Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Blackberry PRIV: Smartphone Blackberry Pertama Berbasis Android

Blackberry akhirnya secara resmi mengumumkan Blackberry PRIV, smartphone perdananya yang langsung menjalankan OS Android Lollipop 5.1.1.

blackberry-priv-1

Blackberry PRIV hadir dengan mengusung desain geser. Jadi jika layar digeser ke atas, akan bisa ditemukan sederet papan ketik bergaya QWERTY. Tampilan layarnya yang berukuran 5,4 inci pun sangat menjanjikan dengan layar AMOLED beresolusi 2560 x 1440 pixel, yang terlindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 4.

Di sektor performa, Blackberry PRIV diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 808 dengan dukungan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Untuk menambah ruang penyimpanannya tersedia slot microSD yang bisa menampung kartu microSD hingga kapasitas 2TB.

Kemampuan fotografinya disokong kamera belakang 18 megapixel dengan dukungan fitur OIS dan sistem fokus PDAF (Phase Detect Auto Focus) yang mampu menguci fokus dengan cepat. Sementara di bagian depan, Blackberry hanya membekalinya dengan kamera depan yang resolusinya 2 megapixel.

Tidak hanya sistem operasi Android Lollipop yang dijalankannya, Blackberry PRIV juga punya andalan lain yaitu dukungan teknologi sistem keamanan canggih yang bernama Blackberry DTEK. Teknologi ini merupakan hasil kerjasama perdana Google dan Blackberry untuk menghadirkan smartphone bersistem operasi Android yang lebih aman sehingga sangat ideal untuk mendukung bisnis atau penggunaan personal.

blackberry dtek-1

Dukungan teknologi pengaman ini bisa ditemukan langsung lewat aplikasi Blackberry DTEK yang ada di Blackberry PRIV. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mempermudah Anda mengatur dan melindungi data penting yang ada di dalam PRIV.

Aplikasi DTEK akan menginformasikan kepada pengguna aplikasi apa yang mengakses data personal Anda dan akan menampilkan secara keseluruhan status tingkat keamanan perangkat berdasarkan beberapa faktor. Diantaranya, seberapa aman kode password yang digunakan, pengaturan enkripsi dan aplikasi yang ada di dalam sistem. Bahkan, DTEK bisa merekomendasikan kepada pengguna bagaimana cara meningkatkan status sistem keamanan.

Dengan seluruh kecanggihannya tersebut, Blackberry PRIV dibanderol dengan harga US$699 atau sekitar Rp9.600.000. Belum ada info kapan Blackberry PRIV akan tersedia di
Indonesia.

[table]Spesifikasi; Blackberry Priv
SoC; Qualcomm 8992 dengan 64 bit Dual-core 1.8 GHz Cortex-A57 dan Quad-core 1.44 GHz CortexA53 (Snapdragon 808 Hexa-Core, 64 bit)
GPU; Adreno 418
RAM; 3GB
Memori internal; 32GB + MicroSD hingga 2TB
Layar; AMOLED 5.4 inci, 2560 x 1440 pixel, Corning Gorilla Glass 4
Kamera; Belakang 18 megapixel, depan 2 megapixel
OS; Android Lollipop 5.1.1 dengan dukungan Blackberry DTEK
Baterai; 3410 mAh
Dimensi; 147 x 77.2 x 9.4 mm
Bobot; 192 gram
[/table]

Satu komentar

Back to top button