Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Wiko Highway Star 4G

Sekarang adalah eranya 4G. Hampir semua vendor ponsel berlomba-lomba merilis ponsel pintar dengan konektivitas LTE ini, termasuk Wiko, perusahaan asal Prancis yang meluncurkan Wiko Highway Star 4G, sebuah ponsel pintar Android berbalut metal dengan harga Rp. 4,5 juta. Dibanderol cukup mahal, apakah Highway Star 4G bisa memenuhi ekspektasi para pengguna ponsel pintar di tanah air?

Desain manis, bahan mewah

Menggenggam Star 4G, Anda akan merasakan bahwa material yang membalut ponsel ini bukan sembarangan. Highway Star 4G dibalut sasis aluminium yang membungkus keseluruhan ponsel ini, kecuali di bagian depan.

DSCF1355

Saat digenggam, ponsel ini terasa kokoh. Ponsel ini juga menyerap dingin, terutama jika digunakan di ruangan dengan AC. Saat digunakan, ponsel langsung terasa hangat, meskipun tidak mengganggu kenyamanan pemakaian.

Bagian samping ponsel dibuat agak melengkung, untuk disesuaikan dengan kontur tangan manusia. Dimensi Highway Star sendiri relatif ringan (123 gram) dan tipis (6,6 mm) sehingga tetap nyaman saat digenggam. Tombol pengaturan volume maupun tombol daya juga memberikan respons yang baik saat ditekan.

DSCF1366a

Finishing-nya sangat rapi, khas ponsel-ponsel premium dari brand yang lebih populer. Tidak ada celah, atau apapun yang mengganggu penglihatan saat memandang ponsel unibodi ini.

Ponsel ini telah mendukung dua SIM, dengan kedua slot di sisi kanan ponsel. Slot kedua juga berperan ganda sebagai slot Micro SD. Jadi Anda hanya dapat menggunakan satu kartu SIM jika menggunakan Micro SD.

Singkat kata, jika dilihat dari desain dan material semata, ponsel ini tidak kalah dari ponsel sekelasnya, atau yang lebih mahal sekalipun. Selain mewah, desainnya juga ergonomis dan nyaman digenggam.

DSCF1354

Mengandalkan layar AMOLED

Layar Highway Star 4G menggunakan AMOLED, seperti yang digunakan pada ponsel-ponsel Samsung Galaxy kelas atas. Namun resolusi layarnya masih terbatas HD atau 1280 x 720 piksel. dengan kerapatan pixel yang mencapai 294ppi, ketajamannya cukup baik, walaupun akan terlihat beberapa pixel yang kurang tajam jika Anda membaca teks atau melihat foto dari jarak dekat.

Kualitas tampilan layarnya sendiri termasuk amat baik, seperti layaknya layar AMOLED. Sesuai ciri khas layar AMOLED, saat harus memproduksi warna hitam, artinya di bagian tersebut layar mati. Akibatnya, tingkat kontrasnya terlihat sangat tinggi, sehingga warna di layar juga terlihat sangat matang. Walaupun begitu, warna merupakan selera pribadi.

Dari segi ketahanan, layar ponsel ini menggunakan lapisan Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan terhadap benturan dan goresan. Respon layar terhadap sentuhan juga amat baik dan mulus, selayaknya ponsel premium.

DSCF1357

Antarmuka ringan, performa maksimal

Antar muka Wiko Highway Star 4G mengadopsi rancangan yang penuh warna tapi tetap minimalis. Lockscreen menggunakan fitur Knock On, sehingga untuk menyalakan layar dalam kondisi mati cukup mengetuk dua kali pada layar. Menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop, tirai notifikasi terdiri dari dua langkah untuk menggulungnya ke bawah secara penuh. Homescreen-nya sendiri satu tingkat saja, seperti pada iPhone atau MIUI.

Seperti ponsel Wiko lainnya, ada fitur Smart Gesture di ponsel ini, untuk melakukan unlock layar, mendiamkan ponsel saat ada panggilan masuk, gestur menjawab ponsel dan sebagainya. Semuanya dijelaskan di bagian ‘Learn About Gesture’ untuk Anda yang ingin mempelajarinya.

Selain gestur, tidak banyak fitur-fitur gimmick ataupun efek-efek aneh pada antar muka ponsel ini. Ini menjadi sebuah keuntungan, performa ponsel ini terasa sangat smooth. Sepanjang kami gunakan, jarang sekali terjadi lag pada antarmuka.

Salah satu faktor pendukungnya, selain RAM sebesar 2GB, mungkin adalah resolusi layar yang hanya 1280 x 720 piksel. Dengan demikian, prosesor Mediatek MT6752M 64 octacore 1,5GHz dan pengolah grafik Mali-T760 di dalamnya lebih enteng dalam bekerja dibandingkan di ponsel berlayar Full HD 1920 x 1080 piksel.

Seperti ponsel dengan Mediatek octacore lainnya, ada fitur ClearMotion pada ponsel ini, yang membuat pemutaran video menjadi sangat halus. Fitur ini menginterpolasi pada framerate video, sehingga video dengan framerate 24 fps terlihat smooth seperti video 48 atau 60 fps. Motion blur pada video akan diminimalisir oleh fitur ini. Untuk Anda yang terbiasa menonton film bioskop (24 fps), mungkin akan terasa aneh seakan obyek pada video bergerak cepat, namun fitur ini bisa dimatikan.

