Quantcast
OperatorTelkomsel

Telkomsel Gelar Percobaan Voice over LTE dan Wi-Fi Calling

Dengan adanya layanan 4G LTE maka semakin banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pelanggan telekomunikasi selular. Salah satunya adalah Voice over LTE (VoLTE) dan WiFi Calling. Telkomsel bekerjasama dengan Huawei memperkenalkan Teknologi Wi-Fi Calling dan VoLTE berbasis Network Function Virtualization.

“Fasilitas VoLTE dan WiFi Calling ini akan memberikan pengalaman yang komunikasi 4G baru dan terbaik seperti HD Voice dan HD Video dengan waktu koneksi tercepat,” ujar Ivan Permana, Vice President Technology & System Telkomsel menjelaskan saat melakukan uji coba.

telkomsel volte

Adanya konvergensi teknologi 4G dan teknologi WiFi ini akan memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan Telkomsel karena pergantian dari 4G ke WiFi dalam bergantian dengan mulus. Jadi, ketika berada di dalam ruangan dengan jaringan WiFi lebih baik maka dapat menggunakan WiFi, Namun, ketika berada di luar ruangan makan dapat memaksimalkan layanan VoLTE.

Layanan ini merupakan salah satu potensi pendapatan bagi operator ke depan. Walaupun pada tahap awal masih akan diberikan secara gratis dan baru dapat digunakan ke sesame Telkomsel saja. Jika akan dibuka dan dapat melakukan komunikasi antar operator, maka perlu ada kesepakatan antar operator untuk tarif interkoneksinya.

Setelah melalui berbagai evaluasi, Telkomsel diperkirakan akan membuka layanan suara ini pada pelanggan nya secara terbuka pada semester 3 atau 4 tahun 2015 ini.

Untuk memanfaatkan Voice over LTE, memang membutuhkan device yang mendukung. Namun, saat ini sudah banyak device yang memiliki fasilitas tersebut. Disebutkan bahwa saat ini sudah ada 177 terminal VoLTE komersial. Ke depan, harga device juga akan semakin terjangkau seiring dengan diluncurkan chipset dari Qualcomm jenis Snapdragon 210 8909. Harapannya, harga perangkat VoLTE dapat berada di bawah 150 USD. Saat ini tercatat 30 smartphone berbasis Android yang sudah mendukung WiFi Calling dan akan terus bertambah.

Back to top button