Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review WIKO HIGHWAY PURE 4G

Sebagai pemain baru di dunia smartphone Indonesia, Wiko memang terlihat agresif menggelontorkan jagoan-jagoan smartphone miliknya. Salah satunya yang mampir ke meja redaksi kami adalah Wiko Highway Pure yang berhasil membuat kami terpesona.

Wiko highway main

Desain Super Tipis
Apa yang membuatnya sangat istimewa? Kemasan bodinya yang sangat langsing. Ketebalan bodinya ini hanya 5.1mm dan berhasil menjadi smartphone paling tipis di dunia. Walau begitu bodinya yang tipis dan ringan tetap terasa kokoh dan tidak ringkih. Menjaga tampilannya yang cantik, modul lensa dan flash kamera di bagian belakangnya dibuat rata dengan bodi, jadi tidak ada satupun elemen yang menonjol keluar di bagian belakangnya ini. Guna memperkuat bodinya, di bagian layar dan panel belakang bodinya telah diperkuat dengan lapisan Gorilla Glass 3.

Desainnya yang tipis harus dikompromi dengan hilangnya slot kartu microSD. Anda harus puas dengan memori internalnya yang hanya berkapasitas 16GB. Sebagai solusi, untuk mendapatkan ruang penyimpanan extra Anda masih bisa memanfaatkan ruang penyimpanan berbasis komputasi awan seperti Dropbox, Google Drive atau OneDrive.

wiko highway pure-3

Kendati demikian, Highway Pure masih sanggup memuat port audio jack untuk menancapkan headphone tanpa perlu menggunakan konverter tambahan yang bisa ditemukan di bagian bawah bodinya. Segaris dengan port audio jack ini dapat ditemukan port micro USB. Selain itu, Wiko Highway pure juga punya tombol fisik yang nyaman untuk ditekan. Di sisi kiri terdapat tombol pengaturan volume dan di sisi kanan terdapat tombol power.

Layar AMOLED yang tajam
wiko highway pure-1
Layarnya hadir dengan ukuran 4.8 inci yang beresolusi HD 1280 x 720 pixel. Tampilan dilayarnya juga terlihat amat baik berkat penggunaan panel layar AMOLED. Di bagian mukanya ini Anda tidak akan menemukan tombol soft button di bawah layar. Pasalnya untuk tombol back, home dan multitask semuanya tampil di dalam layar.

Performa Standar
Di balik desain bodinya yang tipis, Wiko melengkapi Highway Pure dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang sudah mendukung koneksi 4G dan punya RAM 2GB. Smartphone ini pun sudah mendapatkan update OS Lollipop 5.1 dari versi awalnya OS Android Kitkat dengan antarmukanya yang cukup sederhana.
Untuk penggunaan sehari-hari smartphone ini bisa diandalkan. Kendala lag atau tersendat cukup jarang kami jumpai. Secara keseluruhan performanya cukup memuaskan untuk beragam kebutuhan seperti push mail, browsing, chat dan sesekali bermain game. Berikut hasil benchmark dari Wiko Highway Pure 4G

Kamera cukup memuaskan
wiko highway pure-6
Bagi yang gemar memotret, Wiko melengkapi Highway pure dengan kamera belakang 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Performa kameranya juga memuaskan dengan hasil foto yang tajam dan cukup detil di kondisi pencahayaan yang cukup. Akurasi warnanya pun relatif akurat dan kinerja autofokusnya juga terasa cepat. Di kondisi temaram, bintik noise memang cukup menjadi masalah karena membuat hasil foto terlihat tidak lagi terlihat detil. Wiko Highway pure membawa hanya beberapa pilihan mode pemotretan. Diantaranya, Nigthshot, HDR, Face beauty dan panorama. Kendati demikian Wiko telah melengkapinya dengan mode profesional yang memungkinkan Anda untuk memotret dengan pengaturan kamera secara manual.
Berikut hasil foto dari Wiko Highway Pure 4G, selengkapnya bisa dilihat di akun FLICKR Resmi yangcanggih.com

Kapasitas baterai kecil
Dengan baterai 2000mAH, kapasitasnya memang tergolong kecil untuk ukuran smartphone ini. Kendati demikian dengan panel layar AMOLED yang terkenal irit daya dan chipset yang digunakannya dari pengujian kami untuk penggunaan sehari-hari baterainya ini tahan hingga sekitar 7 jam untuk pemakaian standar seperti chat via Whatsapp, push mail dan browsing.

Kesimpulan
Bodinya yang super tipis patut diakui hadir dengan rancangan desain yang sangat apik dan kokoh. Secara keseluruhan performanya memang tergolong standar, tapi ini cukup terbayar dengan tampilan premium dan bodi super tipisnya yang sangat memesona. Jika spesifikasi bukan prioritas utama Anda dalam memilih smartphone, Wiko Highway Pure layak dimiliki dan bisa ditebus dengan harga Rp3.999.000. Banderol harganya ini memang relatif tinggi, tapi perlu dicatat inilah smartphone 4G paling tipis yang ada hingga saat ini.

Yang Canggih
+ Bodi sangat tipis dan ringan
+ Hasil foto cukup memuaskan
+ Performa responsif
+ Mendukung 4G

Yang Kurang
– Kapasitas baterai kecil
– Harga relatif mahal untuk spesifikasinya
– Tidak ada slot microSD

Back to top button