Quantcast
CamcorderFoto & VideoKamera DSLRKamera MirrorlessKamera sakuSmart CameraTips

Tips: 5 Langkah Mudah Membuat Video Panorama 360°

Video 360 saat ini memang tengah populer dan mulai banyak diminati oleh para penggiat videografi. Ini karena video 360 mampu menyajikan visual yang lebih terasa nyata, apalagi dengan dukungan teknologi VR (Virtual Reality) video 360 bisa membuat seolah Anda berada di dalam video tersebut. Di Youtube pun konten video 360 saat ini sudah tersedia dan sangat mudah dijumpai. Lalu bagaimana cara membuat video 360? Simak tips berikut ini.

video 360-1

1. Pilih Perangkat yang tepat
gopro hero 4-1

Untuk menghasilkan sebuah video 360 ada banyak cara. Cara yang paling praktis Anda bisa membeli kamera yang memang langsung mendukung perekaman video 360 seperti misalnya Ricoh THETA S atau Kodak Pixpro SP360. Megingat kedua produk ini cukup sulit dijumpai di Indonesia, sebagai alternatif kamera yang paling populer untuk membuat video 360 adalah kamera aksi besutan GoPro. Setidaknya dibutuhkan 6 buah kamera GoPro saat membuat video 360. Pastikan gunakanlah kamera GoPro dengan jenis yang sama.

2. Siapkan Dudukan Kamera
freedom 360-1

Setelah memilih kamera GoPro tahapan selanjutnya adalah memilih dudukan kamera GoPro. Anda bisa memilih produk dudukan GoPro yang dikhususkan untuk video 360 seperti misalnya Freedom360 yang dibanderol dengan harga US$499.94 atau sekitar Rp6.800.000 atau 360 holder besutan 360Heros yang dibanderol mulai dari US$495 atau sekitar Rp6.700.000.

Alternatif yang lebih terjangkau dan mudah, Anda bisa membuat dudukan kamera GoPro dengan memanfaatkan teknologi 3D Printing. Untuk file rancangan dudukannya bisa di dapatkan di sini.

3. Pilih Tripod / Monopod yang kokoh dan Remote Wireless
manfrotto-1

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat membuat video 360 adalah pemilian tripod dan monopod. Pilihlah tripod yang kokoh agar kamera tidak terjatuh. Selain itu, Anda juga bisa membeli sebuah remote tambahan seperti GoPro Smart Remote yang bisa digunakan untuk menekan shutter 6 kamera GoPro Anda di waktu yang sama untuk memulai perekaman video.

4. Selalu Perhatikan Pengaturan Kamera
Setelah semua peralatan lengkap, sebelum melakukan perekaman ada beberapa pengaturan kamera yang harus diperhatikan. Pertama, pilihlah format perekaman 4:3. Kedua, hindari pengaturan ISO Limit di ISO 6400 mengingat di ISO tinggi akan muncul banyak noise dan mengurangi kualitas perekaman video. Ketiga, jangan menggunakan mode SuperView karena hasil video di perekaman mode ini tidak bisa digabungkan saat proses penyuntingan.

HERO4 camera control-1

Terakhir, pastikan semua pengaturan kamera harus sama. Diantaranya pengaturan resolusi, frame rate dan white balance. Selain itu, cukup disarankan untuk menggunakan mode Protune yang ada di kamera GoPro untuk lebih mempermudah saat proses penyuntingan.

5. Pilih Aplikasi Penyuntingan Video yang Tepat
kolor-1
Untuk menggabungkan seluruh hasil video dari 6 kamera GoPro diperlukan aplikasi penyuntingan video yang mendukung penyuntingan video 360. Ada 3 aplikasi yang umum digunakan saat ini. Seperti misalnya PT Gui, VideoStitch Studio dan yang paling populer Kolor Autopano Video.

Setelah memilih aplikasi yang cocok, Anda bisa langsung menyunting video dan menggabungkannya menjadi satu video 360, melakukan koreksi warna lalu kemudian hasil akhirnya bisa diunggah ke Youtube. Selamat Mencoba!

Back to top button