Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo P90

Sebagai vendor smartphone yang terbilang masih belia, sepak terjang Lenovo menunjukkan kematangan yang cukup menakjubkan. Terlihat dari beragam produk yang diusungnya menawarkan keunikan-keunikan di setiap segmen, dari kelas pemula hingga kelas atas, setiap produk smartphone Lenovo mampu memberikan perbedaan dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan P90, Lenovo kembali menawarkan smartphone yang ditujukan pada professional dengan kapasitas baterai tertinggi di kelasnya. Apakah dengan kapasitas baterai yang tinggi P90 mampu muncul sebagai solusi atraktif Lenovo di segmen professional?

Sederhana dengan sentuhan desain pintar

Lenovo P90 mungkin tidak memiliki desain unik dengan bahan-bahan eksotis seperti smartphone kelas atas lainnya, namun tetap saja smartphone ini hadir dengan beberapa sentuhan unik. Dari tampak muka, smartphone dengan layar 5.5” ini mengusung tombol sentuh kapasitif untuk navigasi dengan susunan  menu, home, dan back yang mengusung desain ciri khas Lenovo, terutama tombol home yang mengadopsi bentuk lotus. Meskipun memiliki bahan dasar plastik, banyak sentuhan kelas yang menarik di P90. Bezel layar yang sedikit terpisah sekian milimeter dari bodi utama memberikan kesan bahwa layar mengambang dan memberikan kesan tersendiri. Meskipun efek ini tidak terlalu terlihat pada unit review yang kami terima karena berwarna hitam, warna yang kontras seperti putih akan menonjolkan efek layar mengambang ini dengan sangat baik.

Tidak banyak sentuhan desain pada sisi-sisi smartphone ini. Tombol pengunci layar/power dan volume yang diposisikan cenderung ke tengah rangka bodi memudahkan penggunanya mengakses tombol tersebut dengan satu tangan. Jack headset di bagian atas, port Micro USB di bagian bawah serta slot SIM card terintegrasi di sisi kanan melengkapi port konektivitas pada P90.

lenovo p90 depan

Pada bagian belakang, Lenovo tampaknya ingin menitikberatkan pada fitur kamera dengan desain menonjol yang diapit dengan mic sekunder serta lampu flash dual tone. Pada unit review yang kami terima, Lenovo menyertakan casing plastik yang sedikit melindungi modul kamera pada Lenovo P90. Kami menyarankan untuk pengguna smartphone ini menggunakan casing karena bila tidak, maka modul kamera menjadi titik tumpu ketika diletakkan di sisi belakang.

Dengan layar 5.5” Full HD 1080 x 1920 pixel, Lenovo tidak menawarkan jargon teknologi selain teknologi IPS. Dari penggunaan sehari-hari, reproduksi warna pada P90 sangat baik dengan sudut pandang yang baik seperti seharusnya layar IPS.

Vibe UI
Lenovo memberikan perubahan yang cukup banyak untuk antar muka Android KitKat P90. Perubahan yang jelas terlihat adalah ketiadaan app drawer sehingga ketika penggunanya menginstall aplikasi, maka aplikasi tersebut akan tertampil di layar utama. Hal ini jelas mengambil ide dari tampilan iOS yang juga mengadopsi manajemen shortcut aplikasi yang sama. P90 juga hadir dengan fitur wide touch, sebuah tombol virtual yang selalu aktif di layar yang menawarkan shortcut kepada fungsi penting yang dapat diubah sesuka hati. Fungsi tombol ini cukup nyaman digunakan terutama berkat ukuran layar ekstra besar yang diusung oleh P90. Tidak ketinggalan juga fungsi Lenovo security yang memberikan fungsi anti virus serta keamanan jelajah Internet serta optimalisasi sistem.

Screenshot_2015-05-13-09-05-24Screenshot_2015-05-13-09-07-06Screenshot_2015-05-13-08-58-53

Performa Intel Inside
Sebagai salah satu vendor PC dan notebook terkemuka, tidak heran bila Lenovo memiliki jalinan hubungan yang erat dengan Intel. Alhasil, penggunaan prosesor Intel terbaru pada P90 bukanlah sebuah hal yang mengejutkan, terutama karena solusi smartphone Lenovo kelas atas sebelumnya lebih banyak menggunakan solusi Intel.

Untuk P90, Lenovo memberikan kemampuan proses melalui solusi Intel Atom terbaru yaitu Atom Z3560, quad core 1.83 GHz dengan GPU PowerVR G6430, RAM 2GB yang berjalan di bawah sistem operasi Android KitKat 4.4.4. Dan ternyata hasilnya cukup menggembirakan.

