Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo PHAB Plus

lenovo-phab-plus-newsstandSeiring dengan semakin meningkatnya kualitas konten dan aplikasi pada tablet dan smartphone, cukup banyak konsumen yang ingin menikmatinya di perangkat dengan layar besar. Konten seperti game atau video, misalnya, akan tampak lebih hidup ditayangkan di layar yang berukuran lebih besar.

Namun tentunya ukuran layar lebih besar juga membuat konsumen harus memilih antara membawa ponsel atau tablet. Untuk itu, Lenovo mengeluarkan PHAB Plus yang menggabungkan ponsel dan tablet dalam satu perangkat atau lazim disebut phablet.

Lebih besar dari phablet rata-rata
Jika phablet rata-rata mengusung layar berukuran kurang dari 6 inci, maka Lenovo PHAB Plus hadir dengan layar yang lebih besar yaitu 6,8 inci. Ini membuat ukuran layarnya hanya sedikit lebih kecil dari ukuran layar tablet yang rata-rata dimulai dari 7 inci.

Desainnya sendiri menyajikan bingkai layar yang relatif ramping dan bodi yang tipis, PHAB Plus tetap tampil langsing dan menawan. Lenovo memilih menggunakan bahan logam bernuansa silver dengan lengkungan bodi halus yang membuatnya nyaman saat digenggam. Sentuhan desainnya yang tergolong orisinil ini membuatnya tampil berbeda dengan phablet lain.

Walaupun begitu, untuk pengoperasian satu tangan, PHAB Plus masih terasa besar dan kurang praktis. Jika memang diperlukan, Anda dapat menggunakan Shrink Mode yang akan menciutkan layar PHAB Plus ke salah satu sisi sehingga tangan dapat menjangkau ujung layar dengan lebih mudah.

Layar tajam dan kaya warna
Tidak hanya lega, layarnya juga memiliki kualitas tampilan yang baik berkat resolusi Full HD yang dimilikinya. Dengan kerapatan pixel mencapai 326ppi, layar PHAB Plus mampu menampilkan beragam konten seperti teks, gambar, dan video dengan amat baik. Selain tajam, layarnya mampu mereproduksi warna dengan apik, membuatnya ideal untuk foto dan video.

Respon layar juga amat baik, dengan bezel atau bingkai yang tidak terlalu tipis sehingga tidak mudah tersentuh secara tidak sengaja.

Performa kompetitif di kelasnya
Guna menghadirkan pengalaman Android yang baik, Lenovo mengandalkan paduan prosesor quad-core, GPU Mali, serta RAM 2GB. Saat diuji dengan Antutu, PHAB Plus meraih skor 34 ribu. Tidak berbeda jauh dengan smartphone yang menggunakan spesifikasi serupa.

pc mark lenovo phab plusUntuk tugas mendasar seperti menavigasi menu, beralih antar aplikasi, serta menjalankan aplikasi yang standar, PHAB Plus dapat melakukannya dengan mulus. Tidak ada lag yang mengganggu sehingga pengalaman pengguna juga baik.

Lalu bagaimana saat mengujinya untuk memainkan game? Ternyata PHAB Plus juga tetap dapat diandalkan. Kami mengujinya dengan game seperti Injustice: Gods Among Us serta Need for Speed, dan PHAB Plus terbukti mampu menuntaskannya dengan baik. Kami juga tidak merasakan panas yang berlebih saat PHAB Plus digunakan secara cukup intensif, termasuk memotret.

lenovo-phab-plus-gaming

Secara keseluruhan, performa PHAB Plus tergolong gegas sehingga akan mampu memberikan kepuasan pemakaian bagi pengguna rata-rata. Walaupun sedikit ada lag, namun cukup minimal.

Performa suara yang diberikan speaker internalnya termasuk lantang dan jernih, dengan dukungan Dolby Atmos. Keunggulan fitur audionya tersebut baru akan terasa saat PHAB Plus dihubungkan ke headphone atau speaker yang baik.

