba memainkan beberapa game 3D yang tergolong berat seperti Injustice: Gods Among Us dan Asphalt 8. Hasilnya, kedua game ini bisa dijalankan dengan frame rate yang nyaman. Memang terkadang masih terlihat frame rate yang naik turun di momen-momen tertentu. Namun hal itu tidak menjadi masalah besar dan tidak membuat kenikmatan bermain menjadi berkurang.Benchmark Leagoo Elite 1 (1)Satu hal yang kami garisbawahi adalah, Leagoo Elite 1 terasa lumayan hangat ketika digunakan bermain game 3D. Meski begitu, panasnya belum sampai pada taraf yang terlalu mengganggu.

Berikut beberapa aplikasi benchmark yang kami jalankan untuk menguji performa dari Leagoo Elite 1 (klik untuk memperbesar):

Kamera belakang dan depan bagus

Berbekal sensor Sony 16 megapixel 4th generation BSI f2.0 di belakang yang didukung dual-LED flash, kamera Leagoo Elite 1 tergolong bisa diandalkan untuk menangkap berbagai momen sehari-hari. Apalagi, jika pemotretan dilakukan di kondisi cahaya yang terang. Tajam dengan reproduksi warna yang natural dan kontras yang baik.

Opsi pengaturan tidak terlihat menawarkan sesuatu yang spesial. UI kamera tergolong standar seperti yang biasa ditemukan di sebagian besar smartphone asal Cina. Mode yang tersedia terdiri dari Normal, Face Beauty, Live Photo, Motion Track, Panorama, dan Multi Angle View.

Untuk kamera depan, dengan sensor Sony 13 megapixel 3rd generation BSI f2.4 wide angle lengkap dengan dukungan auto focus dan LED flash, Anda yang gemar selfie bisa mengandalkan Leagoo Elite 1. Kualitas fotonya cukup detail dan bagus. Jangan lupakan fitur Beautification 3.0, HDR, dan berbagai filter yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik foto selfie.

Untuk lebih jelasnya, simak saja beberapa foto yang kami abadikan dengan kamera belakang dan depan dari Leagoo Elite 1 di akun FLICKR resmi YangCanggih.com

Baterai cukup untuk sehari-hari

Keberadaan baterai non-removable sebesar 2400 mAh memang terlihat biasa saja. Bahkan mungkin bagi sebagian orang yang tergolong sebagai heavy user, kapasitasnya terkesan tidak menarik. Walaupun demikian, baterai ini sudah cukup untuk membuat Elite 1 menyala selama 9 hingga 10 jam dengan pemakaian standar seperti browsing, chatting, media sosial, bermain games, dan sesekali menonton video. Berikut hasil pengujian menggunakan aplikasi PCMark (battery test):

Kesimpulan

Meskipun berasal dari brand yang tentunya terdengar asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Leagoo Elite 1 tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa yang ditawarkannya mulai dari desain premium, performa mumpuni, kamera yang bagus, dan fitur-fitur yang tergolong kaya jelas merupakan paket komplit yang tidak selalu bisa ditemukan di kebanyakan smartphone asal Negeri Tirai Bambu.

Soal harga, Leagoo Elite 1 berada di kisaran 3,5 jutaan Rupiah. Cukup masuk akal dengan segala hal yang disajikannya. Bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone Android berbahan metal dengan balutan kaca dan fitur kamera yang bisa diandalkan, Leagoo Elite 1 layak untuk dilirik.

Yang Canggih:

+ Bodi menggunakan material yang premium
+ Hasil foto kamera belakang dan depan cukup bagus
+ Ada sensor sidik jari
+ Memiliki fitur gesture yang berguna
+ Dilengkapi Smart Button yang multifungsi
+ Performa baik di kelasnya

Yang Kurang:

– Lapisan kaca mudah menempel bekas jari
– Tampilan UI kurang menarik

[table]Spesifikasi;Leagoo Elite 1
SoC;MediaTek MT6735 octa-core 64-bit berkecepatan 1.3GHz
GPU;Mali-T720 MP3
Layar;IPS 5 inci 1920 x 1080 pixel 441 ppi (Corning Gorilla Glass 3)
RAM;3 GB
Memori Internal;32 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 16 megapixel f2.0 (Dual-LED flash) / Depan 13 megapixel f2.4 wide angle (LED flash)
Baterai;2400 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth, GPS, microUSB 2.0, Wi-Fi, Support OTG
OS;Android 5.1 Lollipop
Dimensi;143,8 x 69,5 x 7,5 mm (berat 136 gram)
[/table]
Back to top button