Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Google Luncurkan Dua Ponsel Marshamallow Pertama, Nexus 6P dan Nexus 5x

Performa yang bagus ternyata selalu menjadi perhatian dan prioritas Google saat mengeluarkan Android versi baru. Untuk memberi contoh, Google biasanya mengeluarkan ponsel Nexus yang dibuat oleh vendor rekanannya. Menyambut OS Android terbaru, dengan kode Marshmallow, Google mengeluarkan dua ponsel Nexus terbarunya yaitu Nexus 6P dan Nexus 5X.

NEXUS 5X & 6P

Huawei Nexus 6P
Berkolaborasi dengan Huawei, Nexus 6P merupakan ponsel Nexus pertama dengan bodi yang sepenuhnya menggunakan bahan logam. Ponsel dengan layar lega yang berukuran 5,7 inci ini menggunakan aluminum yang digunakan sebagai bahan pesawat. Jadi dapat dipastikan ponsel ini akan cukup tangguh.

Nexus6P_O_Graphite_H2

Walaupun layarnya besar, bodi Nexus 6P ternyata cukup tipis yaitu hanya setebal 7,3mm. Ini membuatnya hanya sedikit lebih tinggi dibandingkan iPhone 6 Plus. Layarnya juga amat tajam dengan resolusi QuadHD (1440 x 2560 pixel).

Sektor kamera juga ditingkatkan dengan adanya sensor 12,3 megapixel dan lensa dengan aperture f/2.0. Selain itu juga ada dua flash LED di belakang dan kemampuan untuk merekam video 4K 2160p. Kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie juga cukup baik dengan sensor 8 megapixel dan lensa f/2.4.

Spesifikasi lainnya meliputi USB Type-C, chipset Qualcomm Snapdragon 810, serta baterai berkapasitas 3450mAh. Nexus 6P akan tersedia dalam pilihan kapasitas antara 32GB, 64GB, dan 128GB dengan harga mulai US$500 atau sekitar 7 juta rupiah. Ini penting mengingat tidak ada slot memory card pada Nexus 6P.

LG Nexus 5X
Sedikit di bawah Nexus 6P, ada Nexus 5X yang dibuat LG. Walaupun begitu, spesifikasinya cukup baik yaitu dengan adanya layar IPS 5,2 inci 1080p, chipset Snapdragon 808 dengan prosesor enam core dan GPU Adren 418, RAM 2GB, serta pilihan memori internal 16GB dan 32GB tanpa slot microSD. Sama seperti 6P, ponsel ini juga menggunakan port microUSB Type-C.

LG Nexus 5X

Kamera juga menjadi andalan dengan digunakannya sensor 12,3 megapixel dan lensa f/2.0. Untuk video, kameranya mampu merekam video 4K tapi Anda harus puas menggunakannya tanpa O.I.S yang dapat menghalau gambar kabur.

LG Nexus 5X akan dijual mulai harga US$379 atau sekitar 5 juta rupiah untuk versi dengan ROM 16GB.

Fitur Canggih dari Marshmallow
Kedua ponsel yang telah mengusung OS Marshmallow ini juga mendapatkan fitur tambahan seperti Nexus Imprint. Ini adalah fitur pengenalan sidik jari yang memberikan akses cepat dan aman ke ponsel. Nexus Imprint akan berguna saat digunakan untuk menggunakan Android Pay yang saat ini masih terbatas di Amerika Serikat.

Fitur canggih Marshmallow lainnya adalah Doze. Fitur ini akan dapat memperpanjang daya tahan baterai saat standby. Rahasianya terletak pada konsumsi daya yang lebih rendah saat ponsel dalam kondisi standby.

Selain itu, keduanya juga menjadi ponsel Android pertama yang menggunakan USB Type-C seperti pada MacBook 12″. Dengan port USB yang baru ini, baterai Nexus akan dapat diisi dengan amat cepat – 10 menit pengisian untuk pemakaian 7 jam.

Back to top button