Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Samsung Galaxy Note 5

Bagi sebagian pengguna smartphone, menggunakan jari ternyata tidak cukup. Selain kurang presisi, ada beberapa aktivitas yang kurang ideal jika dilakukan dengan jari.

Sekitar empat tahun yang lalu, Samsung menawarkan konsep baru dalam bentuk Samsung Galaxy Note. Seri inilah yang menjadi cikal bakal demam smartphone layar besar yang melanda seluruh dunia. Namun bagi pemujanya, layar besar bukanlah satu-satunya fitur yang membuat mereka setia. Galaxy Note menjadi smartphone Android pertama dengana pena stylus yang pintar. Dan di tahun 2015, Samsung menghadirkan Galaxy Note 5.

Desain lebih mewah
Dibandingkan dengan generasi terdahulu, ada beberapa perubahan drastis yang diusungnya. Dari sisi desain, Galaxy Note 5 merupakan Galaxy Note pertama yang menggunakan konsep desain unibody dengan paduan bahan logam dan kaca.

samsung galaxy note 5 belakang

Garis desainnya sendiri masih selaras dengan Galaxy S6 edge. Namun bedanya, Note 5 memiliki bagian melengkung di bodi bagian belakang, bukan di layar. Dari sisi ergonomis, Note 5 memang lebih nyaman digenggam karena desain melengkungnya tersebut sesuai dengan kontur lengkungan tangan manusia. Hanya saja bodinya yang agak licin sering mengaktifkan zoom digital secara tidak sengaja.

Dibandingkan dengan Note 4, Galaxy Note 5 memang terlihat lebih mewah dan modern. Menariknya, walaupun ukuran layar Note 5 sama dengan Note 4, secara fisik lebar ponsel ini lebih sempit 2,5mm dengan bodi yang lebih tipis sekitar 1mm. Ini membuat Note 5 lebih nyaman saat dikantungi di saku celana.

samsung galaxy note 5 s-pen

Perubahan desain juga dapat ditemukan di S-Pen yang lebih menyatu ke bodi. Jika sebelumnya S-Pen harus ditarik dengan kuku, kali ini S-Pen dapat memanjang saat ditekan. Untuk keamanan, S-Pen yang menonjol keluar itu tidak akan meluncur secara tidak sengaja sehingga lebih susah hilang. Bagian atas S-Pen yang dapat ditekan dan mengeluarkan bunyi klik ini membuatnya semakin mirip dengan pena sungguhan.

Yang perlu dicermati, jangan sampai Anda memasukkan S-Pen terbalik. Jadi masukkan ujung yang meruncing (bukan ujung yang dapat dipanjangkan atau diklik) ke dalam slot S-Pen di Note 5. Cara memasukkan S-Pen yang benar juga sudah dibahas di buku manual yang ada di dalam paket pembelian Note 5. Jika salah memasukkan, maka ada kemungkinan sensor pendeteksi S-Pen bisa rusak.

Kinerja dan layar jempolan
Sebagai salah satu ponsel tercanggih dari Samsung, Galaxy Note 5 memiliki kinerja yang amat baik. Spesifikasinya yang memadukan prosesor Exynos 7420 octa-core 64-bit (14nm), RAM 4GB LPDDR4, serta OS Android 5.1.1 ternyata amat baik.

Secara keseluruhan, kinerja Galaxy Note 5 terasa cepat dan gegas saat dicoba menjalankan berbagai tugas. Beralih aplikasi, menavigasi UI TouchWiz yang kini lebih ramping, serta menjalankan berbagai aplikasi berat yang ada di Google Play dapat dilaluinya dengan amat baik. Tidak terasa perlambatan saat beralih aplikasi atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Ketika diajak bekerja berat, bodi Galaxy Note 5 memang menghangat tapi tidak sampai membuat penggunanya tidak nyaman.

Kinerja Galaxy Note 5 saat memainkan game juga amat baik. Kami telah mencoba menjalankan beberapa game yang cukup berat seperti Mortal Kombat X dan Injustice: Gods Among Us. Ternyata hasilnya termasuk memuaskan, dengan kinerja yang mulus dan grafis yang amat baik. Untuk hasil benchmark dengan Antutu, Galaxy Note 5 berhasil meraih skor sekitar 68 ribu poin. Ini merupakan hasil benchmark terbaik untuk perangkat Android.

Saat diuji, baterainya ternyata mampu bertahan sekitar 10 jam untuk penggunaan cukup sering (browsing, main game, foto-foto, mengakses media sosial). Daya tahan baterainya ini merupakan kompromi yang harus dilakukan untuk memangkas ketebalan bodinya. Perlu dicatat, dengan desain unibody, Anda tidak dapat mengganti baterai sendiri.

Untungnya, Samsung Galaxy Note 5 telah dibekali fitur fast-charging sehingga Anda dapat mengisi baterainya hingga penuh dalam waktu sekitar 2 jam. Selain itu, Samsung juga menyediakan dock wireless charging yang dapat mengisi baterai lebih cepat dibandingkan dock versi terdahulu.

samsung galaxy note 5 wireless charging

Untuk tampilan, Galaxy Note 5 tetap menggunakan layar Super AMOLED berukuran 5,7 inci dengan resolusi QuadHD yang membuatnya memiliki kerapatan pixel hingga 518ppi. Selain resolusi, layar Note 5 memiliki kontras dan tingkat kecerahan (brightness) yang amat baik. Bahkan Anda akan tetap dapat menggunakan layarnya dengan nyaman di bawah pancaran sinar matahari.

