Quantcast
OperatorXL

XL Siap Bantu 23 Ribu Nelayan Indonesia dengan “MFish”

Menunjukkan komitmen untuk mendukung program Desa Broadband Terpadu dan Program Indonesia Broadband Plan, XL menyiapkan perluasan implementasi aplikasi untuk nelayan, “mFish”.

Siap menjangkau 23 ribu nelayan di seluruh Indonesia
Selain Lombok dan Bali, XL sudah menyiapkan sejumlah lokasi penerapan baru di beberapa desa nelayan di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Dengan perluasan wilayah yang diharapkan bisa terealisasi hingga akhir 2015 tersebut, XL berharap akan bisa memberikan manfaat bagi lebih dari 23 ribu nelayan.

XL_mFish3

Menkominfo, Rudiantara mengatakan, “Aplikasi mFish ini menunjukkan kepada kita bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat kecil di pelosok daerah sekalipun, yang pada ujungnya juga akan ikut memajukan perekonomian rakyat.”

XL menampilkan aplikasi mFish dan aplikasi layanan digital unggulan lainnya dalam even bertajuk “Dari Indonesia Untuk Dunia Exhibition”. Selain aplikasi untuk nelayan tersebut, XL juga menampilkan aplikasi listrik pintar “Simply”, dan uang elektronik “XL Tunai”.

mfish app

Membantu nelayan menangkap ikan
Aplikasi mFish sendiri adalah aplikasi yang diperuntukkan bagi nelayan untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam menangkap ikan di laut. Melalui aplikasi ini, nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti antara lain arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, juga penunjuk arah pulang. Selebihnya, mFish juga membantu mereka dari sisi keselamatan, budidaya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan.

Dalam mengembangkan mFish, XL sekaligus juga memanfaatkan potensi industri dalam negeri. Untuk penyediaan ponsel pintar bagi para nelayan, misalnya, XL menggunakan produk dalam negeri. Demikian juga untuk penyediaan data terkait cuaca, XL juga memanfaatkan data-data dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Guna meningkatkan manfaat aplikasi ini, XL juga menjalin kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwewenang dalam masalah perikanan laut.

Back to top button