Quantcast
Home GadgetNewsVisual

[CES 2016] Tipron: Robot Proyektor yang Terkoneksi Internet

Pada ajang CES 2016 di Las Vegas, tidak hanya produk-produk seperti gadget, notebook, dan perangkat audio-video, robot juga menjadi hal yang sangat menarik untuk dipamerkan. Salah satunya adalah Tipron, robot buatan developer dan creator untuk produk consumer electronic yang terkoneksi internet, Cerevo.Cerevo TipronMenurut penjelasan Cerevo, Tipron adalah robot terkoneksi internet yang dilengkapi dengan proyektor. Robot ini dapat memproyeksikan gambar dengan ukuran hingga sekitar 80 inci dari jarak 3 meter. Nantinya pengguna bisa mengatur ketinggian dan sudutnya sesuai keinginan. Selain itu, Tipron juga bisa berubah bentuk menjadi ukuran yang lebih compact ketika tidak sedang digunakan.

Gambar dan video yang diproyeksikan bisa diatur serta disesuaikan, dan dengan fitur keystone correction, tak menjadi masalah jika pengguna memakai dinding atau langit-langit rumah untuk menampilkan konten. Dengan ketersediaan built-in speaker, pengguna tidak perlu lagi mencari speaker eksternal atau tambahan alat apapun untuk menikmati konten yang ditampilkan.

Tipron juga bisa digunakan untuk menampilkan konten dari PC, konsol game, Blu-Ray, dan sumber lainnya jika disambungkan dengan HDMI. Perangkat-perangkat wireless streaming seperti Chromecast pun juga kompatibel dengan Tipron.Cerevo Tipron 2Satu fitur menarik lainnya adalah robot ini dapat berjalan secara otomatis ke tempat tertentu dan kembali ke charging station juga secara otomatis ketika baterai akan habis. Pengguna pun bisa menggunakan aplikasi di smartphone untuk memerintahkannya ke lokasi tertentu dan mengatur waktunya. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai remote control dan pengguna bisa melihat video yang diambil Tipron secara live lewat smartphone.

Terakhir, robot yang dibanderol di kisaran US$1,000 hingga US$2,000 tersebut memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan hashtag tertentu di Twitter agar Tipron dapat menampilkan berbagai informasi terkait hashtag tersebut. Contohnya, dengan hashtag yang berhubungan dengan pertandingan olahraga, Tipron secara otomatis akan menampilkan semua kicauan yang terkait ketika pertandingan tersebut dimulai.

[table]Spesifikasi;Tipron
Dimensi;w300mm x d340mm x h400mm (compact mode), w300mm x d330mm x h800mm (after transforming)
Display size;80 inch (jarak 3 meter)
Resolusi maksimal;1280 x 720
Projector brightness; 250 lm
Image adjustment;Keystone correction, auto focus
Projector range of movement;Up/down (pitch axis) -65/+90 degrees, left/right (yaw axis) ±90 degrees, rotation (roll axis) ±90 degrees
Speaker;Monaural
Image Input; HDMI (HDCP compatible)
Connection Terminal;USB (charging)
WiFi;IEEE 802.11b/g/n
Equipped Sensors;IR distance camera, ultrasonic obstacle sensor, video/still camera (5MP)
Battery;3000 mAh
Supported OS for App;Android
[/table]
Back to top button