Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[IFA 2015] Huawei Mate S: Smartphone Pertama di Dunia dengan Fitur Force Touch

Gosip kemunculan smartphone flagship terbaru dari Huawei memang sudah santer terdengar. Di IFA 2015 kali ini Huawei pun membuktikannya dengan memperkenalkan Huawei Mate S yang dilengkapi dengan sejumlah fitur baru.

Huawei Mate S-1

Huawei Mate S dirancang dengan mendadopsi garis desain Huawei Ascend Mate 7. Bodinya tetap terbuat dari logam, namun ukuran layarnya lebih kecil dari Mate 7. Huawei Mate S hadir dengan layar Full HD AMOLED 5.5 inci.

Performanya dipercayakan pada SoC besutan Huawei sendiri, HiSilicon Kirin 935, yang dipasangkan dengan RAM 3GB. Selain menyediakan slot microSD yang bisa dipasang microSD hingga 128GB, memori internalnya juga tersedia dalam 3 pilihan kapasitas yaitu 32GB, 64GB dan 128GB.

Masuk ke sektor kamera, Mate S dimodali kamera belakang dengan sensor RGBW 13 megapixel dan kamera depan 8 megapixel. Kemampuan fotografinya ini mendapat dukungan fitur optical image stabilizer, lampu LED flash dengan dual color temperature dan opsi mode kamera manual yang menawarkan pengaturan ISO, exposure, durasi exposure, white balance dan fokus.

huawei mate S-3

Seperti Mate 7, Mate S juga telah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang panel bodinya. Sensor sidik jarinya ini juga telah ditingkatkan dengan performa yang dua kali lebih cepat. Selain sebagai pengaman, sensor sidik jarinya juga bisa berfungsi untuk menghapus notifikasi pesan, preview foto, dan menjawab panggilan telepon. Untuk mempermudah mengakses aplikasi, Huawei Mate S pun dilengkapi fitur Knuckle Sense 2.0. Fitur yang sudah ada di Huawei P8 ini, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan layar untuk membuka aplikasi. Seperti misalnya pengguna bisa menggambar huruf C di layar dan kamera akan langsung diaktifkan.

Huawei Mate S-2

Satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Mate S adalah Force Touch. Fitur yang belum ditemukan di smartphone manapun ini memungkinkan layar Mate S bisa merasakan tingkat sensitivitas jari pengguna saat menekan layarnya. Sebagai contoh, saat menekan agak keras pada sebuah gambar, area gambar yang ditunjuk akan membesar seperti dilihat dengan menggunakan kaca pembesar. Dan, jika ditekan lebih keras maka akan memunculkan beberapa shortcut aplikasi-aplikasi. Sayangnya, fitur ini nantinya hanya akan ada di Huawei Mate S model teratas dengan memori internal 128GB.

Huawei Mate S akan tersedia secara global mulai 15 September 2015 dalam pilihan warna Luxurious Gold, Titanium Grey dan Mystic Champagne. Harganya dipatok mulai dari 649 Euro atau sekitar Rp10.300.000. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.

[table] Spesifikasi; Huawei Mate S
SoC; 2.2GHz octa-core HiSilicon Kirin 935
GPU; Mali T-628 MP4
RAM; 3GB
Memori internal; 32GB/64GB/128GB microSD hingga 128GB
Layar; 5.5-inci, 1920 x 1080 pixel
Kamera; kamera belakang 13 megapixel, Kamera depan 8 megapixel
Baterai; 2,700mAh
OS; Android 5.1.1 Lollipop dengan EMUI 3.1
[/table]
Back to top button