Quantcast
News

Smartfren 4G LTE Advanced Kini Tersedia di 85 Kota

Smartfren menyampaikan update terbaru terkait perluasan jaringan 4G LTE Advanced mereka di seluruh Indonesia.Smartfren 85 KotaDalam acara temu pers yang digelar di Jakarta, Senin (25/1), pihak perusahaan memastikan bahwa Smartfren 4G sudah bisa dinikmati di 85 kota. Smartfren pun tercatat sebagai penyedia jaringan 4G LTE dengan cakupan terluas di Indonesia saat ini.

Ke-85 kota tersebut antara lain berada di provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali & Lombok, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimatan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Perlu diketahui bahwa perluasan jaringan 4G LTE milik Smartfren tergolong cukup cepat. Pada Agustus 2015, Smartfren 4G baru menjangkau 22 kota saja, yang artinya ada penambahan sebanyak 63 kota hingga akhir Desember 2015.

Dalam pengembangannya, Smartfren menggandeng ZTE dan Nokia sebagai infrastructure partner. Nokia saat ini menggarap pembangunan BTS 4G di Indonesia bagian barat, sementara ZTE bertugas di Indonesia bagian timur.

Carrier Aggregation tersedia untuk band 2300 Mhz

Smartfren tak lupa mengumumkan bahwa mereka telah sukses menguji coba dan mengimplementasikan 2 Carrier Aggregation (CA) di band TDD 2300 Mhz pada November 2015 lalu.

Sekadar informasi, dengan teknologi CA memungkinkan sebuah perangkat melakukan koneksi dengan dua kanal (carrier) sekaligus ke satu BTS. Hasilnya, kecepatan internet yang didapatkan akan lebih tinggi.

Saat ini CA di band TDD 2300 Mhz sudah bisa dinikmati. Meski begitu, pengguna membutuhkan perangkat dengan spesifikasi 4G LTE Cat. 6 yang menurut pihak Smartfren, di Indonesia jumlah perangkatnya masih terbatas. Smartfren berharap di 2016 akan lebih banyak perangkat yang mendukung.

Back to top button