Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Infinix HOT 2 X510

Euforia smartphone murah dari Google di Indonesia, Android One, memang sudah berlalu. Namun, di penghujung tahun ini muncul smartphone Android One generasi kedua. Berbeda dengan generasi pertamanya yang diproduksi oleh Nexian, Evercoss dan Mito, generasi kedua Android One lahir dari pabrikan Infinix lewat produknya yang diberi label Infinix Hot 2 X510.

Layar lebih besar, tambah nyaman digunakan
Generasi kedua Android One datang dengan sejumlah pembaruan. Pertama, yang paling terlihat adalah dimensi. Infinix Hot 2 X510 datang dengan layar lebih besar yaitu 5 inci. Teknologi panel layar yang digunakan tetap IPS seperti Android One sebelumnya, alhasil tampilan warna di layarnya memang terlihat amat baik meski resolusi layarnya hanya 1280 x 720 pixel.

infinix hot 2 x510-2

Di bagian belakang, panel penutup baterainya bisa dilepas pasang dengan sangat mudah. Sayangnya, panel belakangnya yang hadir dengan permukaan glossy ini harus sering dibersihkan karena cepat kotor akibat menyerap jejak sidik jari. Di balik penutupnya ini bisa ditemukan baterai, 2 slot kartu SIM dan slot microSD yang bisa disisipkan kartu microSD hingga kapasitas 32GB.

infinix hot 2 x510-11

Dengan dimensi layar yang lebih besar secara keseluruhan smartphone ini sangat nyaman saat diggengam dan masih ideal untuk masuk ke dalam saku celana. Untuk tombolnya, tombol volume dan tombol power di tempatkan di samping kanan bodinya. Sementara di bagian atas terdapat port USB dan audio jack 3.5mm.

Performa dan daya tahan baterai Lumayan
Sebagai bagian dari proyek Android One, Infinix Hot 2 X510 datang dengan prosesor empat inti dari pabrikan MediaTek. Chipset yang digunakannya adalah MediaTek MT6580 yang berlari di kecepatan 1.3GHz. OS yang dijalankan pun tetap OS Lollipop 5.1.1 murni tanpa tambahan kustomisasi seperti generasi pertama Android One. Bedanya hanya di sektor RAM dan memori internal yang lebih besar.

Infinix Hot 2 X510 kini dibekali dengan RAM 2GB dan memori internal dengan kapasitas 16GB. Di atas kertas dengan RAM yang lebih besar tentu kinerjanya akan lebih baik dibandingkan dengan generasi pertama Android One yang punya RAM 1GB. Untuk hasil benchmarknya bisa dilihat berikut ini.

Pada prakteknya, selama menggunakan Infinix Hot 2 kami merasakan pengalaman yang tidak jauh berbeda dibandingkan menggunakan Android One generasi pertama yang hanya punya RAM 1GB. Untuk skenario penggunaan sehari-hari kinerja smartphone ini memang sudah cukup baik dan masih bisa diandalkan untuk kebutuhan multimedia seperti mendengarkan musik, menonton film hingga memainkan game yang cukup berat seperti misalnya Asphalt 8 yang bisa dijalankannya dengan cukup mulus.

Untuk Anda yang sering berada di luar ruangan, daya tahan baterainya yang berkapasitas 2200 mAh juga cukup bisa diandalkan dengan waktu guna hingga sekitar 9 jam untuk pemakaian chat dan push mail yang tidak terlalu moderat dan hanya menggunakan satu kartu SIM.

Kamera lebih baik
Di departemen kamera, Infinix Hot 2 kini datang dengan kamera belakang yang resolusinya 8 megapixel dan kamera depan 2 megapixel. Opsi mode pemotretan yang ditawarkan sangat standar diantaranya lens blur, camera dan video. Bahkan, mode foto photosphere dan panorama yang bisa kami jumpai di Android One generasi pertama tidak bisa kami temukan di sini.

Ini karena memang Infinix Hot 2 X510 tidak dilengkapi dengan sensor gyro seperti Android One generasi pertama. Selain itu, meski tetap ada beberapa kendala yang masih kami jumpai seperti misalnya kinerja autofokus yang terasa agak lambat dan kendali white balance yang tidak konsisten, setidaknya sensor kameranya masih sanggup menghasilkan foto yang lebih baik dibandingkan Android One generasi pertama dengan hasil yang cukup tajam. Berikut hasil foto Infinix Hot 2 X510 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto selengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
infinix hot 2 x510-1
Dengan performanya yang cukup memuaskan dan menjadi bagian proyek Android One dari Google memang menjadi nilai tambah tersendiri untuk Infinix Hot 2 X510. Setidaknya semua kualitasnya sesuai dengan standar Google dan untuk 2 tahun kedepan dari sisi OS Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam hanya untuk mencicipi OS Android terbaru dari Google. Di tengah tren 4G yang sedang melanda Indonesia, satu yang kurang dari smartphone ini memang absennya akses dukungan 4G LTE. Kendati demikian, Infinix Hot 2 X510 tetap layak menjadi pertimbangan untuk Anda yang mengicar smartphone Android terjangkau dengan performa yang memadai untuk harian.

Yang Canggih
+ Performa lumayan
+ Kualitas layar amat baik
+ Mendapat pembaruan OS Android terbaru
+ Baterai irit

Yang Kurang
– Belum 4G
– Fokus kamera agak lambat
– Auto White Balance (AWB) kamera tidak konsisten

[table]Spesifikasi; Infinix HOT 2 X510
SoC; MediaTek MT6580 1.3GHz
GPU; MALI 400
RAM; 2GB
Memori Internal; 16GB + slot microSD hingga 32GB
Layar; IPS 5 inci (1280 x 720 pixel)
Kamera; Kamera utama 8 megapixel, autofokus, LED flash, Kamera depan 2 megapixel
Baterai; 2200mAh
OS; Android 5.1.1 Lollipop
Dimensi; 154 x 71.86 x 88mm
Harga; Rp1.299.000
[/table]
Back to top button