Quantcast
Mobile GadgetReviewTablet Android

Review Samsung GALAXY Tab A

Setelah Samsung merilis tablet cantiknya yang masuk dalam seri S, banyak orang berharap Samsung merelease Tab S versi baru yang telah dilengkapi tambahan S-Pen. Namun ternyata, Samsung memilih untuk mengeluarkan tablet kelas menengah dengan S-Pen yaitu Galaxy Tab A.

Walaupun jarak waktu peluncurannya cukup lama, Galaxy Tab A bisa dianggap sebagai penerus Galaxy Note 8 yang populer di Indonesia. Dengan tambahan pena digital untuk produktivitas lebih baik, Galaxy Tab A diharapkan bisa menarik konsumen yang membutuhkan tablet dengan fungsi lebih yang praktis.

samsung-galaxy-tab-a-atas

Desain tipis khas Samsung
Sebelumnya tablet android kebanyakan memiliki perbandingan memanjang 16:9 atau 16:10, layaknya perbandingan panjang dan lebar smartphone android dan tampilan film layar lebar. Dalam perkembangannya kemungkinan dirasa format foto standar 4:3 dan majalah, dianggap lebih pas untuk ukuran tablet sekarang, termasuk juga diterapkan oleh Google Nexus, yang sama-sama mengambil format 4:3.

samsung galaxy tab a sim card

Galaxy Tab A menjadi tablet Samsung pertama yang menggunakan format layar baru dengan rasio 4:3. seperti layar iPad. Dari sisi desain, bodinya cukup tipis dan menarik. Untuk tablet di kelas harganya, Tab A tidak menggunakan bahan yang seperti logam dan kaca, tetapi menggunakan bahan polikarbonat.

Kualitas rancang bangunnya amat baik dan rapi, dengan bingkai layar yang tipis sehingga memberikan kesan langsing dan modern. Di casing belakang, terdapat dua pin bundar yang lebih mirip “kancing” sebagai mekanisme pengunci casing, persis seperti pada Samsung di Galaxy Tab S.

Berbeda juga dengan Tab S dimana disediakan 2 buah lubang speaker di atas dan di bawah tablet, pada Tab A hanya satu lubang speaker diletakkan di bagian bawah tablet bersebelahan dengan port charging micro USB.

Selebihnya bahasa desainnya bercirikan kental dengan design language dari tablet dan smartphone Samsung, dilengkapi tombol home button dan lubang grill speaker untuk menerima telepon yang sangat khas. Tablet ini masih bisa digenggam dalam ukuran satu tangan, dan cukup ringan untuk dipegang berlama-lama.

Pada Tab A, dudukan S-pen berbeda dengan seri Galaxy Note yang ditempatkan di pojok bawah kanan dengan arah vertikal, pada Tab A justru di pojok kanan atas dan arahnya horisontal.

Kualitas layar standar
Tidak memiliki spesifikasi layar semewah Tab S, Galaxy Tab A mengusung layar TFT LCD 8” dengan resolusi XGA (1024×768 pixel). Dengan kerapatan pixel sekitar 160 ppi, tulisan akan tertampil sedikit kurang tajam. Untungnya dalam hal tingkat kecerahan dan warna, layar Tab A termasuk baik dengan warna yang cukup matang. Saat dipakai membaca majalah, tampilannya juga cukup tajam, begitu juga saat dipakai untuk membaca email, browsing, dan chatting. Untuk menampilkan foto dan video, layarnya akan terlihat kurang tajam. Tapi tentunya ini hanya bisa terlihat jika Anda benar-benar memperhatikannya dari jarak cukup dekat.

Performa cukup oke
galaxy tab a screenshot antutuGalaxy Tab A dengan S-pen yang beredar resmi di Indonesia telah dilengkapi prosesor quad-core 1,2GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dan RAM 2GB. Perpaduan prosesor dan RAM ini memang tidak berlebih, tetapi sudah cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Secara umum, kinerjanya cukup baik, termasuk untuk bermain game umum kinerjanya bisa dikatakan baik, dan kebanyakan aplikasi-aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari akan berjalan dengan lancar. Bahkan game-game standard yang tidak menuntut kerja prosesor terlalu maksimal dan rendering GPU yang hebat, juga berjalan dengan baik di tablet ini.

galaxy tab a screenshot batteryDengan baterai internalnya yang berkapasitas 4200mAh, daya tahan baterai Galaxy Tab 2 8.0 ini cukup baik. Untuk mengakses Internet via Wi-Fi seperti browsing, chatting, dan email, baterainya mampu bertahan hingga 14 jam. Bagi yang doyan bermain game, baterainya akan mampu bertahan sekitar 6-7 jam untuk bekerja berat. Cukup impresif mengingat ukuran fisiknya yang tipis.

