Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Samsung Umumkan Galaxy Note 5 & Galaxy S6 edge+ dengan Layar 5,7 inci QHD & RAM 4GB

Samsung memperkenalkan dua ponsel andalan terbarunya di New York CIty, Amerika Serikat, yaitu Galaxy S6 edge+ dan Galaxy Note 5. Sekedar menyegarkan ingatan, Samsung merupakan pelopor smartphone layar besar yang populer dengan sebutan phablet di sejak beberapa tahun silam. Waktu itu Samsung sempat menjadi bahan cemoohan karena “nekat” mengeluarkan smartphone dengan layar 5,3 inci yang amat besar di masa itu. Tapi ternyata Samsung Galaxy Note sukses besar dan ditiru pabrikan lain yang juga ikut mengeluarkan ponsel dengan layar ekstra besar.

Samsung Galaxy S6 edge+
samsung galaxy s6 edge+

Varian terbaru Galaxy S6 ini hadir dengan layar 5,7 inci QHD yang lebih lega. Konsep desainnya masih sama seperti Galaxy S6 edge yang diluncurkan beberapa bulna lalu, tapi dengan layar lebih besar. Menariknya, jika dibandingkan dengan Apple iPhone 6+, Galaxy S6 edge+ tampil lebih ramping walaupun memiliki ukuran layar lebih besar. Kapasitas RAM juga ditingkatkan dan menjadikannya sebagai smartphone pertama Samsung (bersama dengan Note 5) yang telah mengemas RAM 4GB.

Samsung Galaxy Note 5
samsung galaxy note 5

Sama seperti Galaxy S6 edge+, Samsung Galaxy Note 5 juga dilengkapi layar 5,7 inci QHD dan RAM 4GB. Bahkan jika dicermati, sebenarnya kedua ponsel ini memiliki spesifikasi yang amat mirip. Perbedaan utamanya terletak pada penambahan S-Pen dan desain.

Dibandingkan dengan Galaxy Note 4, Galaxy Note 5 hadir dengan konsep desain yang berbeda. Kini Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan desain unibody yang mirip seperti Galaxy S6, sehingga tutup belakangnya tidak dapat dibuka seperti Note 4. Ini berarti Note 5 tidak dilengkapi slot microSD dan baterai yang dapat diganti. Alasan yang dikemukan sama seperti saat Samsung memperkenalkan Galaxy S6 dan S6 edge, yaitu penggunaan microSD akan memperlambat kinerja sistem. Tapi kelebihannya, Samsung Galaxy Note 5 kini tampil lebih tipis, lebih ramping, dan lebih ringan dibandingkan Note 4.

S-Pen yang menjadi andalan seri Note juga telah disempurnakan dengan respons yang lebih baik. Penyimpanan S-Pen di ponsel juga ditingkatkan dengan adanya mekanisme klik yang mengunci saat Anda memasukkan atau mengeluarkan S-Pen. Samsung juga menambahkan pengunci magnet sehingga S-Pen tidak jatuh walaupun belum masuk sepenuhnya.


Fitur baru untuk dua Galaxy tercanggih

Galaxy S6 edge+_Clear-View_005_Set_All

Bagi yang merindukan sentuhan tombol keyboard fisik, Samsung rupanya telah menyiapkan solusinya dalam bentuk asesori keyboard cover. Anda tinggal memasang keyboard cover ke bagian bawah layar untuk mengubahnya menjadi mirip BlackBerry. Jika ingin menyimpannya, Anda tinggal menempelkannya ke bagian belakang. Ini merupakan asesori yang brilian dan belum ada di smartphone Android lainnya.

Galaxy S6 edge+_FC wireless charger_02

Selain itu, ada beberapa fitur baru lainnya seperti VDIS + OIS untuk perekaman video yang lebih halus, kemampuan mengisi baterai tanpa kabel lebih cepat (fast wireless charging, 0 – 100% dalam waktu 2 jam), serta Live Broadcast untuk melakukan streaming video langsung ke layanan YouTube Live.

Mode Pro di dalam kameranya juga telah ditingkatkan, dengan adanya pilihan untuk pengaturan shutter speed atau kecepatan rana secara manual. Kini Anda juga bisa menyimpan foto dalam format RAW.

Belum ada informasi resmi mengenai harga dan ketersediannya di Indonesia, tapi diperkirakan Samsung Galaxy Note 5 akan segara tersedia mulai bulan September tahun ini. Nantinya kedua smartphone ini akan hadir dalam pilihan kapasitas antara 32GB dan 64GB serta pilihan warna White Pearl, Black Sapphire, GOld Platinum, serta Silver Titanium.

[table]Spesifikasi;Samsung Galaxy S6 edge+;Samsung Galaxy Note 5
Prosesor;Exynos 7420 octa-core 64-bit 14nm;Exynos 7420 octa-core 64-bit 14nm
RAM;4GB LPDDR4;4GB LPDDR4
Memori;internal 32 / 64GB;internal 32 / 64GB
Layar;Super AMOLED 5,7 inci Quad HD (2560 x 1440 pixel, 518ppi) Dual edge;Super AMOLED 5,7 inci Quad HD (2560 x 1440 pixel, 518ppi)
Kamera;Belakang 16 Megapixel OIS, f/1.9, Depan 5 megapixel, f/1.9;Belakang 16 Megapixel OIS, f/1.9, Depan 5 megapixel, f/1.9
Baterai;3000mAh Fast wireless charging;3000mAh Fast wireless charging
[/table]
Back to top button