Untuk ketahanan daya, baterai PHAB Plus yang berkapasitas 3500mAh ternyata mampu bertahan lumayan lama. Dengan pola pemakaian yang cukup rata-rata (mengakses jejaring sosial, membaca buku digital, browsing, serta bermain game dan memotret), baterainya mampu bertahan sekitar 12 jam.

Hasil foto prima
Dengan ukurannya yang besar, memotret dengan PHAB Plus menggunakan satu tangan agak merepotkan sehingga kami anjurkan Anda memakai dua tangan saat memotret. Walaupun begitu, PHAB Plus sebenarnya amat menyenangkan untuk digunakan memotret. Pasalnya, tersedia pilihan pengaturan yang cukup lengkap, mulai dari scene mode hingga pengaturan fotografi manual dan setting seperti HDR, Panorama, dan sebagainya.

Untuk hasil fotonya, kamera PHAB Plus mampu menghasilkan foto yang baik di kondisi cahaya ideal. Fotonya memiliki ketajaman yang cukup dengan warna yang baik, walaupun kualitas hasilnya akan lebih ditentukan dengan kestabilan tangan Anda saat memegang bodinya yang besar.

lenovo-phab-plus-photo-option

Sedangkan pada kondisi cahaya temaram, hasil foto PHAB Plus akan dinodai dengan noise yang mengurangi detail. Akurasi exposure juga sering menurun jika kontras cahaya terlalu ekstrem (terlalu gelap atau terlalu terang). Untungnya, Anda dapat menggunakan fitur HDR yang dapat menghasilkan foto dengan pencahayaan lebih baik. Hanya saja pastikan Anda memegang PHAB Plus dengan stabil mengingat fitur HDR membutuhkan sekitar 2-3 detik.

Dari pengujian, mode Auto cukup dapat diandalkan. Hasil foto dengan flash juga cukup baik, dengan catatan subyek foto harus berada di dalam jarak yang tepat.

Berikut hasil foto PHAB Plus tanpa proses penyuntingan. Untuk lengkapnya, kunjungi akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Lenovo memberikan pilihan yang menarik bagi konsumen yang membutuhkan phablet dengan ukuran layar di atas rata-rata. Ukuran layarnya tersebut memberikan tampilan yang lega dan membuatnya sedikit mudah dipegang satu tangan dibandingkan tablet 7 inci.

Yang menarik, dengan segala kelebihannya, PHAB Plus dijual di angka Rp3.499.000. Mempertimbangkan apa yang didapat, phablet ini merupakan penawaran yang amat baik. Mencermati racikan desain mewah, kualitas layar jempolan, performa kencang, serta hasil foto yang baik di kondisi cahaya ideal, Lenovo PHAB Plus layak direkomendasikan bagi pengguna Android yang membutuhkan perangkat tangguh dengan layar besar dan kamera baik.

Yang Canggih:
+ Desain relatif mewah untuk kelasnya
+ Performa amat baik
+ Hasil foto bagus di kondisi cahaya ideal
+ Sudah mendukung 4G
+ Kualitas suara baik
+ Harga kompetitif

Yang Kurang:
– Bodi gampang tergores
– Kurang nyaman dengan satu tangan
– Hasil foto kurang oke di kondisi minim cahaya

[table]Spesifikasi;Lenovo PHAB Plus
Chipset;Qualcomm Snapdragon 615
Prosesor;Octa-core 64-bit 1,5GHz
RAM;2GB LPDDR3
Memori;internal 32GB + slot microSD hingga 64GB (bergantian dengan kartu SIM)
Kartu SIM: Nano & Micro (slot dua bergantian dengan microSD)
Kamera;Utama 13 megapixel dengan dua flash LED, Depan 5 megapixel
Layar;6,8 inci Full HD (1920 x 1080 pixel), 326ppi
Baterai;3500mAh
Dimensi;188.6 mm x 96.6 mm x 7.6 mm
Bobot;229 gram
[/table]
Back to top button