Quantcast
Audio VideoEars In HeavenMobile GadgetReview

Review Bowers & Wilkins P5 Wireless

Lini Headphone Bowers & Wilkins memang tidak sebanyak kompetitornya. Tercatat, ada 3 varian headphone yang dimiliki brand audio legendaris ini. Diantaranya Bowers & Wilkins P3, P5, dan P7. Yang terbaru adalah Bowers & Wilkins P5 Wireless, varian headphone perdananya yang mengusung koneksi Bluetooth.

Ringan dengan Material Premium
Dari wujudnya, Bowers & Wilkins P5 Wireless terlihat identik dengan Bowers & Wilkins P5 yang sudah memasuki generasi keduanya. Desainnya yang tampil modern dan minimalis terasa sangat kokoh. Aura premiumnya pun sangat kental berkat material alumunium dan kulit asli yang digunakannya.

Bowers-Wilkins-P5-1

Perlu dicatat bagian earpad maupun headbandnya tidak bisa dilipat. Earpadnya hanya bisa diputar sedikit menghadap ke depan. Semua tombol navigasinya ditempatkan di earpad bagian kanan. Terdapat 3 tombol navigasi di sini yaitu tombol start/pause, tombol volume – dan tombol volume +.

Bergeser sedikit kebawah terdapat tombol power dan port micro USB untuk isi ulang baterainya yang diklaim bisa bertahan hingga 17 jam. Semua tombol yang dimilikinya ini cukup nyaman saat ditekan. Penempatan tombol-tombol tersebut juga sangat baik dan cukup mudah untuk dijangkau.

Di bagian kiri earpad tidak ditemukan satu pun tombol. Namun, saat busa earpadnya yang cukup tebal dan berlapis kulit ini dilepas dapat ditemukan sebuah port untuk menancapkan kabel. Patut diakui ide desainnya ini amat inovatif, dengan demikian tampilannya bisa terlihat tetap rapih meski menggunakan kabel saat mendengarkan musik.

Sangat nyaman digunakan
Dengan menganut gaya on-ear, headphone ini ternyata tetap sangat nyaman saat terpasang di kepala. Digunakan dalam jangka waktu lama juga tidak membuat leher terasa pegal. Hanya saja ada sedikit rasa hangat ditelinga saat mendengarkannya terlalu lama.

Kendati demikian, secara keseluruhan patut diakui tidak banyak headphone on-ear yang mampu memberikan sensasi nyaman seperti yang ditawarkan Bowers & Wilkins P5 Wireless. Apalagi, busa earpadnya yang cukup tebal dan dilapisi kulit ini juga terbukti mampu menangkal suara bising dari luar dan memberikan isolasi suara yang cukup baik.

Suara merdu ideal untuk beragam genre musik
Untuk menguji kualitas suaranya, Bowers & Wilkins P5 Wireless saya hubungkan ke Samsung Galaxy S6 Edge Plus. Dari semua lagu yang saya putar, kualitas suaranya sangat impresif dan tidak perlu lagi diragukan.

Bowers-Wilkins-P5-3

Dengan mengandalkan driver suara berukuran 40mm, headphone ini mampu menghasilkan suara yang terasa natural, detil sekaligus bertenaga. Saat memutar musik Audiophile dengan format FLAC dari Diana Krall yang berjudul Boulevard of Broken Dreams dari album All for You, di musik bertempo lambat ini semua separasi alat musik yang tersaji bisa terdengar telinga dengan sangat detil dan sempurna. Pun demikian saat lagu beralih ke lagu Hit That Jive Jack yang bertempo cepat, suara vokal Diana krall dan penyanyi latar serta alunan suara piano dan gitar yang menjadi pengiring lagu di sepanjang lagu ini bisa tersaji dengan amat baik.

Pengujian selanjutnya dengan lagu Last Dance dari band One OK Rock. Lagi-lagi headphone ini mampu menghasilkan suara yang sangat baik. Suara teriakan sang vokalis dan cabikan gitar yang mewarnai sepanjang lagu dapat terdengar dengan sangat nyaman di telinga dan nyaris tanpa distorsi. Untuk musik kekinian, Bowers & Wilkins P5 Wireless juga sangat bisa diandalkan. Saat memutar lagu Locked Away dari R.City Ft. Adam Levine, headphone ini berhasil memesona saya dengan kemampuannya menghasilkan suara yang seimbang namun tetap dengan gebukan suara bass yang sangat terasa bertenaga.

Kesimpulan
Tidak ada yang perlu diragukan dari headphone ini. Nyaman digunakan, material premium dan kualitas suaranya yang sangat detil dan bertenaga membuat Bowers & Wilkins P5 Wireless ideal untuk beragam jenis musik. Dengan harganya yang menyentuh angka 7 juta rupiah, headphone ini memang menyasar segmen premium. Kendati demikian, bagi Anda yang tidak keberatan dengan harganya dan ingin memiliki headphone wireless berdesain mewah dengan kualitas suara yang sangat baik, Bowers & Wilkins P5 Wireless adalah pilihan yang tepat.

Yang Canggih
+ Kualitas suara sangat baik
+ Desain premium dengan rancangan yang sangat kokoh
+ Nyaman digunakan untuk waktu yang lama
+ Baterai tahan lama

Yang Kurang
– Harga relatif mahal
– Tidak bisa dilipat

Back to top button