Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Fujifilm XT-1 IR: DSLM Infrared Pertama di Dunia

Inovasi baru kembali ditawarkan Fujifilm untuk para penggemar fotografi. Yang terbaru, produsen kamera asal Jepang ini menghadirkan Fujifilm XT-1 dalam versi IR atau infrared.

Fujifilm XT-1 IR-1

Fotografi infrared sebenarnya bukanlah hal yang baru. Pada umumnya untuk menghasilkan foto infrared yang harus dilakukan adalah melakukan modifikasi pada kamera. Seperti misalnya di kamera DSLR, caranya yaitu dengan melepas satu bagian yang bernama “hot mirror” yang ditempatkan tepat di depan sensor untuk menghalangi sinar infrared masuk ke sensor. Setelah dilepas, Hot mirror ini kemudian diganti dengan filter infrared agar kamera DSLR bisa langsung digunakan untuk menghasilkan foto infrared yang artistik.

Dengan tambahan teknologi infrared di sensor XT-1 IR hal tersebut tidak lagi diperlukan. Kamera ini langsung dapat menangkap spektrum gelombang cahaya ultraviolet dan inframerah dari jangkauan sekitar 380 hingga 1000nm. Ini membuatnya sangat ideal untuk menunjang para fotografer yang menggeluti bidang ilmiah, kesehatan hingga investigasi adegan kriminal. Meski punya sensor yang istimewa, spesifikasi XT-1 dan XT-1 IR nyaris tidak ada perbedaan. Kamera ini tetap mengandalkan sensor CMOS X-Trans II 16.3 megapixel, prosesor EXR II, bodi magnesium yang tahan cuaca dan tetap bisa dipasangkan dengan jajaran lensa Fujifilm X-Series.

Fujifilm X-T1 IR akan tersedia di bulan Oktober dengan harga US$1699.95 atau sekitar Rp23.000.000.

Back to top button