S-Pen lebih canggih
Di balik desain barunya, ternyata S-Pen kini lebih canggih. Pena Note 5 ini mampu mengenali tekanan dengan lebih baik sehingga terasa lebih presisi. Fitur Air Command, yang muncul saat pena dikeluarkan dari tempatnya, juga lebih baik. Kini Anda bisa mengatur sendiri tiga shortcut aplikasi yang muncul di Air Command, selain Action Memo, Smart Select, dan Screen Write.

Untuk menyempurnakan fungsinya sebagai gadget pencatat cepat, Note 5 memiliki fitur baru yang disebut Screen Off Memo. Saat fungsi ini diaktifkan, Anda dapat langsung mencorat-coret layarnya begitu mencabut keluar pena, tanpa harus menyentuh satu tombol pun. Praktis kan? Nantinya hasil coretan tersebut akan dapat langsung tersimpan secara otomatis.

samsung galaxy note 5 s-pen edit

Fitur baru yang berguna lainnya adalah Scroll Capture. Misalnya jika ingin merekam gambar laman web yang panjang, kita harus membaginya dalam beberapa file. Namun dengan fitur ini, Anda dapat menyuruh Note 5 untuk menggulung layar dan menggabungkannya menjadi satu file yang utuh dan tidak terpisah-pisah. TIdak hanya laman web, fitur ini juga dapat digunakan di aplikasi lainnya seperti BBM atau Whatsapp. Sering menyunting naskah PDF? Pada Note 5, Anda akan dapat langsung membubuhkan tandatangan tetap dalam format PDF.

samsung galaxy note 5 sidesync

Bagi yang sudah mengenal produk Samsung mungkin sudah pernah mendengar SideSync. Aplikasi ini memungkinkan ponsel kita diduplikasi di PC atau tablet, baik melalui kabel atau nirkabel. Memasuki versi 4.0, Anda kini dapat memindahkan file hanya dengan drag-and-drop di komputer. Selain itu, Anda juga dapat mengetik di Galaxy Note 5 dengan keyboard di PC sehingga lebih cepat dan akurat.

Hasil foto amat baik
Dari sisi spesifikasi, kamera Note 5 identik dengan kamera Galaxy S6 edge dan S6. Namun ada beberapa fitur baru yang dimilikinya seperti kemampuan merekam foto dalam format RAW serta opsi mengatur kecepatan rana (shutter speed) dalam mode Pro.

samsung galaxy note 5 camera

Sama seperti S6 dan S6 edge, kinerja kamera Note 5 tergolong amat gegas dan responsif. Anda tinggal menekan tombol Home dua kali secara berurutan dan ponsel akan mengaktifkan kamera. Menentukan fokus, memotret dalam mode HDR, serta menekan tombol shutter agak lama untuk mengaktifkan burst mode dapat dilakukan dengan lancar.

samsung galaxy note 5 pro mode camera

Lalu bagaimana dengan hasil fotonya? Lagi-lagi mirip seperti S6 dan S6 edge, hasil fotonya amat bagus dengan ketajaman yang baik dan reproduksi warna yang cukup natural. Saat digunakan memotret dari jarak dekat, hasilnya juga memuaskan. Foto di kondisi minim cahaya termasuk bagus, apalagi jika Anda dapat mengatur setting-nya dengan baik.

Berikut hasil foto Galaxy Note 5 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto selengkapnya, bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Kualitas rekaman video juga baik dalam kondisi cahaya ideal, namun akan terlihat penurunan kualitasnya saat kondisi minim cahaya. Meskipun begitu, hasil rekaman videonya cukup dapat diandalkan. Satu-satunya ganjalan, kapasitas memori internal yang hanya 32GB dan tidak dapat diperluas terasa membatasi.

Samsung sebenarnya telah menyertakan fitur Video Collage yang seru. Dengan fitur ini, Anda dapat merekam empat video sekaligus yang akan dipadukan secara otomatis. Konsepnya mirip seperti kolase pada foto, tapi ini untuk video.

Kesimpulan
Ada dua perubahan besar yang membuat pengguna Note 4 atau ponsel lain harus membiasakan diri, yaitu hilangnya slot microSD dan kemampuan untuk menggunakan baterai cadangan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan USB OTG atau memanfaatkan kemampuan fast-charging yang dimiliki Note 5.

Di luar dari ganjalan tersebut, Samsung Galaxy Note 5 merupakan smartphone cantik dengan performa terbaik untuk sebuah perangkat Android. Dengan fungsi S-Pen yang disempurnakan, pengguna Note 5 yang menggunakannya untuk bekerja juga akan terbantu. Harga jual resminya yang ada di angka 10 juta rupiah juga cukup pantas, apalagi mengingat nilai tukar rupiah terhadap dollar yang meroket tajam beberapa bulan terakhir ini.

Jadi bagi yang mencari smartphone Android yang cantik luar dalam, dengan fungsionalitas di atas ponsel lainnya, serta tidak keberatan dengan harganya, Samsung Galaxy Note 5 wajib menjadi pertimbangan.

Yang Canggih:
+ Desain mewah dengan lengkungan bodi yang unik
+ Performa kencang untuk berbagai aplikasi
+ Tidak panas saat diajak bekerja berat
+ Tampilan layar berkualitas tinggi
+ Hasil foto sangat baik di hampir semua kondisi cahaya
+ Pengisian baterai cepat, termasuk dengan wireless charger
+ Kualitas rekaman video baik, dengan fitur menarik seperti Live Broadcast & Video Collage
+ S-Pen semakin handal dengan tambahan fitur yang berguna
+ Harga cukup sebanding dengan kualitasnya

Yang Kurang:
– Daya tahan baterai standar
– Memori internal 32GB relatif kecil
– Tidak ada slot microSD
– Butuh perhatian ekstra saat memasukkan S-Pen ke tempatnya

Back to top button