Quantcast
Audio VideoMobile GadgetReview

Review Astell & Kern AK Jr

Nama besar Astell & Kern di kancah dunia audio portabel memang tidak perlu lagi diragukan. Pasalnya, produsen satu ini tercatat yang paling konsisten melahirkan pemutar musik portabel kelas wahid untuk segmen premium. Seakan mendobrak tradisi, kini muncul Astell & Kern Ak Jr yang disiapkan dengan harga lebih ramah di kantong. Penasaran dengan performanya?

Desain berkelas
Seluruh produk Astell & Kern memang selalu memikat dengan desainnya yang amat berkelas. Meski banderol harganya paling terjangkau diantara produk Astell & Kern yang lain, AK Jr tetap memesona saya dengan bodinya yang sangat solid. Aura modern minimalis muncul lewat tarikan garis desain bodinya yang tegas dengan lekukan sudut tajam di keempat sisinya. Saat Anda menggunakannya, dijamin gadget ini akan langsung jadi pusat perhatian.

Astell & Kern AK Jr-1

Dimensinya yang hanya setebal 8.9mm dengan bobot hanya 93 gram juga menjadikan pemutar musik yang satu ini paling mudah diajak berpergian diantara produk Astell & Kern yang lain. Praktis dan masih bisa masuk ke dalam saku celana.

Astell & Kern AK Jr-7

AK JR hadir dengan layar sentuh yang berdimensi 3.1 inci. Dengan resolusi layar yang hanya 240 x 400 pixel.Respon layarnya terhadap sentuhan jari juga amat baik. Selain itu, antarmuka Astell & Kern juga dirancang dengan amat sederhana dan mudah sekali untuk digunakan. Layar dan antarmukanya ini memang tidak bisa dibandingkan dengan layar dan antarmuka smartphone, tapi setidaknya ini sudah cukup memadai untuk menampilkan seluruh koleksi lagu yang tersimpan di dalam memori internalnya yang berkapasitas 64GB meski antarmukanya terasa agak sedikit lambat.

Astell & Kern AK Jr-3

Untuk mempermudah navigasi, Ak Jr dilengkapi sejumlah tombol fisik yang berukuran cukup besar dan sangat nyaman digunakan. Di sisi kirinya terdapat 3 tombol diantaranya tombol untuk memilih lagu dan tombol play/pause. Sementara di sisi kanan terdapat slot microSD yang bisa disisipkan kartu microSD hingga 64GB dan tombol kendali volume berukurakan besar yang telah menjadi ciri khas di seluruh lini produk Astell & Kern.

Dirancang untuk Pecinta Audio
Untuk menyajikan suara terbaik ke telinga Anda, meski menyasar segmen kelas entry performa Astell & Kern AK Jr telah didukung sebuah DAC WM8740 dari pabrikan Wolfson. DAC yang sudah populer di dunia audio HiFi ini sama persis seperti yang juga digunakan oleh Astell & Kern AK 100.

Untuk meningkatkan performa suara dari laptop, PC atau Mac, perangkat ini pun bisa langsung dijadikan USB DAC hanya dengan menancapkannya ke port USB. Tidak ketinggalan hadir koneksi Bluetooth yang bisa dijadikan solusi untuk mendengarkan musik favorit lewat headphone Bluetooth secara nirkabel.

Dukungannya dengan file audio digital juga sangat lengkap. AK Jr mampu memutar file audio hingga resolusi 24bit/192kHz dengan format WAV, FLAC, WMA, MP3, OGG, APE, AAC, ALAC, AIFF, DFF, DSF. Untuk menyesuaikan selera musik pendengar, AK Jr telah menyediakan opsi Pro EQ dan pengaturan EQ yang sederhana.

Performa Suara Juara
Untuk menguji lebih jauh kualitas suaranya, saya memasangkan AK Jr langsung dengan headphone Master & Dynamic MH-40. Sedikit ulasang singkat, Master & Dynamic MH-40 adalah lini teratas dari produk headphone Master & Dynamic.

Astell & Kern AK Jr-11

Dari segi desain, headphone ini masih terlihat mirip dengan MH-30 yang pernah saya review sebelumnya. Gaya retro modern kemasannya tampil istimewa dengan dukungan rancangan bodi yang kokoh dan mewah dipadukan material alumunium dan sentuhan kulit asli.

Astell & Kern AK Jr-10

Selain dimensi yang lebih besar, MH-40 juga datang dengan desain earpad yang berbeda dengan MH-30. MH-40 hadir dengan earpad berbentuk oval dan mengusung konsep over ear. Busa earpadnya yang tebal dan berlapis kulit juga bisa dilepas pasang dengan mudah agar lebih mudah dibersihkan. Saat digunakan, earpad MH40 mampu menutup telinga dengan sempurna dan sangat nyaman sekali digunakan meski dalam jangka waktu yang lama. Seperti MH-30, isolasinya suaranya juga tergolong amat baik dikelasnya meski tanpa dilengkapi fitur penangkal bising aktif.

Astell & Kern AK Jr-12

Lantas bagaimana dengan performa suaranya? Patut diakuti, AK Jr mampu menghasilkan suara yang sangat bertenaga dan jernih dengan efek staging yang amat luas dan seolah nyata tanpa perlu bantuan amplifier tambahan.

Kolaborasi AK Jr dan MH-40 ini ternyata mampu menghasilkan suara yang sangat sempurna. Untuk mengujinya saya menggunakan album All My Loving dari Jheena Lodwick yang berformat APE 16bit. Di lagu pembuka yang berjudul Emerald City, suara vokal Jheena Lodwick terdengar sangat natural, detil dan jelas. Seluruh alat musik pengiring seperti dentingan iringan piano, dan alat musik bass yang menjadi pengiring di sepanjang lagu terasa detil dengan separasi yang sangat baik.

Begitu juga saat masuk ke lagu All My Loving yang bertempo agak cepat, saya tetap bisa menikmati alunan suara merdu dari Jheena Lodwick dengan separasi iringan alat musik gitar, bass dan gebukan drum yang terdengar sangat rapih, dengan efek staging yang sangat luas dan jelas. Bahkan di lagu Blank Space yang dinyanyikan oleh Taylor Swift, saya tetap bisa menikmati suara Taylor Swift dengan komposisi mid dan treble yang berimbang dengan gebukan bass yang tetap terasa bertenaga. Untuk daya tahan baterainya juga cukup baik dengan waktu guna sekitar 6 jam tanpa henti.

Kesimpulan
AK Jr unggul di kemasan desain yang lebih kecil, ramping, dan banderol harganya yang sekitar Rp7.199.000 juga menjadi yang paling terjangkau diantara produk Astell & Kern yang lain. Kualitas suaranya yang sangat baik cukup imbang dengan fiturnya yang relatif lengkap dan daya tahan baterai yang cukup tahan lama. Ini menjadikannya sangat ideal untuk para penikmat musik audiophile yang baru mencicipi dunia Hi-Res Audio dan mulai tidak puas dengan kualitas suara yang ditawarkan smartphone atau tablet yang umum dijadikan sebagai perangkat pemutar musik.

Yangcanggih:
+ Desain menawan
+ Suara sangat detil dan bertenaga
+ Paling terjangkau diantara produk Astell & Kern yang lain
+ Kompatibel dengan beragam jenis file audio resolusi tinggi

Yang Kurang:
– Antarmuka agak lambat
– Sudut bodi agak tajam

Back to top button