Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Evercoss Winner Y Ultra

Smartphone Android dengan harga irit selalu menarik perhatian konsumen di tanah air. Selain cocok bagi pengguna pemula, ponsel dengan harga terjangkau juga ideal sebagai ponsel kedua. Tentunya dengan harga rendah yang membatasi, biasanya spesifikasi yang dimiliki juga pas-pasan. Namun ada beberapa pabrikan yang berusaha keras memberikan spesifikasi terbaik di tingkat harga yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Salah satu contoh paling gress bisa ditemukan di ponsel terbaru Evercoss, Winner Y Ultra (A75-A). Inilah smartphone Android dengan RAM 2GB dan ROM 16GB paling terjangkau di pasaran saat ini.

Desain manis minimalis
Menilik aspek desain, Evercoss Winner Y Ultra ternyata tidak tampil murahan. Bodinya memang tidak terlalu tipis, namun terasa mantap saat digenggam. Tutup belakangnya memiliki tekstur dan pola yang kesat sehingga tidak mudah tergelincir dari tangan.

Dengan tiga tombol virtual yang ditempatkan di bawah layar, Winner Y Ultra termasuk mudah untuk dioperasikan. Penataan tombol di sisi kanannya juga mudah diraih tangan saat ponsel digunakan dengan satu tangan. Layar IPS 5 inci yang menghiasi bagian depannya juga menyimpan rahasia sendiri. Layar ini telah menggunakan teknologi Rhino Screen yang lebih kuat menahan benturan tidak disengaja.

evercoss A75A Winner Y Ultra speaker

Tampilan layarnya yang mengusung resolusi FWVGA temasuk pas-pasan, tapi tetap memadai saat digunakan untuk menampilkan konten berupa teks dan gambar statis. Untuk video dan game dengan gerakan cepat, grafisnya akan terlihat tidak begitu tajam. Untungnya kinerja Winner Y Ultra ada di atas pesaing lain di kelasnya.

Kinerja terbaik di kelas harganya
Dengan modal prosesor quad-core 1,2GHz dan RAM 2GB, kinerja Evercoss Winner Y Ultra ada di atas pesaingnya di kelas harga 1 juta rupiah. Menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store dapat dilakoninya dengan baik, begitu juga saat beralih antar aplikasi.

Kemampuannya menjalankan berbagai game juga cukup baik, dengan kinerja yang cukup mulus. Namun perlu diingat, untuk beberapa game yang cukup berat seperti Mortal Kombat X, kinerjanya akan sedikit menurun dengan kualitas grafis yang bervariasi.

antutu evercoss winner y ultra

Untuk skor Antutu, Evercoss Winner Y Ultra meraih skor di kisaran 20 ribuan. Secara keseluruhan, kinerjanya cukup lumayan untuk ponsel seharga 1 juta rupiah.

Baterainya yang berkapasitas 2100mAh memiliki daya tahan yang termasuk rata-rata. Dengan pola pemakaian yang cukup umum – browsing, memotret, main game, chatting, serta mengakses media sosial secara berkala – Evercoss Winner Y Ultra bisa digunakan hingga sekitar 10 jam.

Kinerja kamera standar
Untuk urusan foto-foto, tersedia kamera utama 8 megapixel dengan AF dan kamera depan 2 megapixel. Saat diuji, hasil fotonya cukup baik dalam kondisi cahaya ideal dengan subyek yang tidak bergerak. Kinerja kamera saat mencari fokus agak lambat sehingga Anda harus memastikan tangan tetap stabil untuk mendapatkan foto yang tajam.

Dalam kondisi minim cahaya, dibutuhkan usaha ekstra untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Selain kinerja autofocus yang lambat, kamera juga rentan terhadap guncangan tangan yang mengakibatkan hasil foto buram. Karena tidak dilengkapi fitur autofocus, kamera depannya juga kurang handal saat mengambil selfie dari jarak dekat.

Berikut hasil foto Evercoss Winner Y Ultra tanpa editing. Untuk hasil foto lebih lengkap, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Fitur keamanan unik
Ada fitur menarik Winner Y Ultra yang jarang ditemukan di ponsel Android lainnya. Tersedia fitur Privacy Lock yang memungkinkan Anda mengunci aplikasi tertentu. Dengan begitu Anda tidak perlu mengunci ponsel jika hanya ingin agar orang tidak membaca SMS atau email. Cukup aktifkan Privacy Lock untuk mengunci aplikasi Messaging dan Email, maka ponsel akan menanyakan kode setiap kali ada yang ingin membuka dua aplikasi tersebut.

evercoss privacy lock

Selain itu Evercoss juga menyediakan fitur Gesture Smart Access. Memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mengakses aplikasi favorit dengan satu sentuhan.

Kesimpulan
Nilai jual utama Evercoss Winner Y Ultra terletak pada spesifikasi yang amat baik untuk harganya yang terjangkau. Saat ini masih belum ada ponsel Android Lollipop yang dilengkapi RAM 2GB dan ROM 16GB dengan harga sedikit di atas 1 juta rupiah. Tentunya perlu dicermati bahwa ada beberapa hal yang dikompromikan seperti kualitas layar serta performa kamera yang sudah diusahakan sebaiknya.

Namun bagi Anda yang mencari ponsel Android harga ekonomis dengan performa fantastis di kelasnya, Evercoss Winner Y Ultra layak menjadi kandidat utama.

Yang Canggih:
+ Kinerja cepat dengan RAM 2GB
+ Memori internal 16GB lebih lapang dibandingkan kebanyakan ponsel lain di kelasnya
+ Desain ergonomis dengan tutup belakang bertekstur yang memberi kesan mewah
+ Harga amat terjangkau untuk spesifikasinya
+ Ada fitur Privacy Lock yang unik

Yang Kurang:
– Hasil foto kamera tergolong pas-pasan
– Tampilan di layar kurang tajam untuk konten yang sarat dengan grafis
– Tombol home kadang kurang responsif

Back to top button