Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy S6 Edge+

Dengan mempertahankan ciri khas layar lengkung, samsung kini menghadirkan Samsung Galaxy S6 Edge+ untuk penggemar Galaxy S6 Edge yang mengidamkan layar lebih besar. Apa saja yang membuatnya berbeda dengan Samsung Galaxy S6 Edge? Berikut ulasannya.

Layar Lebih Besar
Samsung galaxy S6Edgeplus-2
Desainnya yang masih sama dengan Samsung Galaxy S6 Edge ini hanya terlihat berbeda di dimensi layar yang lebih besar menjadi 5.7 inci. Resolusi layarnya juga tidak mendapat sentuhan peningkatan. Kendati demikian, dengan resolusi layar 1440 x 2560 pixel dan teknologi layar Super AMOLED yang diusungnya semua tampilan dapat tersaji dengan jelas dan tajam dengan kontras warna yang amat baik.

Desainnya secara keseluruhan dari segi estetis patut diakui terlihat amat mewah dan menawan. Namun, cukup disayangkan ukuran layarnya yang diperbesar dan desain layar lengkung di dua sisinya berimbas pada kenyamanan saat mengenggamnya.

Samsung galaxy S6Edgeplus-1

Bodinya juga terasa agak licin dengan material kaca dibelakangnya. Meski bodi belakangnya telah diperkuat lapisan Gorilla Glass 4, bodi belakangnya ini sangat mudah sekali kotor karena sangat mudah meninggalkan jejak sidik jari. Jadi Anda harus cukup sering membersihkannya agar tampilannya tetap menawan.

Seperti S6 edge, layar lengkungnya ini dapat menampilkan 5 kontak terpilih dan notifikasinya dengan warna yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur layar lengkungnya untuk menampilkan update Twitter, RSS feed, missed call serta informasi waktu.

Fitur tetap sama
Samsung galaxy S6Edgeplus- fingerprint
Fitur yang dimiliki S6 Edge juga masih dapat dijumpai di S6 Edge Plus. Sebut saja fitur pengaman dengan mengandalkan sidik jari, isi ulang baterai yang lebih cepat dan dukungan pengisian baterai secara Wireless. Dan yang terakhir, fitur favorit kami adalah Multi Windows yang memang terbukti sangat efektif di layarnya yang ekstra lega untuk membuka 2 aplikasi sekaligus dalam dua jendela.

Kinerja Prima
Mengimbangi desainnya yang menawan, Samsung melengkapi S6 Edge Plus dengan dapur pacu yang sangat bertenaga. Chip Exynos Octa Core 7420 berkecepatan 2.10GHz yang menjadi otaknya disokong oleh RAM yang kini telah ditingkatkan hingga menjadi 4GB. Alhasil, performanya terasa sangat gegas dan responsif. Semua aktivitas yang kami lakukan di smartphone ini dapat berjalan dengan mulus tanpa lag. Bermain game dengan visual grafis, berpindah aplikasi, menavigasi menu, menjelajah internet dengan membuka banyak tab, hingga menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dapat dijalankan dengan tanpa masalah. Berikut hasil benchmark Samsung Galaxy S6 Edge+

Kendalanya baru muncul saat kami menggunakannya browsing atau bermain game dalam waktu yang lama. Bagian belakangnya akan terasa hangat dan kurang nyaman untuk digenggam. Kompromi lain, guna mempertahankan keapikan desain bodinya Anda pun harus pintar berhemat dengan memori internalnya yang hanya 32GB atau 64GB tanpa ada dukungan slot kartu microSD.

Kamera Superior
Samsung galaxy S6Edgeplus-6
Jika Anda penggiat fotografi smartphone, S6 Edge Plus nampaknya boleh menjadi senjata Anda untuk digunakan sehari-hari. Pasalnya, kinerja kameranya memang patut diacungi jempol dengan kualitas gambar yang amat baik dan kinerja yang sangat responsif.

Memotret dengan S6 Edge Plus sangat menyenangkan dengan kemampuannya mencari dan mengunci fokus yang amat cepat dan shutter lag yang sangat minim. Apalagi, fitur HDR di smartphone ini juga sangat cepat dan tidak perlu waktu ekstra untuk menunggu pengolahan gambarnya.

Di kondisi minim cahaya pun, foto yang dihasilkan tetap bisa diandalkan dengan kendali noise yang amat baik. Ini tentunya juga disokong oleh lensanya yang menawarkan bukaan diafragma hingga F/1.9. Dengan bukaan diafragma maksimum yang lebih besar secara otomatis cahaya yang masuk bisa lebih banyak sehingga saat memotret di kondisi yang minim cahaya pengaturan ISO bisa terhindar ke ISO tinggi yang rawan dengan penampakan noise sehingga foto yang dihasilkan masih bisa tetap terlihat cukup tajam dan detil.

Kamera depannya juga amat mumpuni menghasilkan foto selfie. Dengan dukungan mode Beauty Anda bisa menghasilkan foto dengan efek wajah yang lebih halus secara otomatis dan tersedia mode wide selfie yang bisa dimanfaatkan untuk foto beramai-ramai dengan kamera depannya.

Hadirnya dukungan mode pemotretan dalam format RAW dan Mode Pro yang kini ditambahkan di opsi pengaturan kamera, juga semakin menegaskan Samsung Galaxy S6 Edge Plus memang sanggup memenuhi kebutuhan para penggemar fotografi. Berikut hasil foto Samsung Galaxy S6 Edge+ tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto yang lain bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com

Baterai Tahan Lama
Menunjang performanya yang tinggi, Samsung membekali Samsung Galaxy S6 Edge Plus dengan baterai yang kapasitasnya 3000mAh. Kapasitasnya ini meningkat dari Samsung Galaxy S6 Edge yang hanya 2600mAh. Untuk penggunaan sehari-hari yang sangat moderat baterainya bisa bertahan hingga sekitar 16 jam. Sangat ideal untuk Anda yang sering berkerja di luar ruangan dan tidak ingin repot membawa powerbank.

Kesimpulan
Tidak banyak yang berbeda antara Samsung Galaxy S6 Edge dengan versi jumbonya ini. Namun, dengan mempertimbangkan estetika desain layar lengkungnya yang inovatif, ukuran layar yang lebih besar, performa yang juara, sederetan fitur premium dan daya tahan baterai yang impresif, smartphone ini layak dilirik oleh para pecinta phablet yang berkocek tebal dan suka tampil beda.

Yang canggih:
+ Performa kencang
+ Fitur fotografi lengkap
+ Kualitas layar amat baik
+ Kualitas hasil foto sangat baik

Yang kurang:
– Tidak ada slot microSD
– Bodi belakang mudah sekali kotor

Satu komentar

Back to top button