Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy J5

Salah satu hal yang dibutuhkan dan diperhatikan oleh konsumen smartphone saat ini adalah kecepatan koneksi Internet. Dan di era 4G, hal tersebut semakin penting mengingat adanya beberapa teknologi 4G yang berlainan dan hanya dapat digunakan operator tertentu. Maka tidak heran jika beberapa vendor berusaha memberikan solusi dengan menghadirkan ponsel yang mendukung semua teknologi 4G LTE yang digunakan di Indonesia.

Menggandeng Bolt! 4G LTE, Samsung menghadirkan Galaxy J5. Ponsel Android di kelas menengah ini memiliki keunggulan pada kelengkapan dukungan koneksi 4G.

Konsep & Desain
Bicara soal desain, tidak ada yang istimewa dari Galaxy J5. Pengguna ponsel Samsung kelas menengah, seperti Galaxy Grand, pasti akan mengenali J5 saat melihatnya. Desain khas Samsung dengan sudut melengkung lembut dan tutup baterai bertekstur halus masih ditemukan di Galaxy J5. Meskipun tidak terlihat berubah, desain J5 tergolong ergonomis dan tidak licin saat digenggam.

samsung galaxy j5 depan

Penataan tombolnya juga standar, dengan tombol fisik Home di bagian bawah layar, tombol power di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri. Walaupun dibekali layar berukuran 5 inci, Galaxy J5 tetap nyaman digunakan dengan satu tangan.

samsung galaxy j5 belakang

Ponsel ini telah dibekali layar Super AMOLED dengan resolusi HD 720p. Walaupun kerapatan pixelnya tergolong rata-rata, kualitas visual yang ditampilkan amat baik dengan tingkat kecerahan yang cukup serta kontras yang baik. Sayangnya tidak ada sensor cahaya sehingga Anda harus mengatur tingkat kecerahan secara manual. Untuk penggunaan di luar ruangan, Samsung memberikan setting Outdoor di layar yang akan menaikkan tingkat kecerahan sehingga cukup terang saat digunakan di bawah sinar matahari.

samsung galaxy j5 paket

Paket pembelian Samsung Galaxy J5 telah disertai dengan kartu perdana Bolt! yang memiliki total bonus kuota Internet 14GB. Ada dua slot kartu micro SIM yang siap siaga di Galaxy J5. Satu nomor nantinya akan dapat digunakan dalam jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE, sementara nomor satunya terbatas di jaringan 2G. Untuk koneksi 4G LTE, J5 kompatibel dengan LTE Band 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600 TD-LTE 2300. Ini berarti J5 dapat digunakan dengan semua operator 4G LTE di Indonesia. Baiknya lagi, Samsung dan Bolt! tidak mengunci J5 sehingga Anda dapat langsung menggunakan kartu lain.

Performa rata-rata
Saat dicoba, koneksi Internet 4G LTE dari Bolt! tergolong baik. Walaupun akan sangat tergantung pada kualitas sinyal di lokasi Anda, secara rata-rata kami mampu mendapatkan kecepatan koneksi Internet antara 5 hingga 15Mbps.

bolt galaxy j5Untuk performanya, Galaxy J5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor quad-core 1,2GHz dan RAM 1,5GB. Kinerja ponsel berbasis OS Android Lollipop ini tergolong cukup baik. Berbagai aplikasi populer, termasuk game, dapat dijalankannya dengan cukup mulus. Game dengan grafis cukup berat seperti Real Racing 3 dan Mortal Kombat X dapat dijalankan dengan baik. Saat menavigasi menu dan beralih aplikasi, terasa sedikit sendatan atau lag. Secara keseluruhan, kinerjanya termasuk lumayan dan dapat diterima pengguna kebanyakan.

pc mark samsung galaxy j5Saat diuji dengan PCMark, daya tahan baterainya mencatatkan waktu sedikit di bawah 7 jam. Pada praktiknya saat dicoba dengan satu SIM dengan pola pemakaian normal (main game, foto-foto, browsing, serta social media cukup aktif), baterainya mampu bertahan hingga sekitar 11 jam.

Kamera utama jernih
Mengandalkan kamera utama 13 megapixel, Galaxy J5 ternyata mampu menghasilkan foto yang jernih dan tajam di kondisi cahaya ideal. Kontras dan reproduksi warnanya juga cukup baik, ditunjang dengan autofocus yang cukup cepat. Memasuki malam hari atau saat pencahayaan remang-remang, hasil fotonya akan mengalami penurunan detail pada foto.

Untuk selfie, kamera depannya cukup handal di kondisi cahaya terang. Namun pada kondisi agak temaram, hasil fotonya cenderung kabur dan penuh noise. Untuk mengatasi hal itu, tersedia lampu flash di depan yang membuat hasil fotonya kurang alami tapi cukup jelas.

Jika dibandingkan ponsel lain di kelasnya, hasil foto Galaxy J5 masih di atas rata-rata. Namun saat memotret, kami cukup merasakan adanya lag atau jeda waktu saat tombol shutter ditekan dan ponsel merekam gambar. Jadi dianjurkan agar Anda tetap tidak menggerakkan ponsel sebelum foto berhasil direkam.

Berikut hasil foto kamera utama Samsung Galaxy J5 tanpa proses penyuntingan sama sekali. Untuk hasil foto lebih lengkap, kunjungi akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kesimpulan
Dengan dukungan konektivitas 4G LTE yang lengkap dan hasil foto yang baik, Samsung Galaxy J5 amat cocok digunakan Anda yang aktif di media sosial atau yang membutuhkan koneksi 4G untuk beraktivitas. Kinerjanya sendiri termasuk rata-rata dan setara dengan ponsel merek lain di kelas harga 1,5 juta rupiah.

Satu hal yang disayangkan adalah minimnya kapasitas memori internal 8GB yang hanya menyisakan ruang penyimpanan sekitar 5GB. Walaupun telah dilengkapi slot microSD, kapasitas memori internalnya ini termasuk kecil apalagi jika dibandingkan dengan kompetitornya yang rata-rata telah mengusung memori internal 16GB.

Menimbang kelebihan dan kekurangannya, Samsung Galaxy J5 merupakan contoh klasik dari ponsel yang diciptakan untuk segmen tertentu. Bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan merek terpercaya serta memiliki dukungan koneksi 4G yang lengkap dan hasil foto yang jernih, serta tidak bermasalah dengan kapasitas memori internal atau kinerjanya yang rata-rata, Samsung Galaxy J5 layak menjadi pilihan.

Yang Canggih:
+ Dukungan koneksi 4G LTE yang lengkap
+ Desain ergonomis dan relatif ramping
+ Hasil foto kamera utama amat baik untuk kelasnya
+ Daya tahan baterai cukup lumayan
+ Kualitas tampilannya baik

Yang Kurang:
– Kapasitas memori internal kecil
– Kinerja hanya setara dengan ponsel di kelas menengah bawah
– Harga relatif premium jika tidak membutuhkan koneksi 4G yang lengkap

Back to top button