Quantcast
Aksesoris KomputerAudioEars In HeavenHome GadgetKomputerReview

Review Harman Kardon Nova

Sejak belasan tahun yang lalu, Harman Kardon telah dikenal di kalangan pengguna komputer dengan produk ikoniknya yaitu SoundStick. Speaker berbentuk seperti roti Prancis yang transparan itu memang tampil beda. Nah, kini Harman Kardon meneruskan konsep speaker berdesain transparan tersebut dalam desain yang berbeda.

Desain transparan menarik
Harman Kardon Nova 2.0 berikut menggunakan bahan plastik tembus pandang yang dicetak. Selain tampil keren dan futuristik, Nova juga terlihat unik karena memamerkan jeroan di bagian dalamnya. Nova juga menggunakan bahan karet untuk pengendali volume, power, dan NFC, serta bahan logam untuk melindungi radiator pasif di bagian belakang.

Sedangkan di bagian bawah, terdapat bantalan dari karet yang aman bagi semua permukaan. Di bagian belakang, terdapat konektor untuk speaker kedua, koneksi optical digital, dan jack audio 3,5mm. Dengan demikian, Anda dapat menghubungkannya ke perangkat pemutar audio yang tidak memiliki koneksi nirkabel sekalipun.

harman_kardon_hknovawhtam_2_0_audio_system_pc_1070592

Mengendalikan volume dapat dilakukan dengan menyapukan jari di bagian karet di atas grille depan, sementara melakukan pairing ke perangkat lain via NFC dan Bluetooth dapat dilakukan dengan mudah. Anda cukup menekan tombol NFC di sisi kanan. Begitu lampu berkedip, artinya Nova sedang mencari perangkat yang akan dihubungkan.

Sayangnya tombol NFC diposisikan di bagian tengah sehingga cukup sering terpencet secara tidak sengaja saat ingin memindahkan speaker. Semua tombol tersebut juga dapat menyala sendiri sehingga membuatnya tetap mudah dioperasikan dalam gelap.

Performa mengejutkan

Meskipun terlihat mungil, ternyata Nova mampu memperdengarkan suara yang lantang dan jernih. Kami mencoba memutar lagu dari berbagai genre, mulai dari Mandarin Pop, Classic, Jazz, Dance, dan Pop. Suara vokal dapat direproduksi dengan baik, jernih dan tidak berlebihan, demikian juga dengan treble dan mid-high.

Harman-Kardon-NOVA-Wireless-Speaker-White-2

Performa bass juga bagus, apalagi jika fungsi bass-boost diaktifkan. Walaupun tidak dilengkapi subwoofer, dentuman bass terasa cukup mantap. Namun pada tingkat volume yang cukup tinggi, bass akan pecah dengan diiringi getaran radiator di belakang yang mengganggu. Reproduksi bass yang kurang baik juga terdengar saat memutar musik yang didominasi bass.

Kami juga mengujinya dengan memutar film aksi dan ternyata Nova mampu menanganinya dengan baik. Memang ada beberapa suara dentuman yang agak pecah, tapi di luar itu, Nova cukup cocok digunakan untuk menonton film.

Kesimpulan

harman kardon nova setting

Harman Kardon kembali membuktikan bahwa sepasang speaker berdesain cantik dan berukuran ringkas mampu menghasilkan suara yang mantap. Walaupun ada sedikit kekurangan, HK Nova 2.0 merupakan speaker meja yang layak dipertimbangkan.

Dengan harga resmi 3,5 juta rupiah, speaker ini memang tidak terlalu murah. Namun bagi yang tidak bermasalah dengan harga dan menginginkan speaker wireless berdesain cantik dengan suara mantap, Harman Kardon Nova layak dilirik.

Yang Canggih:
+ Desain cantik dan menawan
+ Ukuran ringkas sehingga hemat tempat
+ Pairing dengan NFC & Bluetooth mudah
+ Koneksi cukup lengkap untuk ukurannya
+ Kualitas suara amat baik

Yang Kurang:
– Harga premium
– Lokasi tombol membuatnya mudah tidak sengaja terpencet
– Bass agak pecah di volume tinggi

Back to top button