Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Asus ZenBook Pro N501J

Sebagai pemain utama di ranah laptop, Asus memang memiliki lini produk yang komplit, mulai dari entry-level hingga kelas gaming yang dibanderol dengan harga tinggi. Masing-masing model memang ditujukan untuk kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Salah satu produk mereka yang cukup menarik adalah Asus ZenBook Pro N501J, sebuah laptop yang difokuskan untuk multimedia. Simak ulasannya berikut ini.Asus N501J (2)

Desain ramping dan elegan

Asus ZenBook Pro N501J tampil dengan desain ala keluarga N Series yang dilengkapi sentuhan desain khas Zen untuk memberikan kesan elegan. Berbalut material aluminium dengan tepian bernuansa krom metalik membuatnya terlihat mewah.

Dengan layar 15,6 inci, notebook ini memang terlihat cukup lebar. Namun bodinya masih ramping dengan ketebalan 20,6 mm. Asus meniadakan beberapa fitur yang berpotensi membuat laptop lebih tebal, seperti optical drive dan port LAN. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan tiga port USB 3.0, port HDMI, port mini Display, SD card reader, AC adapter plug, dan port audio combo. Masing-masing port berada di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak mengganggu satu sama lain ketika digunakan bersamaan.

Keyboard nyaman

Asus ZenBook Pro N501J menyediakan keyboard berukuran penuh dengan gaya chiclet. Beberapa hari mengetik di Asus ZenBook Pro N501J, kami menilai keyboard-nya sangat nyaman digunakan. Jarak antar tombol pas dan setiap tombol terasa responsif dengan feedback yang cukup baik. Tapi sayangnya, lampu backlit membuat tampilan label pada setiap tombol terlihat kurang kontras.

Touchpad-nya berukuran besar dan dirancang intuitif serta akurat. Touchpad ini juga mendukung smart gesture yang bisa digunakan di beberapa aplikasi. Contohnya ketika sedang browsing, Anda bisa scrolling halaman web dengan sapuan dua jari dari atas ke bawah dan sebaliknya. Sapuan dengan tiga jari akan me-minimize aplikasi yang sedang Anda buka. Di Windows 8.1, Anda juga bisa melakukan sapuan dari kanan ke kiri dengan satu jari untuk membuka Charm Bar.

Layar 4K dan audio premium

ZenBook Pro N501J menawarkan layar dengan resolusi 4K (3840×2160). Mengusung teknologi IPS, layar ini mampu mereproduksi warna yang kaya dan akurat dengan kontras yang sangat baik. Dilihat dari sudut hingga 178 derajat pun kualitasnya tidak nampak berkurang.

Kami mencoba untuk memutar beberapa video 4K. Hasilnya sesuai harapan dengan visual yang tajam dan memanjakan mata. Laptop ini juga mampu memutar video 4K dengan lancar dan tanpa kendala. Tidak hanya video, kualitas visualnya juga amat baik saat menampilkan foto dengan detail dan tajam. Cocok bagi Anda yang sering melakukan editing foto.
Asus N501J (7)Urusan audio didukung ICEpower dengan teknologi dari Bang & Olufsen. Kualitas suara yang dihasilkan cukup lantang dan bertenaga. Vokal terasa lebih jernih dan tidak pecah meski Anda mengaturnya ke volume tertinggi.

Dengan dua hal tersebut, segala keperluan Anda khususnya yang berhubungan dengan multimedia akan terfasilitasi dengan baik.

Performa mantap

Sebagai laptop yang ditujukan untuk multimedia, Asus ZenBook Pro N501J dibekali hardware yang mumpuni. Kombinasi Intel Core i7-4720HQ @ 2.6 GHz, Nvidia GeForce GTX 960M, dan RAM 8GB bisa diandalkan untuk menjalankan beragam aplikasi yang butuh tenaga besar, seperti menonton video hingga resolusi 4K, penyuntingan video maupun foto, dan render 3D.

Apalagi dengan bekal SSD 128GB, semua proses terasa lebih cepat. Kapasitas 128GB terlalu kecil? Jangan khawatir. Asus juga menyediakan HDD 1TB untuk menampung berbagai file Anda.

Ketersediaan GTX 960M juga memungkinkan Anda untuk bermain game-game terkini di Asus ZenBook Pro N501J. Kami pun tertarik untuk mencoba menjalankan Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Di resolusi 4K dengan setting low, Asus N501J hanya mampu memberikan frame rate rata-rata sekitar 18 hingga 22 fps. Kurang nyaman untuk dimainkan. Meski layarnya sudah 4K, dapur pacu di dalamnya belum mampu untuk memfasilitasi gaming di resolusi 4K. Namun ketika menggunakan resolusi 1920×1080 di setting high, game ini berjalan lebih mulus dengan 40an fps.

Untuk lebih memberi gambaran bagaimana performa dari laptop ini, berikut hasil dari beberapa benchmark yang kami jalankan:

Daya tahan baterai lumayan

Sebagai sebuah perangkat yang portable, tentunya daya tahan baterai harus selalu menjadi sorotan. Asus ZenBook Pro N501J memiliki baterai yang tergolong lumayan. Penggunaan aktif seperti browsing, mengetik, dan diiringi dengan sesekali memutar video mampu membuat baterai bertahan sekitar 5 sampai 6 jam.

Sementara ketika digunakan untuk bermain game, Asus ZenBook Pro N501J mampu menyala hingga 2 jam.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Asus ZenBook Pro N501J memang terlihat cukup menggiurkan. Kombinasi desain yang menawan, layar 4K, serta performa yang bertenaga berpotensi membuat siapapun tertarik, termasuk gamer sekalipun walaupun laptop ini tidak akan dapat memainkan game di setting paling tinggi (apalagi di resolusi 4K).

Asus ZenBook Pro N501J dipasarkan di harga 19 juta rupiah. Angka yang cukup tinggi, tapi cukup sebanding jika mempertimbangkan layarnya yang sudah 4K. Bagi Anda yang mencari laptop multimedia dengan kemampuan gaming lumayan dan layar besar, Asus ZenBook Pro N501J layak dipertimbangkan.

Yang Canggih:
+ Performa tinggi cocok untuk multimedia dan gaming
+ Desain elegan dan cukup ramping
+ Layar IPS 4K yang memanjakan mata
+ Keyboard nyaman untuk mengetik berjam-jam
+ Kualitas audio amat baik

Yang Kurang:
– Lampu backlit keyboard kurang kontras dan justru membuat label pada tombol tidak enak dilihat
– Harga relatif premium

Back to top button