Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Lenovo YOGA 300

Lenovo kini mencoba lebih dekat ke konsumen dengan laptop multimode, Lenovo YOGA, yang menjadi andalannya. Caranya yang ditempuh adalah dengan merilis varian Lenovo YOGA yang paling ramah di kantong yaitu Lenovo YOGA 300.

Desain mungil
Tidak seperti saudaranya Lenovo YOGA 3 dan Lenovo YOGA 3 Pro, Lenovo YOGA 300 datang dengan dimensi yang lebih kecil. Desainnya sendiri cukup cantik dengan ketebalan dan bobot yang tidak akan membuat pundak Anda lelah saat membawanya berpergian. Bobotnya ini hanya sekitar 1.39Kg.

Lenovo YOGA 300-1

Laptop ini hadir dengan layar sentuh 11.6 inci yang resolusinya HD 1366 x 768 pixel. Kualitas panel layarnya juga tidak bisa dibandingkan seperti YOGA 3 atau YOGA 3 Pro yang menggunakan panel layar IPS. Tampilan di layar YOGA 300 terlihat agak buram dan terjadi penurunan kualitas tampilan saat dilihat dari berbagai sudut. Kendati demikian, layarnya tetap mampu merespon sentuhan jari dengan amat baik dan cukup memadai untuk digunakan mengetik, browsing atau sekedar menonton koleksi film.

Lenovo YOGA 300-2

Di bawah layarnya, keyboard dan touchpad mouse yang melengkapinya hadir dengan dimensi yang relatif besar. Sayangnya, tombol keyboardnya ini nyaris rata dengan bodi sehingga kurang nyaman jika digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama.

Lenovo YOGA 300-3

Seperti keluarga YOGA lain, YOGA 300 tetap bisa digunakan dalam 4 mode penggunaan. Engselnya yang fleksibel juga terasa kokoh. Nyaris kami tidak menemukan masalah saat mengubahnya ke mode tablet, laptop, stand atau mode tent.

Dengan ketebalan sekitar 21.8mm di bodinya sanggup memuat sejumlah port konektivitas yang cukup lengkap. Di era USB 3.0 seperti sekarang ini cukup disayangkan YOGA 300 hanya dilengkapi satu port USB 3.0. Sisanya, Anda bisa menemukan 2 port USB 2.0, port HDMI, card reader, jack audio dan port RJ-45 yang masing-masing ditempatkan di bagian kiri dan kanan bodinya.

Lenovo Harmony

lenovo-harmony-1
Untuk mempermudah pengguna menggunakan Lenovo YOGA 300, Lenovo juga memperkenalkan satu fitur bernama Lenovo Harmony. Fitur ini bisa menyesuaikan pengaturan YOGA 300 dan akan merekomendasikan pengguna aplikasi apa saja yang sesuai dengan mode penggunaan yang dipilih. Selain itu, Lenovo Harmony juga akan memberikan data statistik yang berisi informasi bagaimana cara pengguna menggunakan laptop ini.

Performa Lumayan
Lenovo YOGA 300 diotaki dengan prosesor Intel Celeron N2840, RAM 4GB dan langsung menjalankan OS Windows 8.1. Secara keseluruhan performanya sudah sangat memadai untuk beragam kebutuhan komputasi yang ringan seperti misalnya mengolah dokumen dan browsing sehari-hari. Saat digunakan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan atau browsing dengan banyak tab, performanya memang agak sedikit menurun namun tidak terlalu mengganggu. Untuk kapasitas ruang penyimpanannya sendiri cukup lega dengan tersedianya hard disk berkapasitas 500GB. Selain itu, untuk Anda yang gemar menikmati konten multimedia, Lenovo YOGA 300 juga punya performa suara yang cukup bertenaga berkat dukungan stereo speaker dan fitur Dolby home Theater.

Baterai cukup tangguh
Kinerjanya yang cukup oke ini pun diimbangi dengan konsumsi baterai yang relatif irit. Saat digunakan untuk mengetik saja dengan pengaturan gelap terang sekitar 70% tanpa terhubung ke WiFi, baterainya tersisa 65% dengan durasi pemakaian sekitar 3 setengah jam. Sudah cukup memadai untuk Anda yang bermobilitas tinggi dan sering berkerja di luar ruangan.

Kesimpulan
Lenovo YOGA 300-6
Lenovo YOGA 300 menjadi ajang pembuktian dari Lenovo bahwa lini laptop multimode miliknya kini bisa dinikmati siapa saja. Selain sebagai varian Lenovo YOGA yang paling terjangkau, laptop ini juga menjadi laptop YOGA yang paling kecil. Performanya sendiri cukup lumayan untuk beragam komputasi mendasar dengan daya tahan baterai yang cukup tangguh. Andai saja kualitas layarnya lebih baik dan Lenovo melengkapinya dengan ruang penyimpanan SSD, kami yakin laptop ini akan menarik banyak peminat yang punya mobilitas tinggi. Dengan paduan performa memadai, desain cantik & fungsional, serta harga relatif terjangkau, Lenovo YOGA 300 cocok menjadi pilihan bagi pelajar atau pekerja yang memiliki dana terbatas.

Yang Canggih
+ Kinerja lebih dari memadai untuk kebutuhan komputasi dasar seperti mengolah dokumen dan multimedia ringan
+ Ketahanan baterai tangguh
+ Bodi tipis dan ringan
+ Harga terjangkau untuk jajaran Yoga

Yang Kurang
– Hanya tersedia 1 port USB 3.0
– Keyboard kurang nyaman digunakan untuk mengetik dalam jangka waktu yang lama
– Layar kurang tajam dengan warna agak pudar

[table]Spesifikasi; Lenovo YOGA 300
Prosesor;Intel Celeron N2840 2.16GHz
RAM; 4GB
OS; Windows 8.1 64 bit
Ruang Penyimpanan; HDD 500GB
Layar; Layar sentuh 11.6 inci 1280 x 720 pixel
Konektivitas; 1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, HDMI-out, 4-in-1 card reader, Audio combo jack, RJ-45, WiFi, Bluetooth
Dimensi; 299 mm x 209 mm x 21.8mm
Bobot; 1.39Kg
Harga; Rp5.099.000
[/table]
Back to top button