Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo VIBESHOT

Diperkenalkan pertama kali di ajang MWC 2015 tahun ini, Lenovo VIBESHOT kini sudah resmi hadir di Indonesia. Smartphone yang dirancang khusus untuk penggemar fotografi mobile ini memberikan warna tersendiri di seluruh lini smartphone Lenovo berkat desainnya yang unik dan kemampuan kameranya yang lebih menjanjikan.

Desain Unik
Di Lenovo VIBESHOT, Lenovo terlihat mulai berani bereksperimen dengan kemasan desain. Patut diakui kemasan VIBESHOT memang tampil beda dengan smartphone kebanyakan. Bodi belakangnya dirancang dengan desain minimalis yang sekilas mirip dengan kamera saku. Sayangnya, seperti Samsung Galaxy S6 bodi belakangnya yang telah diperkuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass ini mudah sekali kotor akibat jejak jari. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan case tambahan yang bisa langsung didapatkan dalam paket penjualannya.

Lenovo VIBESHOT-2

Di bagian muka, VIBESHOT hadir dengan layar full HD berukuran 5 inci yang juga telah diperkuat dengan lapisan Gorilla Glass. Tampilan di layarnya pun terlihat tajam dengan reproduksi warna yang amat baik. Di bagian bawah layarnya Anda bisa menemukan 3 tombol soft button kapasitif.

Lenovo VIBESHOT-1

Dengan mengusung konsep unibodi, slot kartu SIM dan tombol yang dibawanya ditempatkan di samping kiri dan kanan bodi. Di bagian kiri bodi terdapat slot kartu SIM dan microSD, sementara di bagian kanan bodinya dapat dijumpai tombol volume, power, tombol shutter untuk kamera dan sebuah tombol untuk memilih mode kamera pro atau auto. Secara keseluruhan, bodinya yang hadir dengan rangka logam ini terasa sangat premium, kokoh dan nyaman digunakan.

Fitur Fotografi Lengkap
Kegiatan memotret dengan Lenovo VIBESHOT semakin dipermudah dengan sejumlah fitur yang ditawarkan oleh Lenovo. Pertama, smartphone ini telah dilengkapi dengan tombol shutter khusus untuk mengabadikan gambar. Dan yang kedua, adanya tombol untuk langsung memilih mode pemotretan AUTO atau PRO.

Lenovo-Vibe-shot-9 (1)

Pada prakteknya, kedua tombol ini terbukti berguna untuk mendukung aktivitas memotret. Dengan menekan tombol shutter kamera sebanyak 2x Anda bisa memanfaatkan fitur quick launch camera dan langsung mengaktifkan kamera. Tapi, sayangnya fitur ini masih kurang sempurna karena masih ada sedikit jeda dan harus menunggu sesaat hingga kamera siap untuk digunakan.

Tidak seperti smartphone Lenovo yang lain, VIBESHOT kini juga hadir dengan antarmuka menu pengaturan kamera baru. Di mode PRO kendali manual kamera kini semakin mudah dengan antarmuka yang lebih sederhana. Opsi pengaturan manualnya pun cukup lengkap meliputi pengaturan White Balance, fokus, kecepatan rana kamera, ISO, dan eksposur. Selain itu tersedia mode pengambilan gambar lain seperti misalnya panorama, Art Nightscape, Artistic HDR, Blur Background dan Wide Selfie. Tambahan lainnya, VIBESHOT juga memiliki fitur Smart Composition yang dapat memberitahu saat Anda telah mencapai komposisi foto yang pas.

Kamera Nyaris Sempurna
Lenovo VIBESHOT-6
Dari hasil pengujian kami, kemampuan kamera Lenovo VIBESHOT memang nyaris sempurna. Di kondisi pencahayaan yang cukup, kameranya yang mengandalkan sensor 16 megapixel ini telah mampu menghasilkan foto yang tajam dengan tingkat akurasi warna yang akurat. Kinerja autofokusnya yang mengusung teknologi autofocus infrared juga sangat cepat dan terbukti mampu mengunci fokus dengan tepat. Fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang dimilikinya juga mampu menjamin hasil bidikan yang minim blur akibat goyangan tangan.

Yang cukup disayangkan, masih ada beberapa kelemahan yang kami jumpai untuk fitur kameranya. Pertama adalah kendali noise yang agak sedikit berlebihan saat memotret di kondisi pencahayaan kurang ideal sehingga berimbas pada kualitas foto yang dihasilkan terlihat kurang detil dan tajam. Di kondisi pencahayaan tertentu pun kendali white balance VIBESHOT lebih memuaskan kami dengan pengaturan secara manual karena warna hasil foto bisa lebih akurat.

Berikut galeri hasil foto Lenovo VIBESHOT tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lainnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Performa Memadai
Smartphone ini telah menjalankan OS Android Lollipop 5.0 dengan antarmuka VIBE UI yang sederhana dan mudah digunakan. Dengan mengandalkan chipset Snapdragon 615 dan RAM 3GB, kinerja VIBESHOT sudah sangat memadai untuk keperluan sehari-hari.
Bermain game, browsing hingga eksis di media sosial bisa dilakukan dengan mulus tanpa masalah. Secara keseluruhan, kinerjanya sangat gegas dan jarang mengalami lag atau sendatan saat menjalankan beberapa program sekaligus atau berpindah-pindah aplikasi yang sedang dijalankan. Untuk daya tahannya, baterai VIBESHOT yang berkapasitas 3000mAh mampu digunakan hingga sekitar 8 jam untuk pemakaian normal.

Kesimpulan
Desain yang unik, performa mumpuni, kualitas hasil foto dan fitur fotografi yang handal di kondisi cahaya ideal menjadikan Lenovo VIBESHOT wajib dilirik untuk para penggemar fotografi mobile. Harganya yang di kisaran Rp4.999.000 pun cukup sepadan dengan fitur dan performanya yang ditawarkan.

Yang Canggih
+ Performa bertenaga
+ Fitur Kamera Lengkap
+ Desain unik dan premium
+ Hasil foto di pencahayaan ideal sangat baik

Yang kurang
– Kendali noise agak mengurangi detail pada foto
– AWB di kondisi pencahayaan tertentu kurang akurat
– Fitur quick launch camera agak lag
– Daya tahan baterai rata-rata

Satu komentar

Back to top button