Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo A7000 Special Edition (K3 Note)

Revolusi phablet atau ponsel layar lebar dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kinerja yang baik telah diperkenalkan Lenovo dengan A7000. Ponsel dengan layar 5,5 inci yang dijual di bawah 2 juta rupiah itu meraup sukses besar di Indonesia. Namun rupanya Lenovo belum puas dan mengeluarkan penerusnya dengan tambahan nama “Special Edition”. Seperti apa kehebatannya?

Desain tetap minimalis
Dari sisi fisik, tidak ada perubahan dari A7000. Bahkan saat diletakkan bersebelahan, keduanya tidak bisa dibedakan.

lenovo a7000 seBodinya tetap menggunakan bahan plastik dan finishing matte, dengan estetika desain yang minimalis. Ponsel ini juga tipis dan ringan sehingga mudah disimpan di saku celana. Tutup belakangnya memang cenderung mudah kotor dan menyerap bekas jari tangan, sehingga Anda harus sering menyekanya dengan kain. Walaupun terlihat biasa saja, ponsel ini nyaman digenggam dan tidak licin di tangan.

Secara keseluruhan, desain A7000 SE yang amat mirip dengan A7000 versi perdana ini memang tampil sederhana, tapi cukup ergonomis saat digunakan.

Peningkatan spesifikasi & performa
Faktor yang membuatnya spesial adalah peningkatan spesifikasi di berbagai sektor. Yang pertama akan ditemukan di layar. Walaupun tetap memiliki ukuran 5,5 inci seperti A7000, layar A7000 SE ini memiliki resolusi lebih baik yaitu 1920 x 1080 pixel.

Saat dicoba, tampilannya memang tajam dan jernih terutama saat menampilkan teks. Layarnya juga terang dengan kontras dan reproduksi warna yang baik sehingga amat nyaman saat digunakan memutar video. Yang menarik, Lenovo A7000 SE termasuk salah satu smartphone Android dengan layar Full HD paling terjangkau saat ini.

Peningkatan kedua, prosesornya kini memiliki clock speed lebih tinggi, yaitu 1,7GHz. Ini berarti prosesor sedikit lebih cepat dibandingkan prosesor Lenovo A7000 yang mentok di 1,5GHz. Hasil benchmark juga menunjukkan bahwa Lenovo A7000 SE meraih skor sedikit lebih tinggi dibandingkan pendahulunya yaitu 45 ribu berbanding 42 ribu.

lenovo a7000 special edition 2

Performa yang lebih gegas ini amat dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi (terutama game 3D) di layar Full HD yang menuntut performa lebih. Saat diuji untuk menjalankan berbagai aplikasi, Lenovo A7000 SE mampu melewatinya dengan mulus. Tugas mendasar seperti menavigasi menu dan beralih antar aplikasi juga dapat dilakoni dengan baik, berkat RAM 2GB yang dimilikinya.

Peningkatan lain terletak pada kapasitas memori internal. Lenovo A7000 SE kini telah mengemas memori internal 16GB, 2x lebih besar dibandingkan A7000. Jika kurang, ponsel ini juga dapat dihubungkan ke USB OTG. Lengkap kan?

Untuk daya tahan baterai, Lenovo A7000 SE cukup lumayan. Saat diuji dengan pola pemakaian browsing via Wi-Fi, memotret, mengakses media sosial, serta bermain game, baterainya mampu bertahan hingga sekitar 11 jam.

Kamera prima
lenovo a7000 special edition 1Salah satu peningkatan yang ditunggu-tunggu terletak di bagian belakang. Kini Lenovo A7000 SE telah menggunakan kamera 13 megapixel, naik dari 8 megapixel di A7000. Tidak hanya resolusinya saja yang bertambah, kamera utama A7000 SE terbukti mampu menghasilkan foto lebih baik saat diuji di lapangan. Foto-foto yang tajam dengan warna yang cemerlang tapi tetap natural mampu dihasilkannya.

Hanya saja, ada shutter lag atau jeda sekitar 2 detik saat Anda menekan tombol shutter dan foto diambil. Jika Anda langsung menggerakkan ponsel setelah menekan tombol shutter, maka hasil fotonya akan berpotensi buram. Untungnya, menemukan fokus dapat dilakukan dengan cukup cepat sehingga membuatnya tetap mengasyikkan untuk dipakai.

Performa kamera utama pada kondisi minim cahaya termasuk baik untuk ponsel di kelas harganya. Walaupun terlihat nosie yang cukup mengganggu, tapi ketajaman dan warnanya tergolong oke. Untuk pemotretan di dalam ruangan dengan cahaya cukup, kameranya masih dapat diandalkan.

Berikut galeri hasil foto Lenovo A7000 Special Edition tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto lainnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Dengan harga jual yang ada di angka Rp2.399.000, Lenovo A7000 Special Edition berhasil menawan hati kami. Desainnya memang terlihat biasa saja, tapi kemampuannya boleh dibilang luar biasa dan mengungguli pesaingnya di kelas harganya. Bahkan perlu diingat, inilah ponsel Android dengan layar Full HD dan kamera utama 13 megapixel yang paling terjangkau saat ini.
Ditambah dengan performa yang baik, Lenovo A7000 Special Edition amat direkomendasikan bagi Anda yang mencari ponsel layar lebar yang canggih tapi tidak mahal.

Yang Canggih:
+ Performa cepat
+ Ergonomis, nyaman digenggam
+ Bodi tipis dan ringan
+ Hasil foto kamera utama amat baik
+ Layar sudah Full HD, terbaik di kelasnya
+ Daya tahan baterai lumayan
+ Harga terjangkau untuk performa dan fiturnya

Yang Kurang:
– Desain standar
– Hanya mendukung band 1800Mhz
– Shutter lag saat memotret

[table]Spesifikasi;Lenovo A7000 Special Edition
Chipset;MTK MT6752
Prosesor;8 core 1,7GHz
Layar;5,5 inci Full HD (1920 x 1080 pixel)
RAM;2GB
Memori;internal 16GB + slot microSD
Kamera;Utama 13 megapixel (autofocus), depan 5 megapixel (fixed focus)
Baterai;3000mAh
[/table]
Back to top button