Quantcast
KomputerLaptopNewsTablet PC

Microsoft Umumkan Surface Book, Notebook 2-in-1 Inovatif Seharga US$1500

Desain mendasar dari buku yang sederhana tapi amat fungsional masih menjadi inspirasi para desainer produk teknologi. Salah satunya adalah Microsoft yang mengumukan Surface Book.

Desain mewah dan inovatif
Konsep desain Surface Book sendiri merupakan gabungan antara tablet dan notebook, seperti yang ditemukan pada jajaran Lenovo Yoga. Walaupun begitu, Microsoft mengumumkannya sebagai laptop pertama yang dibuatnya, bukan sebagai perangkat 2-in-1.

Aspek desain menjadi prioritas utama Microsoft. Surface Book hadir dengan bodi magnesium dan layar yang ditempelkan di kaca. Ini membuatnya tidak hanya tampil mewah, tapi juga kuat. Layar 13,5 incinya juga tajam, dengan kerapatan pixel hingga 267ppi.

Namun inovasi yang lebih menarik dapat ditemukan di engselnya. Microsoft menamakannya “dynamic fulcrum hinge”. Selain dapat berputar, engselnya ini juga dapat sedikit mulur. Secara sederhana, mekanismenya mirip seperti sedotan plastik.

Dalam kondisi tertutup, desain engselnya ini menyisakan sedikit ruang kosong di dekat engsel. Tapi ruang kosong yang sedikit mengangkat layarnya tersebut akan terasa berguna saat Surface Book digunakan sebagai tablet. Dengan adanya sudut yang diciptakan engsel tersebut, Surface Book akan lebih nyaman digunakan sebagai tablet. Jika masih kurang sesuai, Anda tinggal menekan tombol di samping untuk melepas layarnya dari engsel.

microsoft surface book keyboard

Perhatian terhadap detail juga berlanjut di sisi keyboard. Surface Book memiliki keyboard yang memiliki kedalaman tekanan 1,6mm, atau mendekati keyboard PC desktop. Di bawah keyboard, tersedia trackpad dari kaca dengan 5 titik sensitivitas pada sentuhan.

Spesifikasi terbaik untuk laptop 13 inci
Microsoft menawarkan Surface Book dalam beberapa pilihan prosesor yaitu Intel Core i5 dan i7 terbaru dari keluarga Intel Skylake. Bagi yang membutuhkan kinerja grafis lebih tinggi, tersedia dock dengan GPU Nvidia GeForce. Dock ini juga memuat dua port USB 3.0 dan slot SD card.

Ketahanan baterai juga menjadi isu penting dan Surface Book sepertinya tidak akan mengecewakan dengan daya tahan baterai yang diklaim mencapai 12 jam.

microsoft surface book pen

Selain dapat dioperasikan melalui layar sentuh dan keyboard, Surface Book juga mendukung Surface Pen. Bagi sebagian pengguna, pena ini akan memudahkan saat membuat sketsa atau jika ingin mengoperasikan Surface Book sebagai Clipboard (tablet).

Surface Book sudah dapat dipesan di toko online resmi Microsoft dengan harga mulai dari US$1499.

[table]Spesifikasi;Microsoft Surface Book
Layar;13.5” PixelSense™ display (3000 x 2000 pixel, 267 PPI) dengan dukungan 10 point multi-touch
Prosesor;Intel Core i5 atau i7 (6th Gen)
Grafis;Intel HD Graphics atau NVIDIA GeForce
RAM;8GB atau 16GB (hanya Core i7)
Koneksi;2 x USB 3.0, Surface Connect, SD card reader, headset jack, Mini Display Port, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Kamera; 5 megapixel di dpean, 8 megapixel di belakang
Baterai;12 jam (video playback)
Dimensi;232.1 x 312.3 x 13 -22.8 mm
Bobot;1,57 kg
[/table]
Back to top button