Pada pengujian sintetis, Lenovo P90 mendapatkan nilai yang sangat baik mengingat harga yang ditawarkannya. Pada pengujian Antutu, smartphone ini mendapatkan nilai 39940, yang menempatkannya sedikit di bawah Samsung Galaxy S5. Pada pengujian 3D Mark, GPU PowerVR mendapatkan nilai Maxed Out atau tertinggi untuk Ice Storm dan nilai untuk 14262 Ice Storm Unlimited. Pengujian sintetis grafis ini menunjukkan bahwa P90 memiliki potensi mengolah grafis yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan game-game grafis tinggi seperti Dead Trigger 2 dan Real Racing 3 dimana tidak terlihat adanya lag atau sendatan yang berarti ketika bermain game. Pengolahan grafis yang tinggi ini pun juga hadir dengan manajemen daya yang cukup baik. Meskipun cukup panas ketika bermain game, kami tidak merasakan ketidaknyamanan yang berarti ketika bermain game dalam jangka panjang.

Screenshot_2015-04-27-15-15-15

Dengan RAM 2GB, tidak ada kendala berarti di penggunaan sehari-hari. Tampaknya optimalisasi penggunaan prosesor x86 pada P90 mulai memperlihatkan kematangannya. Perpindahan aplikasi terkadang sedikit lag ketika banyak aplikasi dibuka sekaligus, tapi tidak menjadi kendala berarti.

Baterai ekstra lama
Lenovo menempatkan P90 sebagai solusi smartphone ideal untuk para professional. Sebagai professional, maka untuk selalu dapat dihubungi adalah keperluan yang mutlak. Lenovo memberikan baterai internal yang cukup besar untuk sebuah smartphone dengan kapasitas 4000 mAh. Hasilnya sudah dapat diduga. Pada penggunaan normal sehari-hari, Lenovo P90 benar-benar menawan dengan daya tahan baterai yang luar biasa. Dengan modus membaca email, menelepon, dan chatting, smartphone ini bisa bertahan satu hari dengan sisa baterai 40% pada malam hari. Bahkan dalam penggunaan yang lebih santai dengan lebih banyak standby, kami bisa mendapatkan daya tahan hingga dua setengah hari tanpa charge.

lenovo-p90-kamera

Kamera berkualitas
Pengguna Lenovo P90 akan senang dengan kualitas gambar yang ditangkap kameranya. Fungsi kamera Lenovo P90 sedikit terbatas dengan hanya menyediakan filter-filter umum seperti Sephia, black & white dan banyak lainnya, namun kendali fungsi kamera biasa saja seperti fungsi bawaan aplikasi kamera Android. Hasil tangkapan masuk dalam kategori baik. Penangkapan detail gambar serta akurasi warna cukup baik untuk kamera utama dan kamera depan. Selain cepat mengunci fokus, ketajaman hasil foto juga tergolong baik. Untuk kondisi cahaya remang-remang atau malam hari, hasil fotonya cukup baik. Walaupun noise terlihat jelas, tapi tidak menurunkan terlalu banyak detail sehingga masih dapat ditoleransi.

Berikut hasil foto Lenovo P90 tanpa penyuntingan. Untuk hasil foto berbagai gadget, silakan kunjungi akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Teman sejati di perjalanan

P90 mengisi ceruk pasar yang ditorehkan oleh Lenovo sendiri beberapa tahun silam dengan P780, yaitu smartphone dengan daya tahan baterai yang tinggi. Lain dulu lain sekarang namun dengan pendekatan yang sama, kemampuan olah proses tinggi dengan kapasitas baterai yang tinggi menjadikan P90 penerus tahta sejati smartphone dengan daya tahan baterai tinggi. Tak hanya memiliki mobilitas tinggi tanpa harus tergantung pada sumber daya, P90 juga memiliki kinerja tinggi, sesuai bagi para professional yang dituju oleh Lenovo. Bagi yang mungkin meragukan kemampuan prosesor Intel, Lenovo juga menyediakan alternatifnya yaitu P70 dengan konsep dan kapasitas baterai serupa.

Seiring dengan meningkatnya kinerja dan kualitas kamera, harga jual P90 terpaksa juga terdongkrak naik walaupun salah satu penyebabnya adalah kurs rupiah-dolar yang melonjak sejak akhir tahun 2014. Namun bagi Anda yang mencari smartphone Android dengan daya tahan baterai luar biasa dan didukung kinerja dan fitur yang baik, Lenovo P90 merupakan salah satu pilihan terbaik saat ini.

Yang Canggih:
+ Daya tahan baterai tinggi
+ Performa kencang
+ Kinerja tinggi
+ Hasil foto baik
+ Desain minimalis dengan bingkai layar yang sempit

Yang Kurang:
– Tidak ada slot ekspansi
– Bagian belakang cukup panas saat menjalankan aplikasi berat
– Harga cukup premium dibandingkan versi terdahulu

Back to top button