Quantcast
Home ApplianceHome GadgetKomputerNews

Linksys WRT1900AC: Reinkarnasi Sang Router Legendaris dengan Kecanggihan Terkini

Bagi yang telah lama mengenal dunia komputer, pasti sudah familiar dengan merk Linksys atau router Linksys WRT54G. Setelah 11 tahun berlalu, Linksys akhirnya menghadirkan reikarnasi dari router legendaris tersebut dengan fitur terkini.

Linksys_WRT1900AC_router
foto: linksys

Andalkan empat antena
Bertitel WRT1900AC, router ini memang memiliki tampilan yang nyaris mirip dengan WRT54G yang dilengkapi dengan empat antena yang bisa disesuaikan letaknya, bahkan dilepas. Seperti halnya router 802.11ac lainnya, router ini mentransmisikan data kepada pengguna dengan tiga saluran spatial.

Mengusung teknologi Antenna Diversity, router WRT1900AC memiliki jangkauan dan cakupan sinyal yang lebih luas jika dibandingkan dengan perangkat konvensional yang hanya memiliki tiga buah antena. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati performa nirkabel terbaik di sudut manapun mereka berada.

Sekalipun terkesan retro, router ini memiliki hardware yang jauh lebih unggul dari pendahulunya. Ini terlihat dengan adanya prosesor dual-core 1,3 GHz, memori 256 MB DDRAM, eSATA, dan port USB.

Linksys Smart Wi-Fi
Di sisi software, sudah ada perangkat setup dan manajemen Linksys Smart Wi-Fi yang memberikan akses kepada pengguna ke perangkat terhubung melalui browser atau aplikasi mobile untuk pengelolaan jaringan rumah dengan mudah, seperti mengetahui status koneksimasing-masing perangkat, akses kepada orang yang berkunjung di rumah, dan membatasi akses situs social media bagi anak-anak. Pengguna juga bisa mengakses jaringan rumah dari mana saja melalui browser di PC atau aplikasi mobile di perangkat berbasis iOS dan Android.

router linksys wrt1900ac

Untuk memastikan produk terbarunya kompatibel dengan perangkat open source, Linksys bekerja sama dengan pengembang software open source seperti OpenWRT. Sehingga berbagai dukungan terkait dengan firmware akan terus berkelanjutan.

Fitur cukup lengkap
Router WRT1900AC bisa dikonfigurasikan sebagai range extender atau jembatan nirkabel. Beberapa fitur software yang telah ditambahkan di antaranya dukungan untuk layanan No-IP dynamic DNS, Wi-Fi Scheduling, serta VPN berbasis OpenVPN ke dalam paket pembaruan firmware selanjutnya. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan koneksi jarak jauh yang aman dari interupsi apapun.

Pengembangan di sisi fitur juga dipertegas Linksys dengan kehadiran tools Smart Wi-Fi terbaru bernama Network Map ke tampilan antarmuka Linksys Smart Wi-Fi di browser. Dengan tools ini bisa diketahui perangkat mana yang memakan bandwidth terbesar, seberapa kuat sinyal yang diterima sebuah perangkat, hingga melihat pita jaringan nirkabel yang telah terhubung.

Wireless Router Linksys WRT1900AC ini telah dipasarkan di Indonesia dengan harga jual sekitar 4,5 juta rupiah.

Satu komentar

Back to top button