Satu kelebihan yang dimiliki Galaxy Tab A terletak pada dukungan konektivitas 4G. Tablet ini telah mendukung frekuensi 4G yang lengkap, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan semua provider 4G di Indonesia, termasuk Smartfren.

Fungsi S-Pen setara Galaxy Note 4
Inilah fitur yang membuat tablet ini tampil unik dibandingkan kompetitornya. Bagi yang merasa seri Galaxy Note terlalu kecil, akan menyukai tambahan S-Pen pada Galaxy Tab A. Walaupun harganya lebih murah dibandingkan Note 4, ternyata fitur S-Pen yang dimilikinya sama. Anda akan dapat menggunakan Action Memo, Smart Select, Screen Write, serta aplikasi S-Note pada Galaxy Tab A.

Sebagian fitur S-Pen sendiri amat berguna. Misalnya ada Action Memo yang berguna untuk membuat catatan singkat seperti alamat, nomor telepon, serta informasi lain. Bahkan Action Memo dapat menerjemahkan tulisan tangan menjadi huruf digital untuk disimpan di tablet, alamat website untuk dibuka di browser, atau nomor telepon yang langsung dapat disimpan sebagai kontak.

Fitur menarik lainnya adalah Smart Select. Dengan fungsi ini, S-pen bisa digunakan untuk memilih gambar atau memblok tulisan dengan cepat. Untuk gambar, kita bisa langsung memilih gambar yang sedang tampil di layar dan langsung memotong atau melakukan crop sesuai kebutuhan. Bahkan Anda dapat memotongnya sesuai bentuk gambar. Setelah dipilih, gambar bisa langsung di share atau disimpan. Sangat memudahkan untuk mereka yang sering berbagi konten, misal ke twitter atau social media lain, atau membuat banyak catatan yang dilengkapi gambar.

Kemudian untuk menambahkan coretan di layar, tersedia fitur Screen Write. Dengan fitur ini, Anda akan dapat dengan mudah membubuhkan tanda tangan, menambahkan petunjuk pada peta, menandai kalimat penting pada situs atau buku digital yang sedang dibaca, menambahkan gambar dan tulisan pada foto, dan sebagainya. Samsung juga memasukkan beberapa aplikasi dan layanan pendukung yang berguna, seperti aplikasi Microsoft Office resmi dan layanan penyimpanan cloud One Drive berkapasitas 100GB gratis selama 1 tahun. Pada paket aplikasi Microsoft ini juga tersedia Skype untuk melakukan video call. Selain itu juga ada S-Lime, kios majalah dan koran digital khusus Samsung, yang memberikan langganan majalah gratis.

Kesimpulan
samsung-galaxy-tab-a

Berbeda dengan smartphone yang kebanyakan orang tergoda dalam beberapa waktu untuk menggantinya dengan model yang lebih baru, pengguna tablet dikabarkan lebih lama menggunakannya, sebelum berencana menganti ke model yang lebih baru. Tentu saja untuk bisa bertahan lebih lama, kita berharap tablet ini bisa memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan kita untuk bekerja lebih produktif, termasuk bisa memenuhi fungsi lain seperti hiburan dan informasi.

Sampai saat ini sepertinya Samsung masih berada di garis depan dengan menyediakan tablet dengan fungsi pena digital yang selain presisi juga memiliki banyak fitur yang berguna, bukan hanya untuk membuat catatan memo. Ditunjang kinerjanya yang cukup baik dan desain yang tipis, Galaxy Tab A siap menunjang produktivitas penggunanya. Sayangnya ada dua hal yang berpotensi menjadi sandungan calon pemiliknya yaitu resolusi layar yang relatif rendah dan harga yang cukup premium. Namun perlu diingat, belum ada tablet lain di kelas harganya yang dirancang untuk menunjang produktivitas penggunanya secara menyeluruh.

Dengan dibekali S-Pen yang fungsional, Galaxy Tab A berhasil tampil beda di tengah serbuan tablet Android yang hampir mirip satu sama lain. Bagi Anda yang mencari tablet Android untuk menunjang produktivitas, Galaxy Tab A merupakan pilihan yang layak dipertimbangkan.

Yang Canggih:
+ Bodi tipis dengan desain elegan
+ Fungsi S-Pen setara Galaxy Note 4 yang lebih mahal
+ Kinerja cukup baik
+ OneDrive 100GB gratis selama 2 tahun
+ Daya tahan baterai cukup baik

Yang Kurang:
– Resolusi layar di bawah rata-rata untuk kelas harganya
– Harga relatif premium

Satu komentar

Back to top button