Untuk hasil benchmark Antutu, Wiko Highway Star 4G mendapatkan angka 42.241 poin, sementara dari Quadrant Standard angkanya 21.328 poin. Dari GeekBench 3, untuk pengujian single-core hasilnya 728 poin, sementara untuk multi-core 3.288 poin. Benchmark pengolahan grafik NenaMark 2 memberi angka yang cukup tinggi 60,1 frame per detik. Untuk multitouch, Rainbow bisa menerima hingga 10 sentuhan sekaligus.

Kamera dengan pengaturan lengkap

Di balik desainnya yang mewah, tak disangka Wiko menyematkan pengaturan yang lengkap untuk kamera Highway Star 4G. Dengan berpindah ke mode “Professional”, Anda bisa mengeksplorasi kamera 13 megapiksel ini.

Letak fokus dan letak eksposur diarahkan dapat dibedakan sehingga Anda bisa lebih kreatif, misalkan membuat foto siluet. Selain itu ada pengaturan White Balance, Shutter Speed, ISO, ketajaman, tingkat kecerahan dan saturasi warna.

Pengaturan shutter speed terbatas pada pengaturan shutter speed lambat saja, mulai dari 1/4 detik hingga 8 detik. Tentunya dengan shutter speed lambat Anda akan membutuhkan tripod agar hasil foto tidak berbayang. Jika ingin lebih cepat dari 1/4 detik, Anda harus menyerahkan pada mode Auto.

Selain mode Professional, ada juga mode Panorama, Face Beauty, Sports, HDR, Night Shot dan Slow Motion (Video). Mode yang disebutkan terakhir memungkinkan perekaman video gerak lambat seperti iPhone, namun resolusi turun menjadi 640 x 480 piksel. Adapun resolusi maksimal adalah 1920 x 1080 piksel.

Performa kamera saat mengambil foto dan menyimpannya sangat cepat, nyaris tidak ada jeda (shutter lag). Kecuali untuk mode HDR, memang ada waktu yang diperlukan saat menyimpan foto. Fitur lainnya adalah touch shutter, smile shutter, hand shutter (dengan gestur dua jari), shutter sound, GPS, resolusi dan timer.

Hasil kamera cukup memuaskan untuk kondisi pencahayaan yang cukup. Tajam dan jernih, dengan warna yang menarik hati untuk ukuran kamera ponsel. Di kondisi dalam ruangan, hasilnya tetap baik dengan detail yang cukup berkat pengurang noise (noise reduction) yang tidak terlalu agresif. Jadi walaupun noise terlihat jelas, setidaknya hasil foto tidak seperti lukisan cat air.

Hasil foto dalam mode HDR juga bagus dan tidak berlebihan. Baik detail shadow maupun highlight dapat terangkat dengan halus sehingga menghasilkan foto dengan pencahayaan merata tanpa warna yang aneh. Secara keseluruhan hasil kameranya lumayan bagus dan cukup untuk keperluan sehari-hari bagi kebanyakan orang.

Berikut hasil foto Wiko Highway Star 4G tanpa penyuntingan apa pun. Untuk hasil lengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Performa baterai satu harian

Dengan spesifikasi yang dibawanya, kapasitas baterai Wiko Highway 4G termasuk sedang, 2450 mAh. Untuk kondisi pemakaian standar seperti sesekali chatting, browsing, menggunakan kamera dan main game sederhana, baterainya mampu bertahan hingga sekitar 10 jam.

Kesimpulan

Desain yang mewah dan kamera yang mumpuni menjadi daya tarik Wiko Highway Star 4G untuk menggaet konsumen. Dipadukan dengan layar dan spesifikasi yang baik, ponsel ini memang menarik.

Jika dinilai dari harga jualnya yang mencapai Rp4.499.000, Wiko masuk ke jajaran ponsel kelas atas yang dihuni banyak merek global yang lebih mapan. Bahkan jika dilihat dari sisi spesifikasi, Highway Star juga bukan yang terunggul. Tapi jika mencermati desain mewah dan kemampuan kameranya, Wiko Highway Star layak dilirik Anda yang membutuhkan smartphone dengan performa mulsu, desain berkelas dan hasil foto yang baik.

Yang Canggih:

+ Desain elegan dengan bahan mewah
+ Performa mulus
+ Pengaturan kamera lengkap
+ Hasil foto baik

Yang Kurang:
– Resolusi layar masih HD
– Harga relatif premium
– Kapasitas baterai agak kecil

[table]Spesifikasi;Wiko Highway Star 4G
Prosesor; Mediatek delapan inti 1,5GHz
GPU;Mali T760
Layar;5 inci HD (1280 x 720 pixel)
RAM;2GB
Memori;Internal 16GB, slot micro SD
Kamera;Belakang 13 megapiksel dengan autofokus dan LED flash, depan 5MP
Koneksi;4G LTE, GSM, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;2450 mAh
[/table]

 

Back to top button